Kategori
Asuransi Perencanaan Keuangan

Asuransi Jiwa: Pengertian dan Manfaat Terbesarnya

Asuransi jiwa adalah bentuk perlindungan diri untuk menghindari kerugian finansial yang tidak terduga karena hilangnya kemampuan untuk mencari nafkah.

Apakah kamu sudah punya asuransi jiwa ini? Jika belum, ada baiknya tahun ini, kamu segera merencanakan untuk memiliki asuransi yang akan melindungi orang-orang terdekatmu dari risiko keuangan jika ada sesuatu yang terjadi padamu sebagai pencari nafkah utama keluarga.

Pastinya, kamu tak asing lagi mendengar asuransi jiwa. Apalagi belakangan persoalan asuransi ramai lagi diperbincangkan karena beberapa kasus yang viral lantaran merasa ditipu oleh asuransi. Padahal, hal ini terjadi karena adanya kesalahpahaman yang diduga akibat kurang lengkapnya informasi yang diberikan terkait perjanjian dan manfaat yang ada di sebuah polis terpilih. Sampai-sampai nasabah yang kecewa ini menduduki kantor perusahaan asuransi bak demo reformasi tahun 1998. Ckckck.

Fakta lucunya, ternyata terungkap, bahwa beberapa nasabah yang ikut merasa dirugikan itu, ternyata sudah mencairkan klaimnya. Lah, terus …? Ya, entahlah. Perlu tahu ceritanya lebih dalam, tapi ya sudahlah ya. Biar dipikirin sama yang berkaitan saja. Kita mah nonton doang.

Pelajaran dari Asuransi

Tapi, dari sini, lagi-lagi, seharusnya kita bisa dapat pelajaran.

Mempelajari polis asuransi adalah hal yang PENTING! Pasalnya, ini dapat mencegah dan menghindarkan kamu dari kerugian, yang disebabkan karena gagal paham. Dengan demikian, sebelumnya akhirnya menyetujui, memang sebaiknya kamu luangkan waktu sejenak untuk membaca secara saksama semua pasal yang dijabarkan dalam perjanjian. Supaya kamu tahu, cara kerja asuransi bagaimana, klaim bagaimana, apa syaratnya, dan kondisi apa yang menyebabkan gagal klaim. Semuanya sebenarnya ada dalam polis.

Memiliki asuransi adalah hal yang krusial.Tidak ada seorang pun yang akan mengetahui risiko hidup seperti apa yang akan terjadi di depan nanti. Fungsi asuransi adalah mempersiapkan diri kita lebih awal untuk menghadapi hal-hal yang terjadi di luar dugaan, yang kemudian menimbulkan kerugian keuangan.

Misalnya seperti asuransi jiwa. Bukannya kita berharap untuk meninggal, tetapi dengan adanya perlindungan ini, jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, orang-orang yang kita cintai itu tetap bisa menyambung hidup, setidaknya untuk sementara, dengan santunan yang diberikan oleh perusahaan asuransi.

Itulah intinya.

Kembali ke atas

Asuransi Jiwa Adalah Perlindungan Utama

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi utama yang sebaiknya dimiliki oleh siapa pun yang menjadi tulang punggung keluarga. Sayangnya, hal ini masih belum banyak disadari oleh masyarakat Indonesia. Padahal, keselamatan jiwa adalah aset penting dan utama untuk dilindungi, entah itu untuk diri sendiri maupun keluarga di masa depan.

Asuransi jiwa adalah sebuah layanan asuransi yang dibentuk untuk memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial yang diakibatkan oleh hilangnya pendapatan seseorang, atau kehilangan keluarga karena kematian. Jika pemegang polis merupakan tertanggung dan menjadi sumber nafkah keluarga dan mendapatkan musibah yang memungkinkannya tak dapat lagi mencari nafkah, maka anggota keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan dukungan finansial dari asuransi jiwa ini.

Kehilangan seseorang yang menjadi sumber nafkah keluarga itu bisa membuat finansial menjadi tidak stabil dan juga mengalami goncangan lho! Karena itu, untuk mengantisipasinya, dibutuhkanlah asuransi jiwa.

Kembali ke atas

9 Manfaat yang Diberikan Asuransi Jiwa

Manfaat asuransi jiwa adalah seperti berikut ini.

1. Memberikan Ketenangan

Kematian adalah sebuah misteri yang tidak bisa ditebak kapan akan terjadi. Kalau memikirkannya, sebagai manusia plus sumber nafkah keluarga, kita pasti akan mengkhawatirkan dengan keluarga yang ditinggalkan. Belum lagi bisa membawa dampak buruk terhadap keuangan keluarga akibat kehilangan penghasilan secara mendadak.

