Kategori
Crypto Investasi

Pengin Tahu Cara Membuat NFT yang Layak Jual? Ini yang Harus Diketahui!

Pernah tebersit untuk membuat NFT? Ya, siapa yang mau ketinggalan? Sekarang memang zamannya digitak. Kudetlah kalau belum tahu. Apalagi ternyata, cara membuat NFT itu ternyata relatif mudah dan sederhana loh!

Mungkin bagi sebagian orang, NFT belum menggiurkan untuk dijadikan ladang cuan. Padahal dimulai dari mengetahui cara membuat NFT, siapa pun bisa memiliki aset bernilai tinggi. Langsung saja yuk simak tip dan panduan membuat karya seni digital yang layak jual berikut ini.

Apa Itu NFT?

Nah, mungkin kamu sudah tahu apa itu NFT. Tapi enggak ada salahnya, kita remind lagi ya.

Non Fungible Token, atau NFT adalah aset digital yang terhubung dengan sistem blockchain.  Bisa ditemukan dalam bentuk karya seni, seperti lukisan, animasi, desain 3D, musik, item game, hingga karya lainnya yang dianggap memiliki nilai dan dapat dikoleksi.

Aset tidak sama dengan mata uang kripto meskipun sama-sama aset digital blockchain. Karya seni digital ini tidak bisa ditukar uang dan diperjualbelikan kecuali dengan mata uang kripto, sedangkan mata uang kripto sudah pasti punya nilai yang sama dan bisa ditukar dengan uang.

Aset digital ini sendiri lebih cocok disebut sebagai token atau alat verifikasi yang memiliki sertifikat kepemilikan atas aset tertentu. NFT bisa mengubah karya seni digital dan barang koleksi lainnya menjadi barang satu-satunya karena karyanya bisa diverifikasi dan diperdagangkan lewat blockchain.

Meskipun masih bisa diperbanyak jumlahnya atau disalin, tentu aset turunannya ini tidak akan pernah memiliki nilai yang sama dengan aslinya karena sertifikat kepemilikannya akan berbeda dengan yang aslinya. Ini juga salah satu yang mempengaruhi harganya.

Bagaimana Cara Membuat NFT?

Tahukah kamu kalau membuat NFT tidak harus punya keahlian seni atau skill khusus dalam dunia kripto? Kamu bisa membuatnya sendiri! Berikut langkah-langkahnya.

1. Tentukan Karya Seni yang Akan Dijadikan Aset

Jika ingin tahu cara membuat NFT, pertama kamu harus mulai menentukan atau mencari aset unik yang layak didigitalkan. Kamu bisa membuat karya seni bikinan kamu sendiri, seperti foto, video game, musik, meme, GIF, sampai tulisan.

Akan tetapi, kamu harus memiliki hak kekayaan intelektual dulu terkait karya pribadi kamu tersebut sebelum diubah menjadi aset Non Fungible Token. Hal ini untuk menghindari masalah legalitas dan hukum yang bisa terjadi di kemudian hari.

2. Download Aplikasi Pembuat NFT

Cara membuat NFT bisa dilakukan hanya bermodal smartphone lho! Saat ini ada banyak aplikasi pembuat Non Fungible Token di Android yang sangat beragam dan bisa kamu dapatkan gratis di PlayStore. Aplikasi ini umumnya mampu mengubah karya kamu menjadi NFT art untuk diupload dan dijual di marketplace populer.

Beberapa aplikasi Non Fungible Token Android yang populer tahun 2022 seperti Pixel Studio untuk mendapatkan karya seni pixel Art, GoArt – Art NFT Creator untuk mendapatkan banyak filter kreatif, SuperMe untuk membuat avatar wajah kartun, hingga Nomad Sculpt untuk membuat karya seni jenis 3D. Kamu bisa memilih sesuai keinginan!

3. Tentukan Blockchain NFT

NFT tidak akan bisa terlepas dari blockchain karena sistem besar ini ibarat ‘rumah’nya. Blockchain merupakan sistem penyimpanan data digital yang mendasari perkembangan mata uang kripto seperti bitcoin, ethereum dan aset kripto lainnya.

Umumnya—saat artikel ini ditulis–blockchain Ethereum memang sedang populer dan banyak dipakai, karena dinilai paling stabil dari segi harga dan juga didukung oleh beberapa Non Fungible Token marketplace yang tak kalah terkenalnya.

4. Pilih Dompet Kripto

Cara membuat NFT, kamu juga harus memiliki dompet kripto terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan aset tersebut tidak bisa langsung dibeli menggunakan uang konvensional, melainkan harus dengan uang kripto dari konversi uang konvensional sebelumnya.

Selain itu, transaksi kripto kamu hanya bisa keluar masuk dari dompet kripto yang sama. Barulah setelah itu kamu bisa mengonversi mata uangnya. Kamu bisa menggunakan beberapa jenis dompet kripto seperti Trust Wallet, Metamask, Coinbase Wallet, dan dompet digital lainnya.

5. Tentukan Pasar NFT

Setelah dibuat, kamu harus menentukan pasar untuk menjualnya. Pasar NFT merupakan platform yang didirikan sebagai wadah khusus untuk menjual aset-aset digital NFT. Pasar ini mirip seperti situs e-commerce konvensional yang pernah kita temui. Hanya saja, bedanya marketplace ini hanya fokus pada produk digital, yang diperjualbelikan oleh para investor kripto.

Umumnya banyak orang membuat lukisan, games, dan karya lainnya di situs seperti OpenSea, Larva Labs/CryptoPunk, hingga Axie Marketplace.

Strategi Menjual Setelah Tahu Cara Membuat NFT

Setelah tahu cara membuat NFT, dompet, dan blockchain, saatnya kamu mengupload dan mendaftarkan asetmu ke dalam pasarnya. Nantinya, hasil unggahan yang kamu upload akan otomatis berbentuk aset digital NFT.

Setelah itu, kamu harus memperhatikan harga yang kompetitif saat menjual karya seni digital ini. Aturlah dengan harga terjangkau tapi tetap kompetitif dengan aset orang lain untuk menarik calon pembeli.

Selain itu, kamu bisa memberikan batas waktu lelang untuk membuat calon pembeli punya target untuk ikut penawaran terbuka tersebut. Atau, bisa juga kamu membuat lelang aset NFT tanpa adanya jangka waktu untuk memberikan kebebasan dalam menutup lelang kapan pun kamu mau.  Memang banyak platform Non Fungible Token yang tersedia saat ini, tapi salah satu yang banyak direkomendasikan adalah OpenSea, dengan komunitas terbesar.

Bagaimana, apakah kamu semakin tertarik setelah tahu cara membuat NFT? Selamat berkarya ya! Semoga cuan selalu menghampiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version