Kategori
Business

7 Bisnis Online tanpa Modal, Cocok untuk Pelajar Tambah Uang Saku

Masih sekolah tapi mau punya penghasilan sendiri? Bagus! Memang soal bisa menghasilkan uang ini mestinya sudah dipelajari sejak dini. Jangan khawatir, bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja sebenernya, bahkan di sela-sela waktu sekolah. Yes, sudah pernah dengar tentang bisnis online tanpa modal kan?

Yes, untuk melakukannya, kita cuma perlu kreativitas dan kemauan untuk berkembang agar bisa sukses lewat bisnis online tersebut.

Bisnis online hadir di tengah kemajuan teknologi. Mulai dari pemasaran hingga transaksi kini bisa dilakukan hanya lewat jejaring internet. Modal yang diperlukan pun bisa ditekan seminimal, bahkan nyaris bisa Rp0, tergantung jenisnya.

Mengapa bisnis online kian menjamur? Alasan yang pasti adalah karena kemudahan dan keterjangkauan. Dengan begini, bahkan yang masih pelajar pun bisa memulai bisnis dan menjalankannya sambil aktif tetap memenuhi kewajiban belajarnya. Hanya dari rumah, bisa-bisa aja kok menjangkau pelanggan ke seluruh Indonesia. Artinya ini akan semakin memperluas potensi keuntungan.

Ragu karena tidak memiliki cukup pengalaman untuk memulai bisnis? Yah, itu  juga hal biasa. Nyatanya memang selalu ada pertama kali untuk segala sesuatu, yekan? Namun, asal mau usaha dan menyerahkan sedikit waktu dan tenaga untuk menggali potensi, kesuksesan bisa digenggam.

7 Peluang Bisnis Online tanpa Modal yang Bisa Dicoba oleh Pelajar

So, pelajar memang kewajiban dan tugasnya adalah belajar. Itu hal yang utama. Tapi, berbisnis itu juga bisa jadi media belajar. Jadi, nggak ada salahnya untuk mulai sekarang. Asalkan ya enggak ganggu waktu sekolah dan lain-lainnya itu. Ntar diomelin ortu soalnya.

Jadi, mau mulai bisnis online? Nyari bisnis online yang tanpa modal? Ini ada beberapa ide.

1. Jadi Dropshipper

Dropshipping terus menjadi salah satu ide bisnis bekerja dari rumah paling populer, juga buat pelajar.

Bisnis online tanpa modal jenis ini memungkinkan kamu menjual produk tanpa perlu modal untuk memulai. Ya paling cuma akan butuh smartphone atau laptop sih. Tapi enggak butuh spek yang terlalu canggih juga. Asal bisa diinstall marketplace, sudah cukup.

Dengan sistem ini juga, kamu juga tidak perlu khawatir terjebak dengan banyak barang di rumah. Kamu menjual barang, namun kamu tidak menyimpan atau menangani barang yang dijual.

Lalu, bagaimana cara kerja dropshipping? Dropshippers menggunakan situs web eCommerce untuk membeli barang yang dijualnya dari pemasok atau produsen dan meneruskannya ke pelanggan.

Ini menurunkan biaya bisnis dan jadi punya lebih banyak waktu untuk fokus jualan saka. Keuntungannya dihitung dari selisih harga produk asli dan harga jualnya.

Kembali ke atas

2. Tutor/Guru Online

Biar masih berstatus pelajar, jadi tutor atau guru online juga jadi peluang bagus loh. Di luar modal kuota dan smartphone, ini juga bisa jadi ide bisnis online tanpa modal berupa materi. Pasalnya, modal utamanya adalah otak.

Misalnya sekarang duduk di bangku SMA, bisa ngajarin anak-anak SD calistung, atau sejenisnya. Pakai apa ngerjainnya? Sekarang kan banyak platform online yang bisa dimanfaatkan. Di antaranya:

  • YouTube: bikin video YouTube untuk mata pelajaran-mata pelajaran tertentu. Misalnya memecahkan soal-soal cerita matematika, atau belajar IPA atau bisa juga bahasa Inggris. Akun YouTube-nya bisa dimonetasi, sehingga bisa mendapatkan pemasukan dari iklan. Tentu saja, harus memenuhi syaratnya ya. Kamu sudah pasti harus siap bekerja keras.
  • Bikin kursus online, bisa saja khusus pelajaran tertentu. Les privat bahasa Inggris untuk SD, misalnya. Bisa pakai video call di WhatsApp kan, bisa sampai berdelapan orang.