Risiko keuangan seperti ini bisa diantisipasi dengan kamu membeli polis asuransi jiwa. Nantinya, keuangan keluarga akan tetap aman setelah kematian tertanggung jika sewaktu-waktu tak dapat mencari nafkah lagi.

 2. Pendidikan Anak Terjamin

Bagi pemegang polis yang memiliki tanggungan anak yang sedang menempuh pendidikan, asuransi jiwa akan dapat membantu. Pasalnya, asuransi jiwa dapat membantu anak melanjutkan pendidikan jika ada sesuatu yang terjadi pada tertanggung hingga tak dapat meneruskan rencana dana pendidikannya.

Asuransi jiwa adalah perlindungan yang wajib dimiliki oleh siapa pun yang memiliki anak, apalagi jika tujuannya masih cukup panjang.

Kembali ke atas

3. Tabungan Berjangka

Asuransi jiwa juga bisa dianggap menjadi bentuk tabungan, yang akan memberikan manfaat untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang terjadi di masa depan apabila ternyata ada yang menimpa diri sendiri maupun keluarga.

4. Santunan Cacat Total atau Sebagian

Asuransi jiwa adalah bentuk perlindungan terhadap tertanggung apabila suatu saat mengalami kecelakaan yang menyebabkan kecacatan, selain dapat memberikan proteksi terhadap risiko meninggal dunia.

Nantinya pihak asuransi jiwa akan membayarkan manfaat asuransi ini sebesar 100%, atau sesuai polis yang telah disepakati. Lalu, asuransi jiwa akan berakhir apabila nantinya tertanggung mengalami cacat tetap yang disebabkan kecelakaan.  

5. Terhindar dari Kerugian Besar

Asuransi jiwa dapat meminimalkan risiko terhadap kerugian finansial yang lebih besar. Asuransi jiwa ini nantinya akan berperan sebagai penanggung kerugian yang terjadi sesuai dengan polis yang telah disepakati sebelumnya.

Dengan santunan dari asuransi jiwa, banyak masalah keuangan bisa dihindari. Salah satunya peluang terjadinya utang yang dapat menjebak keluarga tertanggung hingga jumlah yang besar.

Kembali ke atas

6. Melunasi Utang

Jika sewaktu-waktu kamu sedang mengalami musibah atau hal yang tidak diinginkan, maka asuransi jiwa dapat membantu melunasi utang yang belum terbayar. Misalnya, seperti pembayaran untuk Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang belum dilunasi. Hal ini dapat membantu mengurangi beban pihak keluarga. 

7. Persiapan Masa Tua

Asuransi jiwa adalah instrumen yang dapat membantu pemegang polis mengakumulasi persiapan masa tua melalui dana pensiun. Kamu bisa memilih jenis asuransi jiwa unit link atau dwiguna untuk mendapatkan manfaatnya.

Ini bisa jadi salah satu alternatif nih buat kamu, para karyawan swasta, yang mesti membangun dana pensiun secara mandiri.

8. Alternatif Investasi

Asuransi jiwa jenis unit link merupakan produk gabungan dari asuransi dan investasi. Artinya, dalam satu asuransi kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu perlindungan sekaligus imbal investasi.

Cari tahu, dan pahami cara kerja unit link ya, karena memang akan sedikit berbeda dengan asuransi jiwa murni. Jika memang sesuai kebutuhan, unit link juga bisa memberikan manfaat dan solusi yang baik untuk keuanganmu kok. Hanya saja, kamu memang harus paham betul sebelum benar-benar membeli polisnya.

Kembali ke atas

9. Membantu Pengelolaan Keuangan

Asuransi jiwa adalah salah satu elemen pengelolaan keuangan yang cukup efektif, karena kamu dituntut untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk membayar premi asuransi yang telah disepakati.

So, bisa dibilang, asuransi sangat membantu orang-orang yang sulit menabung.

Nah, setelah mengetahui asuransi jiwa dan manfaat apa saja yang diberikan, jangan lupa untuk mempertimbangkan jasa asuransi mana yang akan kamu pilih. Hal ini penting sekali, karena nantinya akan berpengaruh pada kelancaran klaim yang kamu lakukan, pun berbagai layanan lainnya. Pilihlah perusahaan asuransi berkualitas, tepercaya, dan pastinya, legal, untuk meminimalkan terjadinya kesalahan-kesalahan yang nantinya akan merugikan diri kamu di kemudian hari terkait polis yang telah disepakati.

So, sampai di sini sepakat kan, bahwa sejatinya asuransi jiwa adalah pelindung diri terhadap risiko besar di masa depan? Masih ragu untuk punya asuransi jiwa? Semoga sih enggak lagi ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version