Kategori
Business Investasi

Analisis Rasio Keuangan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Analisis rasio keuangan biasanya dipakai dalam analisis laporan keuangan dengan memperhitungkan adanya sebuah perbandingan data kuantitatif yang ada pada laba rugi maupun neraca.

Umumnya, rasio pada data keuangan dilakukan untuk penilaian terhadap sebuah kinerja dari perusahaan, dari dahulu hingga kemungkinan yang terjadi di masa depan.

Rasio keuangan yang dipakai juga sangat beraneka ragam, bisa dilihat dari kepentingannya. Misalnya jenis perusahaan salah satunya yang bisa mempengaruhi perbedaan tersebut terhadap berbagai rasio yang ada.

Seberapa penting analisis rasio keuangan?

Sangat penting, karena berbagai jenis keputusan pada sebuah perusahaan biasanya diputuskan sesuai dengan rasio keuangan tersebut. Tujuannya tentu saja agar keputusan yang telah diambil nanti tidak menimbulkan kesalahan dan kesalahpahaman. Itulah alasannya mengapa dibutuhkan pertimbangan keuangan tersebut.

Yuk, kita pelajari di artikel kali ini.

Pengertian Analisis Rasio Keuangan

Analisis rasio keuangan merupakan sebuah metode analisis yang digunakan sebagai sebuah indikator pertumbuhan sebuah perusahaan dengan melihat laporan keuangan berdasarkan masa akuntansi. Hal ini dilakukan untuk melihat kinerja perusahaan, apakah sudah maksimal atau sebaliknya.

Perusahaan biasanya menggunakan rasio keuangan ini sebagai salah satu kebijakan atau cara untuk menjaga dan juga menyelamatkan aset yang ada. Jika sudah berkaitan dengan aset, tentu saja ada hubungannya dengan kebangkrutan. Sehingga perusahaan sangat mempertimbangkan rasio keuangannya.

Kembali ke atas

Jenis Analisis Rasio Keuangan

Jenis rasio keuangan untuk perusahaan ada beberapa jenis, berikut yang perlu kamu ketahui.

Rasio Laba

Rasio laba bisa digunakan untuk melihat berapa besaran laba yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan. Artinya, pada penggunaan rasio laba akan terlihat seluruh aktivitas bisnis terkait optimalisasinya dan perkembangannya.

Kembali ke atas

Rasio Aktivitas

Hampir mirip seperti rasio laba, hanya saja rasio aktivitas lebih memperhatikan kemampuan sebuah perusahaan dalam menghasilkan laba dengan cara memperhatikan proses produksi yang dilakukannya.

Menggunakan jenis rasio ini dapat diketahui apakah aktivitas sebuah perusahaan sudah efektif atau belum.

Kembali ke atas

Rasio Utang Jangka Pendek

Sesuai dengan namanya, rasio ini digunakan untuk menganalisis kemampuan sebuah perusahaan dalam melunasi utang jangka pendek yang dimilikinya. Jika menggunakan rasio ini dihasilkan utang yang cukup besar, maka nilai keuangan perusahaan dinyatakan tidak sehat.

Kemudian, apabila rasio utang terlihat sangat besar, bisa diprediksi kebangkrutan perusahaan di depan mata. Maka, perhitungan rasio utang jangka pendek ini harus diperhatikan dan dilakukan secara berkala.

Kembali ke atas

Rasio Utang

Rasio utang digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan untuk membayar utangnya secara menyeluruh, termasuk hutang jangka pendek dan jangka panjang. Jika dihasilkan rasio yang cukup baik, para investor biasanya akan tertarik untuk menanamkan modal di perusahaan tersebut karena merasa modal yang ditanam akan terjamin keamananya, begitupun sebaliknya.

Kembali ke atas

Fungsi Rasio Keuangan

Setelah membahas cukup dalam mengenai rasio keuangan, kamu juga perlu mengetahui fungsi yang diberikan dari rasio keuangan bagi perusahaan. Sifatnya bisa dibilang cukup vital, oleh karena itu penting untuk diperhatikan.

Mengetahui Optimalisasi Keuangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rasio keuangan punya fungsi untuk membaca jenis laporan keuangan dengan baik. Apakah keuangan tersebut sudah optimal atau belum. Dengan begitu, kebijakan yang dinilai merugikan dan tidak berfungsi akan dipertimbangkan Kembali. Karena dengan adanya analisis rasio keuangan ini membuat berbagai bentuk keuangan laporan terlihat jelas.

Kembali ke atas

Mengetahui Kesehatan Keuangan

Untuk tahu apakah sebuah perusahaan berkembang dengan baik atau tidak, biasanya dilihat dari kesehatan keuangannya. Kesehatan keuangan ini dilihat menggunakan rasio keuangan yang dianalisis pada perusahaan.

Rasio keuangan ini dapat membaca apakah sebuah perusahaan bisa bertahan lama ataupun gulung tikar dengan cepat.

Mengevaluasi Penggunaan Aktiva

Rasio keuangan berfungsi untuk mengevaluasi penggunaan aktiva. Hal ini perlu diperhatikan karena jumlah aktiva dari sebuah perusahaan akan memberikan pengaruh terhadap berbagai bentuk kebijakan yang akan diambil oleh perusahaan. Jadi bisa saja sebuah kebijakan gagal digunakan jika aktiva perusahaan tampak tidak optimal.

Kembali ke atas

Menganalisis Perkembangan Perusahaan

Sebuah perusahaan perlu pengembangan bisnis agar tetap eksis dalam sektornya, misalnya dengan melebarkan sayap dengan mengembangkan wilayah pemasaran, pembuatan produk baru, hingga cabang baru.

Untuk mencapai semua itu, diperlukan sebuah analisis rasio keuangan agar perusahaan bisa tahu potensi dan kemampuannya dalam mengembangkan bisnis. Sehingga bisa meminimalisir keputusan yang tidak tepat.

Mengetahui Efektivitas Manajemen Operasional

Adanya rasio keuangan dapat membantu sebuah perusahaan melihat seperti apa pembiayaan yang diterima oleh manajemen operasional, apakah sudah efektif atau belum. Hal ini dapat memudahkan menilai kinerja yang dilakukan oleh pihak operasional.

Rasio keuangan sebenarnya tidak bisa berdiri sendiri, jadi harus dibandingkan dengan rasio yang lain agar rasio tersebut terwujud. Bisa dibuktikan dengan perbandingan rasio keuangan periode saat ini dengan periode yang sebelumnya.

Kembali ke atas

Analisis rasio keuangan juga bisa digunakan dengan perbandingan perusahaan satu dengan perusahaan lainnya yang sejenis pada industri yang serupa. Setelah itu bisa dilihat seperti apa prestasi yang dicapai oleh masing-masing perusahaan.

Nah, semoga jelas ya mengenai apa itu analisis rasio keuangan, jenis, serta fungsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version