Kategori
Crypto Investasi

8 NFT Game yang Dapat Memberimu Uang Saku

Sekarang NFT sudah makin berkembang, karena nggak hanya memperjualbelikan karya seni seorang seniman dalam bentuk NFT art saja, tetapi juga hadir dalam bentuk game. Teknologi baru tersebut dapat membantu gamers dalam bermain dan memperjualbelikan aset digital yang mereka miliki menggunakan mata uang kripto. Namanya NFT game.

Siapa nih yang doyan ngegame?

Pasti yang namanya NFT game ini juga sudah nggak asing lagi nih. Buat yang suka ngegame maupun buat kamu yang memang tertarik dengan dunia perkriptoan. Apalagi nih, sekarang ada loh NFT game yang bisa memberimu uang saku.

What? Memberi uang saku?

Nah, kan, kupingnya langsung berdiri. Yuk, kita bahas lebih jauh di artikel kali ini.

Pengertian NFT Game

NFT game adalah game berbasis blockchain dengan menggunakan sistem Non-Fungible Token (NFT) yang bisa dipakai untuk jual beli aset dalam game dengan menggunakan mata uang kripto.

Konsep tersebut dalam dunia NFT disebut dengan istilah GameFi, yaitu akronim dari game dan finance. Nah, ketahuan deh dari namanya ya. Konsep ini awalnya diperkenalkan oleh Andre Cronje, si founder Yearn Finance pada bulan September tahun 2020.

Begini cara kerjanya.

Cara Kerja NFT Game

So, para gamer yang bermain dalam NFT game akan diberikan sebuah misi khusus. Kalau mereka berhasil menyelesaikannya dengan baik, mereka dapat mengumpulkan sejumlah reward dalam bentuk mata uang kripto, sesuai platform game-nya. Tapi, nggak hanya sekadar menyimpan koleksi kripto di wallet doang loh. Para gamer bisa menukatkan aset kripto yang sudah dikumpulkan menjadi uang tunai. Besarannya sudah pasti mengikuti kondisi pasar kripto saat itu.

Semakin lama bermain game, maka hasilnya bisa saja lebih banyak. Selain ditukarkan menjadi uang fiat, kripto yang berhasil dikumpulkan itu juga bisa dipakai untuk membeli berbagai item yang bisa digunakan dalam game NFT terkait.

Nah, jelas kan, cara kerjanya? Inilah yang dinamakan play-to-earn.

Kembali ke atas

Ini Dia NFT Game yang Bisa Beri Uang Saku

So, sudah baca cara kerja NFT game secara sederhana di atas, terus apakah lantas kamu tertarik untuk ikutan bermain?

Nah, kalau memang tertarik, simak deh daftar game terbaik tahun 2022 di bawah ini.

1. Plant VS Undead

NFT game pertama yang bisa kamu coba adalah Plant vs Undead. Permainan ini adalah sebuah permainan play-to-earn yang memungkinkan pemainnya mengelola pertanian dan dapat menghasilkan uang dalam bentuk aset kripto Light Energy (LE).

Caranya adalah pemain harus bisa memanen benih dan melakukan misi harian seperti menyiram tanaman milik pemain lain dan bisa saja ada beberapa misi dari sekitar pertanian. Di sini pemain dapat menjual NFT plant di marketplace dengan harga sekitar 10 token PVU hingga 100 token PVU.

Kembali ke atas

2. Gods Unchained

NFT game penghasil uang berikutnya adalah Gods Unchained. Di permainan yang dijalankan dalam blockchain ini aturan mainnya adalah kamu harus menukar kartu dan kemudian melawan pemain lain untuk meraih peringkat yang lebih tinggi. Nantinya, hal ini akan dapat memperbanyak peluang untuk memenangkan kartu bagus dan langka.

Ketika kamu awal bermain, semua kartumu tidak akan langsung ada di blockchain karena kamu harus memenangkan pertaruhan terlebih dahulu dan mendapatkan Flux. Flux dapat digunakan untuk menduplikat kartu trading, dan mencetaknya di blockchain Ethereum.

Dalam NFT game ini, terdapat token cryptocurrency yang dikenal sebagai token GODS, yang merupakan token ERC-20 dan dapat digunakan untuk membuat NFT, membeli paket dari Gods Unchained Marketplace, dan juga memungkinkanmu untuk bisa mendapatkan lebih banyak hadiah kalau kamu juga punya token di Immutable X. Harga token GODS diperjualbelikan dengan nilai Rp34.830.

3. Axie Infinity

NFT game berikutnya adalah Axie Infinity. Permainan ini berbasis Ethereum pertama dan mampu menembus nilai penjualan hingga 1 miliar dolar AS pada 8 Agustus 2021. Axie Infinity adalah permainan yang paling populer saat ini, dan dibuat oleh perusahaan asal Vietnam, Sky Mavis.

Cara mainnya hampir mirip dengan permainan yang pernah populer di masanya, Pokemon. Di sini, kamu dapat membuat tim yang terdiri atas makhluk-makhluk yang disebut Axies, yang dapat digunakan untuk melawan pemain lain dalam mode Arena, atau melawan musuh dalam mode Adventure, atau petualangan.

Axie infinity memiliki dua aset kripto, yaitu Axie Infinity Token (AXS) dan Smooth Love Potion (SLP). Keduanya punya aturan main yang berbeda untuk mencapai peringkat yang diinginkan. Kamu bisa mendapatkan AXS dengan masuk ke papan peringkat PVP game, sedangkan SLP dapat dicapai dengan menyelesaikan level mode petualangan serta memenangkan pertandingan.

Game ini dapat menghasilkan uang yang lumayan lo, karena setiap karakter Axies memiliki keunikan masing-masing, dengan kemampuan yang berbeda-beda. Hal inilah yang kemudian menjadi value dari si makhluk tersebut, dan juga ditentukan oleh kelangkaannya. Semakin langka, unik, dan terampil, maka akan semakin mahal.

Kembali ke atas

4. Gala Games: Town Stars

NFT game selanjutnya adalah Gala Games. Ini juga platform permainan berbasis blockchain, dan memiliki berbagai macam permainan kripto.

Di sini, ada koin GALA yang jadi reward, dan juga ada token utilitas untuk melakukan transaksi. Nggak cuma itu, ada juga beberapa item yang dapat diperjualbelikan atau dikumpulkan. Permainan ini menggunakan blockchain untuk memberikan hak kepemilikan tunggal sebagai NFT dan Token ERC-20 dalam blockchain Ethereum.

5. Illuvium

NFT game selanjutnya yang juga bisa kamu coba adalah Illuvium yang merupakan permainan Open World RPG 3D di Ethereum blockchain yang menggunakan sistem pertempuran otomatis.

Tugas utamanya adalah pemain harus memenangkan pertempuran, menyelesaikan tugas, dan meningkatkan peringkat. Jika berhasil, pemain akan mendapatkan reward berupa aset kripto token ILV.

Kembali ke atas

6. Splinterlands

Permainan ini dulunya dikenal dengan nama Steem Monsters. Kini sudah berganti nama menjadi Splinterlands.

Permainan ini dapat memungkinkan para pemain untuk mendapatkan koin cryptocurrency pada blockchain Hive (HIVE). Berbeda dengan game NFT lainnya, Splinterlands biasa dikenal sebagai trading card game (TCG), yang memiliki kartu lebih dari 280 berbeda dan terdaftar sebagai aset digital.

Di sini kamu bisa membeli atau menjual kartu langka menggunakan token Dark Energy Crystals (DEC) dan memiliki nilai tukar 1 DEC senilai $0.00200751.

7. Sorare

Sorare adalah NFT game berupa permainan sepak bola fantasi yang memiliki item yang dapat diperjualbelikan menggunakan kartu pemain.

Kartu pemain tersebut sudah harus terdaftar dalam NFT pada blockchain Ethereum. Dalam permainan ini, kamu dapat membuat tim sepak bola berisi sebelas pemain profesional sesuai kartu yang sudah kamu miliki. Biasanya, transaksi NFT game Sorare menggunakan token SOR senilai 1 SOR = 97 dolar AS.

Kembali ke atas

8. Bomb Crypto

Permainan ini merupakan NFT game yang bisa kamu lakukan dengan modal kecil. Berbasis jaringan Binance Smart Chain (BSC), di sini kamu akan menggunakan token khusus bernama BCOIN.

Permainan ini menggunakan konsep Play To Earn yang memungkinkan kamu dapat memainkan berbagai karakter. Karakter dalam permainan inilah yang menjadi aset NFT, karena setiap karakter dilengkapi atribut power, speed, stamina, dan lainnya. So, harga jualnya juga berbeda-beda tergantung keunikan dan kelangkaan dari setiap karakter. Rata-rata sih, nilai harganya dapat mencapai Rp7.939,-.

Nah, itu tadi beberapa NFT game penghasil uang terbaik pada tahun 2022.

Kembali ke atas

Sebenarnya sih, masih banyak NFT game yang juga bisa kamu coba selain 8 permainan di atas. Kamu bisa googling saja untuk lebih detailnya. Setiap platform memiliki kebijakan masing-masing untuk bisa mendapatkan keuntungan. Kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan kamu.

Yah, jadi bisa disimpulkan ya, bahwa NFT game juga bisa saja dianggap sebagai alternatif bentuk investasi terbaik, apalagi yang bisa menghasilkan uang seperti di atas. Sekaligus bisa buat hiburan, yekan?

Tapi, sekali lagi, semua harus disesuaikan dengan kemampuan dan jangan hanya sekadar ikut-ikutan. Boleh saja kamu main berbagai permainan di atas, dan kemudian pengin mendapatkan kripto sebagai reward. Tapi, harus ingat, keuangan yang sehat adalah prioritas.

Yuk, belajar keuangan dengan baca ebook ini!

Ebook Kemerdekaan Finansial Level #1: Arus Kas Positif & Budgeting, termasuk alat cek kesehatan keuangan & budgeting + contoh pengisian. Hanya Rp47.770, cara belinya tinggal klik saja button di bawah ini, dan ikuti petunjuk berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version