Kembali ke atas

3. Admin Medsos

Pelajar zaman sekarang itu kan umumnya gape main media sosial, mulai dari Instagram juga TikTok. Kreativitasnya luar biasa. Ini juga bisa jadi celah bisnis online tanpa modal.

Brand, perusahaan, dan institusi justru butuh admin-admin yang usianya sesuai dengan target market mereka. Nah, banyak dari perusahaan-perusahaan ini yang target pasarnya adalah anak-anak muda. Dengan punya admin medsos yang juga seusia, bakalan lebih cepat nyambungnya. Hal-hal yang dibicarakan pasti lebih mudah relate.

Pengalaman kamu dalam mengelola akun media sosial dapat dijadikan landasan awal. Sebagai manajer media sosial, kamu bisa dapat membantu pengusaha lain atau usaha kecil menggunakan Instagram dan alat media sosial lainnya untuk terhubung dengan pelanggan atau klien mereka..

Pekerjaan ini biasanya mencakup menulis dan menjadwalkan posting, menjalankan iklan, hingga membalas komentar atau pesan followers. Tentunya ini bukan perkara yang terlalu sulit, ya kan?

Kembali ke atas

4. Marketing Affiliate

Mungkin kamu pernah mendengar kata “affiliate marketing” atau “affiliate marketer”. Tapi apa sebenarnya pemasaran afiliasi itu?

Pemasar afiliasi mendapatkan komisi dari mempromosikan produk dan/atau layanan orang atau perusahaan lain. Kamu dapat mencari dan memilih produk dan layanan yang disukai, mempromosikannya, dan mendapatkan sebagian keuntungan dari setiap penjualan yang berhasil dilakukan.

Penjualan biasanya dilacak dengan tautan afiliasi dari satu situs web ke situs lainnya. Contoh kau membangun situs web, yang selain mengisinya dengan konten-konten yang bermanfaat, kamu juga merujuk ke produk buku di Amazon.

Profesi ini adalah pilihan tepat di antara ide pekerjaan atau bisnis online tanpa modal untuk pelajar, karena cukup fleksibel dari sisi waktu maupun tempat menjalankannya.

Kembali ke atas

5. Blogger/Penulis

Dari blog, kamu bisa mendapatkan beberapa macam penghasilan, misalnya:

  • Adsense, program iklan dari Google.
  • Sponsored articles, ketika kamu bekerja sama dengan brand untuk membuat konten yang mempromosikan produk mereka.
  • Review, ketika kamu harus membuat tulisan berisi pengalaman menggunakan produk tertentu.

6. Bisnis craft

Kamu suka membuat perhiasan sendiri atau membuat seni dan kerajinan tangan? Menjual hasil craft adalah salah satu ide bisnis online tanpa modal yang cukup menyenangkan dan kreatif untuk siswa di rumah.

Kamu bisa membuat hiasan acrylic atau hampers unik yang menawarkan paket hadiah untuk pernikahan, wisuda, dan lain-lain misalnya dengan produk bucket flower. Kemudian kamu lakukan pemasaran di akun media sosial kamu sendiri.

Kembali ke atas

7. Graphic Designer

Banyak bisnis dan perusahaan mencari bantuan dengan desain logo, situs web, atau iklan visual mereka. Desainer grafis yang hebat memiliki keterampilan artistik untuk pemasaran. Mereka menggunakan kreativitas untuk menciptakan ide dan konsep visual untuk merek dan perusahaan.

Untuk menjalankan bisnis online tanpa modal ini, kamu perlu jeli dalam melakukan penilaian visual yang mendetail dan cara menggunakan berbagai software desain. Tentunya, ini bukan perkara yang terlalu sulit, ya kan? Apalagi kalau memang kamu punya minat besar dalam hal ini.

Nah, gimana? Tertarik untuk mencoba bisnis online tanpa modal ini? Jangan lupa izin dulu sama orang tua ya. Yah, siapa tahu malah kamu jadi bisa ditambahin modal kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *