Kategori
Film Review

Review Film Star Wars: The Force Awakens

Sudah nonton Star Wars: The Force Awakens? Ini review gw.

Sudah pada nonton filmnya? Ini review film Star Wars The Force Awakens yang tayang mulai Rabu kemaren di bioskop-bioskop Indonesia dari gw. Dan seperti biasa: SPOILER ALERT!!! Read on your own risk ya. *wink.

Rating: PG-13
Genre: Animation, Adventure, Fantasy
Director: J.J. Abrams
Duration: 2 hrs and 15 minutes
Star: Harrison Ford (Han Solo), Mark Hamill (Luke Skywalker), Carrie Fisher (Princess Leia), Adam Driver (Kylo Ren), Daisy Ridley (Rey), John Boyega (Finn), Oscar Isaac (Poe Dameron)
Critics Review: 8.8/10 IMDB; 81/100 metacritics; 77% Rottentomatoes

Blurb (yeah I’m using this term now! :P)

Han Solo

Tiga puluh tahun setelah kejatuhan Galactic Empire, keberadaan Luke Skywalker yang menghilang mulai terendus oleh The First Order, sisa-sisa Galactic Empire yang menyusun kembali kekuatan untuk menguasai galaxy. Pecahan peta terakhir yang menuntun ke posisi Luke Skywalker pun diburu oleh The First Order. Sebuah droid BB-8 milik Poe, salah satu pilot The Resistance,  harus menjalani perjalanan berbahaya sampai kemudian diselamatkan Rey, perempuan muda pengumpul barang rongsokan.

Poe berhasil kabur dibantu oleh Finn, salah satu Stormtroopers yang bernurani dan takdir mempertemukan Finn, Rey, BB-8 dengan Han Solo dan pecahan peta terakhir keberadaan Luke Skywalker pun terselamatkan. Sampai kemudian The First Order berhasil menghancurkan The Republic dengan senjata terbaru mereka dan pasukannya yang dipimpin oleh Kylo Ren, anak Han Solo. Masa depan The Resistance pun suram.

Review film Star Wars The Force Awakens

Gimana film ini menurut gw? Campur aduk sih perasaan gw. Tapi kudu objektif lah ya kalo mau bikin review film. 😛 Kenapa bisa sampe campur aduk adalah karena film ini temanya klasik banget. Kebaikan lawan kejahatan di mana kebaikan selalu menang meskipun harus mengorbankan tokoh yang gw sukak banget dari jaman dulu. Iya, dimatiin itu si…. *ilang sinyal

Kenapa harus nonton film ini?

(1) Lanjutan fantasi masa kecil

Poster The Force Awakens

Dengan ngambil setting 30-an tahun setelah Episode VI: Return of the Jedi, film ini seolah mantan yang udahan dengan memori indah ngajakin balikan. Hahaha. Gw kenalan sama seri Star Wars dari RCTI yang muterin film ini di Layar Emas mereka jaman gw SD-SMP dulu. Gw sampe nangis waktu kebaikan kalah lawan kejahatan pas Empire menang. Tapi kemudian seneng banget waktu Empire berhasil dikalahkan.

Star wars episode IV, V dan VI jadi salah satu kenangan indah masa kecil gw. Makanya waktu tayang Episode I, II dan III gw gak mau nonton karena takut bakalan ngerusak apa yang ada di kepala gw tentang Star Wars karena tahu kalo cerita di episode I, II dan III ambil setting waktunya sebelum IV, V dan VI. Iye gw segitunya banget.  😛 Apalagi setelah tahu Episode I ternyata gak bagus menurut para kritik review filmnya kan.

Nah pas Episode VII, The Force Awakens ini keluar, penasaran dong gw gimana Han Solo, Prince Leia, R2D2, C-3PO, Chewbacca dan karakter lain dari Episode VI jadinya. Gimana perkembangan tiap karakter setelah 30-an tahun jadinya?

Princess Leia

Sesuai judulnya, The Force Awakens, tema yang diangkat adalah mulai ditemukannya lagi orang yang memiliki The Force dalam dirinya dan akan menjadi Jedi. Makanya kenapa Luke Skywalker harus ditemukan untuk bisa ngelatih orang dengan The Force itu biar gak tergoda untuk nyeberang ke sisi gelap.

Jadi kalo ada yang sama kayak gw, suka banget sama seri asli IV, V dan VI. Gw sarankan nonton deh film ini. Jadi bernostalgia lagi sama Han Solo dan Princess Leia yang asli yang (menurut cerita dan kenyataannya memang) lebih tua. Dan saran gw kalo mau ngikutin film ini, ikutin timeline rilis filmnya deh buat ngerasain gimana serunya. Nonton episode IV dulu, baru lanjut V, VI trus langsung aja ke VII. Hehehe. I, II dan III baru setelahya buat pelajarin sejarahnya.

(2) Action dan special effect yang seru

Kalo yang inimah udah gak usah diragukan lagi. Asli keren abis deh. Mulai dari penggambaran peperangan, alamnya tandus di segala luar angkasa dan juga planet-planet lainnya. Keren deh pokoknya.

Kalo suka dimanjakan secara visual, nonton film ini gak ada ruginya. Tapi kalo misalkan mau nonton film petualangan di luar angkasa yang lebih realistis dan “sarat ilmu”, bisa baca postingan gw tentang film The Martian dan Interstellar.

(3) Ada Yayan Ruhian dan Ikko Uwais

Nah ini nih salah satu yang bikin gw paling penasaran, ada Yayan Ruhian dan Ikko Uwais di film ini. Rupanya kesuksesan The Raid kasih jalan buat dua orang ini ikutan di film Star Wars. Mereka satu scene sama si Harrison Ford loh!

Penasaran gak sih gimana scenenya? Sepegen-pengennya gw ngebocorin scenenya gimana, gw masih pengen manteman nonton sendiri deh. Hihihihi. Beneran ada mereka berdua di film ini! 😀

Yang bikin perasaan gw campur aduk

Gak banyak sih sebenernya yang bikin perasaan gw campur aduk. Cuma ada dua. Temanya yang klasik banget – kebaikan selalu menan lawan kejahatan dan kebaikan selalu menang. Sungguhlah sudah ketebak jalan ceritanya sepanjang film mulai dari awal. Hahaha.

Kalo kata Bul inisih gwnya yang over analysing. Semua-mua dianalisa serius.

Selain itu tokoh utama dari 30 tahun lalu dimatiin pun. Hiks. Sebel deh gw. Udah tuwir sih emang tapi kan-tapi kan-tapi kan. :,( Manalah alasan matiinnya itu kayak cerita yang sedikit diulang rasanya. Hihihi. Gw ngerasa kalo keseluruhan film Star Wars adalah tentang hasil dari bad parenting. 😛 Hubungan ayah dan anak yang gak berhasil gitu. Sejatinyalah kehadian seorang ayah sungguh sangat penting. Hahaha. *ditabokin penggemar Star Wars.

==========

Tapi all-in-all gw sih menikmati kok film Star Wars: The Force Awakens ini. Beneran bikin nostalgia sama masa kecil dulu. Gimana gw terkesannya sama Chewy, C-3PO dan fantasi yang ditawarkan pas gw kecil dulu dilanjutkan sama film ini. Melihat para tokoh yang menua pun bikin gw sadar kalo gw juga udah tua. Hahaha. Tidak ada yang abadi di dunia ini dan bahkan aktor Hollywoodpun memang harus menyerah sama waktu. 😛 *lebay emang.

Trailer dari film ini:

[youtube url=https://www.youtube.com/watch?v=sGbxmsDFVnE&w=450&h=380&rel=0]

Jadi buat review film Star Wars The Force Awaken ini gw kasih nilai 4 dari  5 deh. Review-review film lain yang pernah tayang di blog ini bisa dibuka di kategori review film. Kalo ada yang diobrolin monggo colek aja gw di twitter @danirachmat.

78 tanggapan untuk “Review Film Star Wars: The Force Awakens”

Filmnya baguuussss!!!
Btw, iya, tokoh utamanya yang dimatiin itu gimana banget ya rasanya. Cuma waktu itu udah ada feeling banget sih. Dalam hati aku ngomong: “Hati-hati sama lightsaber-nya!!”. Beneran kaaan, hahaha 😆

Atas permintaan mister Ford sendiri sih. Tadinya dia minta “dimatiin” di episode VI (Return of The Jedi). Tapi ga dikasih ama om Lucas. Jadi baru sekarang “dimatiin”… :3

Atas permintaan mister pemerannya sendiri sih. Tadinya dia minta “dimatiin” di episode VI (Return of The Jedi). Tapi ga dikasih ama om Lucas. Jadi baru sekarang “dimatiin”… :3
*note: komentarku sebelumnya tulung apus… Ada unsur spoilernya. Untung ada moderasi… :3

Setiap buka blogmu aku deg2an, takut kesedot OLS lagi hahaha. Daan aku ga seneng Star Wars tapi pengen ndelok idolaku, Mad Dog.Duh, mas iku keren sekali bela dirine. Ikko dan Yayan suwi ga sih Dan akting disini? Ihhh keren banget ya mereka bisa tembus main di film kelas dunia.

Nah itu Den. Gakpapa tah tak kasih tahu di sini berapa lama mereka munculnya? Hehehe.
Belanja terus lewat blog ini gapapa loh Deeen. 😛 Star Wars lumayan lah buat berfantasi Den

Balas

Nyambung-nyambung aja. Walau ceritanya kelanjutan dari cerita sebelumnya, yang ini new arc… Mulai cerita baru. Kalau mau lebih melek timelinenya paling cari-cari sinopsis/minta tulung yang udah nonton buat briefing cerita terdaulu aja. Paling 15-20 menit kelar… :3

Hihihi.. Iya, NewArc. Jadi nyambung aja emang. Saya yang emang udah agak lupa juga cari sinopsis ato buka halaman wikipedia, eh malah dapet lengkap-kap-kap ceritanya

Balas

Aku lupa sudah pernah nonton star wars nga yach dulu? Malah tadi sempat kebalik antara star wars dan star trek, yg kebayang malah star trek secara dua-duanya nontonnya sekilas semua, nga ada yg komplit. Pengen nonton hanya sekedar penasaran doang apalagi ada babe Harrison Ford (ehh ada nga yach?)

Eh iya aku jd penasaran…jd gini ya kira2 caranya bikin review film yg mengandung spoiler tp tetep bikin penasaran.. Atau ada cara bikin review film yg bgs tnpa ada spoiler sm sekali? *sori komennya bukan ttg star wars :p
.hbs nonton 2 film lama,pgn bikin reviewnya ?

sayangnya, trio the raid cuma muncul 1 scene, itupun cuma yayan yg dpt dialog (ngomong bahasa planet), iko diem aja, yg parah cecep ga ketahuan ada ngga nya. sayang banget skill trio the raid ga kepake di film ini.

Aku nggak pernah nonton Star Wars sama sekali, tapi menikmati alur cerita yang ini. Unsur fightingnya pas, cocok untuk segala usia, konfliknya pun pas. Sukak sama film ini :3

sama kayak komen Memez…dari segala ke hebohan filem ini..gue cuma penasaran ama akting Iko ama Yayan itu disini.. ceritain napaaa… hahahaha 😀

Masalah keluarga yg bikin repot segalaksi..: Starwars. Sejak diambil Disney ya gitu deh. Jagoannya jd cewek. Krn jagoan cewek lbh profitable dlm pemasukan film. Seri VII lumayan menghibur tapi ceritanya de ja vu sama episode2 lawas..diulang2 gitu.
btw. Knp ga ntn eps I, II, III? Not that bad. My fave is eps. III.Selain eps V tentunya. Efek bagus dan nggak ada boneka muppet nya hihihik

Hihihi.. Iyeeesss. Sekeluarga bikin rusuh. Bad parenting ya Fi? 😛
Btw emang ya, tokoh cewek lebih menguntungkan. Dan ceritanya emang mirip eps. IV A New Hope ini. Cuman ganti tokoh utama dan modifikasi dikitt aja ceritanya 😀

Balas

Saya belum pernah kenal Star Wars Mas… tapi pastinya film ini punya dunianya sendiri sampai banyak yang sampai fanatik dan mencoba membawa pernak-perniknya ke dunia nyata ya :hehe. Saya tahunya cuma film ini memang salah satu serial terbesar dan membekas pada masanya, sampai jadi sebuah fandom dan semua orang punya teori soal ini itu (baca postingan Mbak Crystal kemarin :hehe). Kehadiran film baru ini pasti akan ditunggu banget yah kalau begitu :hehe.

Hihihi.. Bener Gar. Film ini sudah ngena banget buat banyak orang. Banyak loh yang tumbuh dengan film ini. Masa kecil mereka di tahun 70-80an diisi dengan episode IV, V dan VI dan masa dewasa mereka diisi dengan I, II dan III, dan sekarang anak mereka disuguhin yang ke VII. Gak nonton Gar?

Balas

Kayaknya seru…tapi aku belum pernah nonton yang sebelum2nya. Kira2 kl nonton yang bagian ke VII ini bakalan ngerti ngga ya?

agak sebel juga waktu han tewas…. dan kenapa si luke menghilang masih belum jelas ya

Iyaaa… sebel kan ya, tapi katanya permintaan dari si Om pemerannya sendiri dia dibikin mati. Btw alasan kenapa Lukenya ngilang dijelasin kalo gak salah di filmnya. 😀

Balas

Aku barusan nonton hahaha! Bagus! Iko Uwais munculnya sebentir banget, tapi katanya doi yang jadi pengarah aksi berantem-berantemnya alias aksi martial art-nya. Dese terkenal soal itu sampai ke LN. Bener ga sih? Aku sendiri belum googling. Denger kata temen.

aku nonton film ini karena nemenin ponakan Mas Dani!! Terus jadi penasaran dengan episode star wars sebelumnya 😀
so far filmnya emang menghibur banget, yah walaupun ya ini satu keluarga besar bikin rusuh satu galaxy :))))

Walopun gak paham per-starwars-an, aku enjoy aja nontonnya. Meski di akhir nanya2 ke anak dan disodorin buku tebel “Star Wars: The Ultimate Visual Guide biar paham, dan males bacanya. Beneran enjoy dan ngakak pas aktor Indonesia tau2 dimakan monster dalam hitungan bbrp menit aja. Puk puk Ikko.

Hihihihi… Saya kebayang deh anaknya Mbak Anne gimana nyodorinnya 😀
Iyaaa saya juga ternganga waktu monsternya keluar itu. Hahahaha 😀
Btw maap belom mampir ke postingan review di blog njenengan yaaaa/

Balas

gw pengen nonton lagi dan, besok liburan ah mau nyerbu Star Wars, kudu wajib nonton ulang, seruuuu banget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *