Kategori
Emas Investasi

Investasi Emas Online: Panduan Praktis untuk Pemula

Kamu punya sejumlah dana dan ingin dikembangkan? Emas bisa jadi salah satu instrumen investasi yang bisa kamu pilih saat ini. Instrumen ini banyak dipilih orang karena menawarkan harga yang relatif stabil dengan risiko yang juga relatif minim. Jika tertarik, kamu bisa mencoba investasi emas online yang belakangan cukup populer.

Di masa produktif, sebagai pekerja kita perlu untuk mengelola keuangan untuk bayar cicilan, kebutuhan hari ini, dan dana masa depan. Untuk keuntungan jangka panjang, investasi jadi langkah tepat untuk menjadi simpanan di kemudian hari. Nah, untuk itu investasi emas jadi opsi instrumen yang patut dipertimbangkan.

Sudah baca artikel tentang apakah investasi emas masih menguntungkan untuk sekarang, dan mungkin juga beberapa tahun ke depan kan? Baca juga tentang tip investasi emas terbaik untuk keuntungan maksimalnya.

Perlu diperhatikan, investasi emas memang memberi keuntungan yang bisa diharapkan, apalagi kalau memang direncanakan untuk jangka panjang. Namun, saat ingin mulai melakukannya, kamu harus mempertimbangkan banyak hal, dan mempelajarinya dengan saksama. Pasalnya, seperti halnya instrumen investasi lain, ada risiko yang harus dikelola juga dalam investasi emas. Instrumen ini juga butuh pengelolaan yang tepat, agar nantinya tak justru membuat kita jadi terlibat masalah.

Nah, salah satu cara terbaik untuk investasi emas di zaman sekarang adalah investasi emas online.

Mengapa Harus Investasi Emas Online?

Sebelumnya, investasi emas dilakukan dengan membeli dan menyimpan fisik emas atau logam mulia secara mandiri. Namun, di era digitalisasi saat ini, ada cara lain yang lebih modern dari cara konvensional tersebut, yang menawarkan kemudahan dan keamanan.

Aset investasi emas dikatakan tak termakan waktu dan sering disebut sebagai safe haven, atau aset aman. Nah, dengan investasi emas online, selain kelebihan-kelebihan tersebut, kamu juga ditawari kemudahan dan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Bermodalkan jejaring internet dan aplikasi, kamu bisa mulai investasi emas online dengan mudah. Terlebih pembelian dapat dilakukan kapan pun dan di manapun kamu berada.

Kembali ke atas

Tips Investasi Emas Online untuk Pemula

Bagi pemula, sebelum benar-benar membeli, pastikan untuk mempertimbangkan beberapa hal seperti membuat rencana dan tujuan investasi, mengecek kemampuan finansial, mennetukan waktu investasi yang tepat, memilih jenis emas, dan menentukan tempat membeli emas online. 

Mari  kita lihat satu per satu

Perencanaan Tujuan Investasi

Langkah awal menentukan tujuan dan target investasi emas. Lebih baik tujuan ditentukan sejak awal daripada emas sekadar disimpan, tanpa tahu mau buat apa. Misalnya ingin berinvestasi untuk biaya pendidikan anak 10 tahun ke depan, biaya naik haji, buat DP rumah, atau yang lainnya.

Adanya tujuan akan membuatmu mantap dalam melakukan investasi, pun akan membantumu untuk konsisten melakukannya. Tujuan berinvestasi juga akan mencegah kamu dari sabotase keuangan sendiri.

Jadi, buatlah tujuan untuk investasi emasmu. Mau dipakai buat apa?

Kembali ke atas

Pertimbangkan Kemampuan Finansial

Investasi bisa dilakukan jika kamu sudah memiliki surplus dari pendapatan. Kelebihan dana ini dapat dialokasikan untuk masa depan.

Hindari mengorbankan kebutuhan lain, apalagi sampai berutang, untuk investasi. Sebelum berinvestasi, pastikan kamu sudah memiliki dana darurat dan asuransi untuk kondisi tak terduga.

Menentukan Waktu Investasi Emas

Jika kamu sudah mantap akan berinvestasi emas, kamu perlu mempelajari tren pergerakan harga emas pasaran. Dengan begitu, kamu bisa memutuskan kapan waktu terbaik untuk menjual atau membeli emas agar keuntungan dapat optimal.

Kapan waktu yang tepat untuk membeli emas? Ya cencu sadja kamu bisa membelinya saat harga sedang turun lalu menjual saat harga naik. That’s how things work kan, buat dapetin keuntungan?

Nah, perlu diingatkan lagi ya. Bahwa, investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jangka waktu lebih dari 5 tahun agar keuntungannya terasa.

Memilih Jenis Emas

Logam mulia sangat disarankan untuk pemula. Ini lebih menguntungkan dan cocok menjadi simpanan masa depan daripada emas perhiasan. Logam mulia cenderung punya harga yang relatif tinggi, sedangkan emas perhiasan lebih rendah karena komponen biaya pembuatan, model, dan lainnya.

Kembali ke atas

Aplikasi Investasi Emas Online Terpercaya

Nah, sekarang tiba waktunya untuk benar-benar mulai investasi, dan kamu pun memilih untuk investasi emas online.

Thank God, belakangan banyak aplikasi investasi emas online yang bermunculan. Zaman serbamudah dan serbacepat begini, apa-apa beneran jadi mudah dan cepat.

Lalu, aplikasi investasi emas online seperti apa yang sebaiknya dipilih?

Nah, di sini, kamu perlu berhati-hati. Jangan langsung tergiur dengan penawaran yang tingkat keuntungannya terlampau tinggi sampai tidak masuk akal. Banyak oknum yang memanfaatkan kebutuhan mendesak orang lain demi keuntungan diri sendiri. Kamu perlu mewaspadainya.

Berikut ini aplikasi terbaik untuk memudahkan investasi emas online. Sudah pasti legit, dan sudah banyak juga yang mencobanya.

Kembali ke atas

Pegadaian Digital

“Menabung Emas” merupakan sebutan untuk promosi layanan investasi emas di Pegadaian. Pegadaian Digital jadi platform pelopor investasi emas online yang bisa diunduh dengan mudah lewat smartphone kamu.

Kamu tidak dikenakan biaya apa pun saat membuka rekening di Pegadaian Digital. Di tahun pertama kamu tidak perlu membayar biaya penitipan emas, biaya ini berlaku setelah satu tahun penyimpanan. Untuk pembelian saldo emas bisa dari minimal Rp 50.000 saja.

Kembali ke atas

Marketplace

Buat kamu yang hobi belanja online, nah, kenapa nggak sekalian investasi emas online di aplikasi yang sama?

Artikel ini bukanlah artikel berbayar, tetapi marketplace ini memang jadi tempat legit untuk mulai investasi. Marketplace terkemuka seperti Tokopedia dan Bukalapak sekarang menyediakan fitur investasi emas juga di aplikasinya.

Tokkopedia bekerja sama dengan Pegadaian untuk penyelenggaraannya, dan kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp500 menggunakan dompet digital OVO. Sedangkan Bukalapak bekerja sama dengan Indogold dan Antam, dan kamu bisa mulai investasi dari Rp100.

Selain di 2 marketplace tersebut, Gojek juga menyediakan fitur GoInvestasi, yang memungkinkanmu untuk investasi emas online juga langsung di aplikasi. Gojek bekerja sama dengan Pluang PG Berjangka, yang beroperasi di bawah pengawasan BAPPEBTI.

Silakan dicek masing-masing ya, dan cari informasi lebih banyak lagi supaya makin paham cara kerjanya.

Kembali ke atas

Fintech

Kamu juga bisa investasi di berbagai aplikasi milik platform fintech. Seperti Pluang, misalnya, yang selain bisa melakukan investasi emas online, kamu juga bisa bisa berinvestasi reksa dana hingga cryptocurrency juga. Untuk investasi online emas, aplikasi fintech ini menawarkan sistem syariah untuk emas digital. Pluang telah mendapatkan sertifikasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selain Pluang, kamu juga bisa eksplorasi aplikasi Tamasia, LakuEmas, Indogold, ataupun E-mas.

Kembali ke atas

Gimana? Gimana? Menarik kan? Nggak perlu pusing-pusing lagi sekarang buat investasi emas. Ada investasi emas online inih!

So, mau mulai kapan investasinya? Sekarang?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *