Kategori
Business Investasi

Bisnis di Masa Pandemi, Meski Krisis Harus Tetap Survive dan Cuan

Ketika pandemi COVID-19 muncul, pembatasan aktivitas dilakukan secara masif dan memperlambat bisnis. Ini mengganggu rantai ekonomi bisnis hingga menyebabkan banyak perusahaan terpaksa melakukan pemotongan keuangan. Alhasil, pelaku usaha sulit menjalankan bisnis di masa pandemi.

Dengan keadaan ekonomi yang tertekan saat ini, banyak pemilik usaha kecil merasa putus harapan. Ribuan bisnis terpaksa gulung tikar karena sepi pelanggan. Sebagian lainnya masih bertahan walau tercekik.

Namun, tentu saja itu bukanlah akhir seseorang untuk terus maju mengembangkan bisnis. Di satu sisi memang beragam bisnis pupus, namun disisi lain peluang bisnis baru bermunculan. Ini bisa menjadi harapan baru untuk seseorang memulai perjalanan usahanya.

Jenis bisnis yang berkembang pesat selama COVID-19

Bisnis baru bermunculan dengan beradaptasi kondisi saat ini. Berikut adalah beberapa jenis bisnis yang melihat permintaan yang kuat selama pandemi coronavirus:

Layanan kebersihan

Pandemi membuat banyak orang lebih peka terhadap kebersihan. Ini bisnis yang cukup populer yang menawarkan pembersihan profesional dengan membersihkan rumah, kantor, dan restoran dengan aman dan efektif.

Layanan pengiriman

Dengan banyak tinggal di rumah dan menghindari acara yang tidak penting, orang semakin mengandalkan jasa delivery. Pengiriman grosir, pengiriman makanan, bahan makanan dan persiapan makanan, permintaannya sangat kuat dan tinggi.

Peralatan kebugaran dan kelas kebugaran online

Sebagian besar pusat kebugaran dan studio kebugaran memiliki kapasitas tatap muka yang terbatas saat ini, sehingga konsumen beralih ke perusahaan peralatan kebugaran untuk membeli sendiri alat-alat olahraga yang dibutuhkan, dan penyelenggara kelas virtual agar tetap bugar tanpa meninggalkan rumah.

Jasa perawatan taman atau halaman

Daripada pergi keluar atau berlibur, orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama keluarga atau mengadakan kumpul-kumpul di luar ruangan yang lebih kecil. Akibatnya, perusahaan yang menawarkan jasa perawatan halaman cukup untung.

Pembuat Masker

Masker jadi hal yang wajib untuk dikenakan ketika keluar. Kini banyak bisnis muncul yang menawarkan berbagai jenis masker unik dan sehat. Keuntungan dari penjualan masker pun meningkat di pandemi ini.

Kembali ke atas

Tip memulai bisnis di masa pandemi

So, melihat apa yang berkembang sekarang, dan kebutuhan serta kebiasaan masyarakat yang berubah, jika kamu sedang mempertimbangkan untuk mulai bisnis di masa pandemi ini, maka berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diingat.

Pertimbangkan kebutuhan konsumen saat ini

Pandemi mengubah kebutuhan banyak orang, maka pikirkan bisnis yang sesuai untuk menjangkau pelanggan. Kamu harus jeli dalam melihat peluang bisnis yang terbuka.

Carilah produk atau jasa yang dicari banyak orang dan laku di pasaran. Dengan begitu bisnis kamu akan untung besar meski keadaan masih sulit.

Temukan bisnis dengan modal sedikit

Jika kamu sudah mantap dengan peluang bisnis yang akan kamu ambil, sesuaikan dengan anggaran awal bisnis. Di masa sulit ini, sangat mungkin kamu membangun bisnis dengan modal minim, namun jelilah melihat yang berpeluang keuntungan besar.

Tak perlu khawatir, kini banyak jenis bisnis yang tidak memerlukan banyak modal di awal. Jangan terburu-buru, yang terpenting adalah kamu bisa menghasilkan meski masih sedikit. Kamu bisa bisnis reseller atau dropshipper misalnya frozen food yang kini banyak dibutuhkan masyarakat.

Kamu hanya perlu modal minim dan bisa menggunakan kulkas untuk menyimpan makanan beku tersebut. Setelah bisnis kamu mulai menunjukkan peningkatan, kamu bisa membeli aset lebih agar bisa menyimpan stok produk lebih banyak.

Kembali ke atas

Kembangkan strategi pemasaran digital yang baik

Strategi pemasaran digital yang kuat dapat membantu meningkatkan bisnis baru kamu saat melalui masa-masa seperti saat ini. Terlebih, pemasaran digital atau iklan online lebih luas menjangkau pelanggan.

Kamu bisa dengan mudah membuat koneksi dan jaringan dengan konsumen. Kreativitas dan interaktif adalah cara utama untuk membangun loyalitas dengan pelanggan di masa pandemi dan setelahnya.

Bagikan berbagai promosi atau penawaran menarik terkait produk atau jasa yang kamu kembangkan.

Fleksibel terhadap perubahan

Kemampuan beradaptasi adalah kunci sukses bagi setiap pengusaha dan bisnis. Punya rencana, namun tetap fleksibel dalam menghadapi perubahan. Meskipun meluncurkan bisnis baru saat ini memiliki tantangan uniknya sendiri.

Buat rencana keuangan

Pembiayaan dan penganggaran juga merupakan elemen penting dari perencanaan bisnis.

Bisnis harus merencanakan masa depan untuk memastikan modal yang cukup tersedia untuk operasi, akuisisi aset, pembayaran utang, dan kemungkinan ekspansi.

Kebutuhan uang tunai jangka pendek dan masa depan harus diantisipasi; cari tahu tentang berbagai program bantuan pemerintah yang tersedia dan coba apply sesegera mungkin. Tanpa perencanaan keuangan yang tepat, operasi bisnis kamu bisa terhenti.

Tetap positif

Ini mungkin tampak seperti nasihat klise, tetapi ini bisa menjadi mantra. Memiliki pola pikir positif akan membuat kamu tetap tenang dan fokus, dan sikap ini akan berkaitan ke bisnis.

Pikiran negatif mungkin muncul lebih mudah selama pandemi, terutama ketika kamu tidak melihat peluang bisnis yang bagus. Luangkan lebih banyak waktu untuk fokus pada diri sendiri.

Kembali ke atas

Jadi, apa pun kondisinya, dalam berbisnis terkadang kamu harus kembali ke tujuan awal ketika kamu memutuskan untuk membangun bisnis. Perlu ditekankan, bagaimanapun masa depanmu dan bisnis kecil yang kamu buat sekarang, akan ada pasang surutnya.

Namun, cara kamu dalam menyikapi masa-masa sulit akan menentukan potensi kesuksesan bisnis ke depannya. Bisnis di masa pandemi bukan tidak mungkin, akan selalu ada jalan jika kamu mau mencoba.

Good luck!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *