Kategori
Crypto Investasi

7 NFT Marketplace yang Paling Populer di Dunia, dan Apa yang Perlu Disiapkan?

Dunia mata uang kripto telah mengalami perkembangan karena pengaruh dari populernya non fungible token, atau biasa kita sebut dengan NFT. Dan, NFT marketplace pun juga terkerek popularitasnya.

Sebelumnya, kita hanya bisa menjual karya seni digital ini melalui marketplace di luar negeri. Namun, belakangan mulai muncul juga yang lokal.

Kamu pengin juga mencoba peluang mendapatkan penghasilan dari menjual NFT? Juga, bagaimana cara membeli NFT art? Kalau iya, pasti pengin tahu juga kan, NFT marketplace mana saja yang bisa kamu jadikan alternatif buat memajang karya-karyamu?

Cus, ikuti artikel ini sampai selesai yak.

Apa Itu NFT marketplace?

Non fungible token atau NFT adalah sebuah aset digital pada jaringan blockchain dan memiliki kode identifikasi serta metadata unik yang berbeda. Dengan NFT, seniman dan creator bisa menjual hasil karya mereka secara  langsung kepada fans, kolektor, dan siapa pun yang pengin membeli, tanpa khawatir akan pembajakan, karena kode identifikasi ini sangat unik sehingga tidak bisa dipalsukan.

So, hadirnya NFT memang semacam menjawab persoalan hak cipta yang belakangan semakin panas lantaran semakin banyak “penjahat” yang hanya ingin mengeruk keuntungan bagi dirinya sendiri sampai merugikan orang lain.

Lalu, apa itu NFT marketplace?

NFT marketplace adalah sebuah platform tempat jual dan beli NFT, yang juga bisa dikatakan sebagai pasar atau situs online yang digunakan untuk menjual atau membeli berbagai barang, seperti halnya marketplace biasa kayak Tokopedia, Shopee, dan sebagainya. Namun, alih-alih barang yang ada fisiknya, marketplace NFT menjual produk digital saja.

Marketplace tersebut dapat membantu para kolektor digital untuk melakukan jual beli dan membuat token NFT bagi diri mereka sendiri. Dengan begitu, para kolektor digital tersebut dapat melakukan presentasi kepemilikan atau produk mereka secara digital.

Kembali ke atas

Perkembangan NFT Marketplace

Meski NFT saat ini sedang mencapai puncak popularitasnya di Indonesia, tetapi sebenarnya perkembangan NFT sudah dimulai jauh sebelumnya.

NFT di awal muncul tahun 2012, sebagai evolusi teknologi Colored Coins dalam ekosistem Ethereum, yang diinisiasi salah satunya oleh Vitalik Buterin. Dari yang niat awal hanya untuk verifikasi kepemilikan aset, Colored Coins ini kemudian malah menjadi proyek eksperimen aset khusus karya seni digital, yang kemudian dikenal dengan nama Nonfungible Token, atau NFT.

NFT mulai populer di tahun 2019, meski proyek Colored Coins terhenti akibat kelemahan pada ekosistemnya. Nah, baru deh di tahun 2021, NFT benar-benar booming setelah beberapa seniman berhasil menjual karya digitalnya dengan harga yang sangat fantastis.

Di Indonesia sendiri, popularitas NFT memuncak di awal 2022, ketika terjadi Ghozali effect yang mendorong kesadaran masyarakat Indonesia bahwa ternyata ada jalan lain untuk meraup cuan dengan gampang. Nah, sayangnya, dorongan ini nggak diimbangi dengan pengetahuan dan pemahaman yang baik. Jadinya, ada yang jual foto KTP sebagai NFT, ada dokter jual foto X-Rays pasiennya, segala macam foto gorengan dan bakso juga dijual, padahal hasil download jpeg aja di Google. Hadeh …

So, ini yang seharusnya menjadi perhatian kita bersama. Nonton film juga masih bajakan (dan bangga bisa nonton gratis!), kok mau disuguhi NFT? But yeah, lagi-lagi memang edukasi itu enggak bisa instan. Semoga enggak butuh waktu lama lagi bagi warga +62 untuk bisa bijak memanfaatkan teknologi.

Meskipun yah …

Kembali ke atas

Platform NFT Marketplace Terbaik

Ok, mari kembali ke topik!

Ketika kamu sudah mengetahui pengertian dari NFT marketplace, maka kemudian kamu pasti penasaran dengan platformnya.

NFT marketplace mana yang paling oke? Yang paling ramah pemula? Yang user friendly?

Disclaimer on: Ini bukan rekomendasi produk. Silakan masing-masing melakukan riset lebih mendalam lagi untuk memahami cara kerja masing-masing platform.

1. OpenSea

OpenSea adalah marketplace NFT yang didirikan pada tahun 2017 oleh Devin Finzer dan Alex Atallah di New York, Amerika Serikat.

Untuk membuka akun OpenSea ini gratis ya. Tapi, untuk mulai menjual karya digitalmu, kamu memang perlu minting. Istilahnya, buat “ongkos bensin”. Begitu akunmu sudah aktif, kamu bisa langsung listing karyamu agar bisa dibeli atau ditawar dengan cara lelang, secara langsung.

Kembali ke atas

2. Axie Marketplace

Platform NFT marketplace kedua adalah Axie Marketplace, yaitu sebuah toko online digital yang biasa digunakan untuk membeli item-item game Axie Infinity.

Platform ini dapat memudahkan pengguna untuk membeli Axies terbaru, tanah, dan produk lainnya yang digunakan di dalam game tersebut.

3. Larva Labs

Platform NFT marketplace selanjutnya adalah Larva Labs yang terkenal karena salah satu produknya bernama CryptoPunks dan telah menghasilkan jutaan dolar. Selain itu, platform ini memiliki proyek karya seni digital lain dan memiliki proyek pengembangan aplikasi berbasis blockchain ethereum.

Kembali ke atas

4. NBA Top Shot Marketplace

NFT marketplace ini merupakan platform resmi National Basketball Association dan Women’s National Basketball Association yang sudah masuk ke dunia NFT. Pengguna dapat membeli segala macam koleksi memorabilia dan merchandise NBA, seperti klip video dan games populer, serta hasil karya seni digital yang “berbau” liga basket Amerika ini. Jika kamu ingin melakukan transaksi di platform tersebut, maka kamu harus menggunakan blockchain flow yang telah diciptakan oleh Dapper Labs.

5. Rarible

Rarible juga merupakan salah satu NFT marketplace yang sudah populer di kalangan pecinta karya digital. Tokennya bernama RARI, dan bisa mempertimbangkan fitur seperti biaya dan aturan dari komunitas yang bersangkutan.

Cara membuka akun dan memakainya mirip dengan OpenSea, sehingga cukup user friendly bagi pemula atau siapa pun yang pengin mencoba peluang mendapatkan uang dari jual beli NFT.

Kembali ke atas

6. SuperRare

SuperRare juga membuat pasar bagi seniman digital untuk menjual karya mereka, seperti artwork, video, foto-foto, dan masih banyak lagi. Namun, para kolektor harus memiliki Ethereum ketika membeli NFT di NFT marketplace ini.

Platform ini memiliki token tersendiri dengan nama yang sama, dan dapat digunakan untuk membeli berbagai karya seniman di akun masing-masing.

7. Nifty Gateway

Nifty Gateway merupakan NFT marketplace yang banyak digunakan oleh seniman digital popular untuk menjual karyanya. Dua seniman digital yang sangat terkenal sudah menggunakan aplikasi ini, yaitu Beeple dan Grimes.

Kembali ke atas

Yang Harus Disiapkan untuk Bisa Menggunakan NFT Marketplace

Mau beli NFT ataupun menjualnya di marketplace, maka kamu harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu.

Akun Pengguna

Mau beli atau jual NFT, maka miliki akun di marketplace NFT lebih dulu. Caranya bisa berbeda-beda di setiap platform. Yang pasti, pilihlah yang termudah dan paling nyaman untukmu.

Cek dulu syarat-syarat apa saja yang diperlukan, dan juga cek reviewnya oleh pengguna lain di berbagai sumber. Jangan menggunakan platform yang terlalu banyak komplainnya ya.

Dompet Crypto

Untuk bisa bertransaksi NFT, kamu akan butuh dompet crypto, atau crypto wallet.

Dompet ini akan kamu gunakan untuk menyimpan kripto, yang kemudian bisa dipakai untuk melakukan transaksi. Setiap platform memiliki dompet crypto yang kompatibel dengan blockchain masing-masing. Jadi, silakan dicek dulu ya. Untuk OpenSea, kamu akan diminta untuk memiliki MetaMask.

Kembali ke atas

Siapkan Koin

Koin akan sangat diperlukan dalam setiap aktivitasmu di platform. So, kamu harus mengisi dompet dengan koin crypto yang sesuai atau kompatibel dengan platform yang akan kamu gunakan.

Itu tadi penjelasan pengertian dan 7 NFT marketplace terpopuler yang bisa kamu gunakan untuk jual beli produk karya seni digital. Pastikan ketika kamu akan membeli atau menjual NFT,  kamu sudah memahami cara kerja platformnya, supaya kamu meminimalkan peluang kesalahan terjadu, terutama ketika bertransaksi aset digital.

Selamat bersenang-senang di NFT marketplace, fellas!

Jangan lupa untuk memastikan bahwa keuanganmu dalam kondisi sehat ya!

Ebook Kemerdekaan Finansial Level #1: Arus Kas Positif & Budgeting, termasuk alat cek kesehatan keuangan & budgeting + contoh pengisian. Hanya Rp47.770, cara belinya tinggal klik saja button di bawah ini, dan ikuti petunjuk berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version