Kategori
Perencanaan Keuangan

5 Hal Harus Diketahui Tentang Pinjaman Tanpa Agunan

Tergoda untuk mengambil pinjaman tanpa agunan? Baca ini untuk tahu 5 hal yang harus diketahui tentang pinjaman tanpa agunan ini.

Postingan yang ngebahas 5 hal harus diketahui tentang pinjaman tanpa agunan ini ditulis JUGA Berdasarkan pengalaman pribadi. Bahahaha! Pengakuan deh ini.

IYAAA, gw pernah pake KTA. Meskipun gw gencar promosi tentang reksadana, gw juga tahu dan pernah pake KTA. Dan tulisan ini perdana ngebahas tentang KTA karena kemaren di grup rame ngebahas tentang fasilitas pinjaman yang luar biyasak gampang ini. Kayaknya manteman lagi rame dapet tawaran lewat SMS atau lewat telepon. Aselik, tawaran KTA kan menggiurkan kan ya. Proses sehari jadi. Selesai dalam tempo sesingkat-singkatnya.

Ekspresi Waktu Pinjaman Tanpa Agunan Diapprove

Gw dulu pake KTA Mandiri karena proses yang warbiyasak cepet. Maklum, pegawai bank yang sama jaman dulu itu. Jadi gak ada proses verifikasi ke rumah gw lalalili, tiba-tiba duit langsung cair sekian puluh juta. Bahahahaha. Berasa horangkayah deh dulu.

Disclaimer: Postingan ini bukan postingan berbayar dan penyebutan nama bank di sini bukan rekomendasi untuk penggunaan kredit dimaksud. Silahkan cek halaman disclaimer untuk disclaimer lengkap blog ini.

Awal dulu suka bingung kenapa kok tiba-tiba ditawarin duit sampe puluhan juta rupiah tanpa proses ribet berbelit-belit. Ya namapun manusia hidup butuh duit kan yes? Ada yang nawarin ya ambil ajalah itu mumpung ada yang kasih! Not!

Sebelum kalian ajukan pinjaman KTA atau terima tawaran pinjaman tanpa agunanp, pastikan kalian benar-benar tahu tentang KTA ini.

Inilah 5 Hal Harus Diketahui Tentang Pinjaman Tanpa Agunan:

1. A di KTA itu Menunjuk Ke Agunan bukan Angsuran

Hahahaha! Seriously, A dari KTA itu Agunan, jadi KTA itu kepanjangannya Kredit TANPA Agunan. Agunan itu jaminan, collateral. Kalo pinjem ke bank harus ada jaminannya kan yes? Memang ada sih pinjaman tanpa angsuran yang mana langsung bayar duit yang dihutang pas jatuh tempo, tapi percayalah bukan itu kasusnya untuk KTA. 😀

KTA ini pinjaman tanpa agunan dari bank yang langsung dikasih ke kita tanpa harus sediain jaminan berupa rumah, tanah, duit, emas atau apapun. Duit langsung dikasih ke kita. Enak dong? Enak banget, gak perlu kuatir mikirin nanti rumah atau bangunan buat dijadiin jaminan. Kan biasanya yang paling ribet dari proses kredit adalah jaminannya kan ya (selain bayar angsurannya sih :P)? Proses pengikatan jaminan kadang butuh cek ke BPN dan sebagainya.

Jadi kalo sewaktu-waktu terima ucapan selamat dan ditawarin pinjaman lewat telepon tanpa harus kasih jaminan atau apapun, inget-inget itu bisa jadi KTA.

2. Risiko Peminjam Tercermin di Bunga

Kenapa sih jaminan penting? Karena oh karena bank melindungi risiko yang harus mereka hadapi dengan jaminan yang mereka terima. Jadi kayak misalkan KPR  buat beli rumah, ya rumah yang dikredit ke bank itu jadi jaminannya. Kalo misalkan sewaktu-waktu orang yang berhutang itu gak mampu bayar, bank tinggal jual rumah. Masalah selesai.

Lha kalo pinjaman tanpa agunan? tanpa jaminan kayak KTA gini? Ya bank bener-bener kudu rely sama si peminjam. Kalo misalkan si peminjamnya kabur ya udah deh.

Di sinilah bank kemudian ngitung dengan formula super canggih mereka besaran risiko buat produk KTA dan berdasarkan probabilitas yang ada, mereka tentukan risiko yang bisa mereka terima dan tingkat risiko itu diwujudkan dalam bentuk bunga pinjaman! Yak! Itulah kenapa bunga pinjaman KTA jauh lebih tinggi dibandingkan kredit yang lain. Malah kalo bisa dibilang bunga KTA adalah yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis pinjaman lain.

Suku Bunga Pinjaman Tanpa Agunan itu Mengejutkan

3. Lebih Cepet Disetujui Kalau Pegawai Kerja di Perusahaan yang Kerja Sama dengan Bank

Jadi, triknya kalo mau ngajuin KTA, usahakan kerja selama minimal setahun (tergantung banknya sih menetapkan minimal berapa lama periode kerjanya) di sebuah perusahaan. Baru apply KTA. Kenapa? Karena bank pengen ngelihat kestabilan penghasilan buat pembayaran ke depannya.

Lebih cepet lagi kalo misalkan ngajuin KTAnya ke bank yang kerjasama dengan perusahaan tempat kita kerja. Misalkan aja kantor/perusahaan pembayaran gajinya lewat Mandiri, kemungkinan akan lebih besar mengajukan KTA Mandiri dan seterusnya dan sejenisnya.

Kenapa begitu? Karena mereka akan lebih mudah untuk cek mutasi rekening dan atau kemudian proses pendebetan otomatis. Kalau misalkan yang apply ga punya slip gaji, gak kerja di perusahaan yang kerjasama dan gak punya bukti dana mengendap di bank?

4. Suku Bunga Flat

Ini nih yang paling suka bikin orang kepincut sama KTA. Marketingnya dengan menyebutkan suku bunga flat waktu nelepon.

“Selamat Pak!  Bapak terpilih untum dapat fasilitas uang tunai sebesar Rp. 50 juta dengan bunga cuma 1.15% per bulan. Cicilannya ringan loh Pak… “

Nah kalo ditelepon gitu kan kedengernya mursida toh ya.  Setahun cuma 13.8% setahun.  Tapi inget itu bunga flat yang dipakai.  Maksudnya flat adalah bunga langsung dikalikan dengan jangka waktu dan nominal pinjaman.  Jadi hitungan totalnya loan bakalan kek gini:

Jumlah loan + (Jumlah loan x bunga flat x jangka waktu)

Ekspresi waktu tahu Bunga Efektif Pinjaman Tanpa Agunan

Jadi meskipun sudah jalan dua tahun dan sudah ngangsur, penghitungan bunga tetap dikenakan ke saldo pinjaman awal. Ini bedanya dengan bunga efektif. Karena bunga efektif adalah benar-benar perhitungan terhadap saldo pokok terhutang, angkanya akan lebih besar kalo dibandingkan dengan bunga flat.

5. Lebih Pendek Lebih Baik

Yes, kalo misalkan memang harus ambil KTA, lebih pendek jangka waktunya lebih baik. Berlawanan sama investasi yang semakin lama semakin baik, apalagi kalau investasi di pasar modal. Maksudnya lebih baik gimana ini Dan? Dalam hal lebih cepet selesai dan bunga yang harus dibayar lebih kecil. Inget kan ya yang dikenakan adalah suku bunga flat yang dihitungnya berdasarkan pokok pinjaman awal.

Selain itu, lebih baik mengambil jangka waktu lebih pendek karena pinjaman tanpa agunan ini umumnya tidak bisa dibayar lebih awal tanpa dikenakan penalty. Jadi kalo sudah kadung ambil KTA untuk jangka waktu tertentu, mending bayar saja angsurannya sampai selesai karena kalo mau dilunasi lebih cepat bakalan diminta bayar sisa angsuran yang belom kebayar dan dikenakan penalty sekian-sekian-sekian yang mending terusin ajadeh itu pinjeman.

Semakin lama jangka waktu pinjaman, semakin rugi kita dan semakin bangkrut deh.

Bankrut kalo pinjaman tanpa agunan jangka waktunya lama

======

Inget ya, KTA diambil untuk bisa lunas secepat mungkin, bukan sepanjang mungkin sampe-sampe gak bisa nyiapin dana yang bisa jadi paling penting buat disiapkan. Nah ini nih bisa jadi salah satu tambahan dari 9 hal yang bikin kalian percuma baca-baca tentang reksadana! Suka minjem duit lewat KTA! 😀 Kenapa kok percuma? Karena selama ada KTA, sayang aja duitnya dimasukin ke reksadana, mendingan ditabung buat ngelunasin KTAnya atau di reksadana disimpen sementara aja sampe waktunya bayar cicilan KTA. 😀

Gw bilang kalo KTA boleh-boleh aja sudah siapkan pembayaran dan sudah tahu ketentuannya.

Sekarang sih masih kepikiran yang ini aja. Kira-kira manteman ada info lain yang mau dishare atau poin penting yang gw kelewat gitu gak di postingan 5 Hal Harus Diketahui Tentang Pinjaman Tanpa Agunan ini? Kalo ada silahkan ditambahkan ke kolom komentas atau kalau nggak ya mensyen twitter gw di @danirachmat.

57 tanggapan untuk “5 Hal Harus Diketahui Tentang Pinjaman Tanpa Agunan”

Saya rasa gak ada bank yang mau memberikan pinjaman tanpa agunan, 🙂
Saudara saya mengajukan pinjaman ke bank be er i (ga mau sebut merek, hehehe..) tetap aja diminta agunan. Padahal nasabah disana. Pernah minjam juga disana, bayar tiap bulan dan lunas. Pihak bank juga udah tau ndese pns. Tapi pinjaman keukeuh kudu ada jaminan, hehehe… #curcol

trusnya yaa …marketer KTA itu gencarnyaaa ampun2an dah nawarinnya bok…
kalo gue blg lg ga butuh, terus aja digencer ama cara lain..salut sih ama perjuangannya hihihihi

wah point nomor 2 baru tahu. pantesan untuk pinjaman yang sama, KTA dengan pinjaman jaminan (SK PNS misalnya) bisa dapet cicilan yang berbeda. KTA lebih tinggi..
hehehe..

nice info mas. Tapi KTA menang di syarat2 yang ringan sih. Gak perlu ribet urus ini itu dan minta tanda tangan sana sini ya
😀

Untunglah belum pernah dapat tawaran KTA ini. Ternyata bedanya bunga flat dan efektif tuh itu ya Mas. Hmm hmm.. Brarti kalau mau beli properti misalnya, dengan jangka waktu cicilan diproyeksikan lebih dr 5 tahun sebaiknya KPA aja ya Mas?

Kalau untuk beli properti apapun sebaiknya pake kredit yang bersesuaian aja Mbak Nia. Kalo Apartemen ya KPA, kalo rumah ya KPR. Hihihi. Biar sesuai itung-itungannya 😀

Balas

Menurut gw sih gak menzhalimi Nit. Bank state dari awal kalau rate bunga sekian-sekian (which is emang mahal banget) dan persyaratan juga dicantumkan di awal. Trus prosesnya emang cepet banget gak pake ribet apapun dan gak perlu ada jaminan (yang biasanya pengurusan jaminan ini ribet abis dengan biaya mahal dari sisi nasabah). Nah kalo nasabahnya emang kepepet dan butuh ya memang sudah di disclose kan ya. Sementara kalo zhalim menurut gw nih ya persyaratan dan lainnya gak diungkapkan dan nasabah mau gak mau harus mau. 😀 Sedangkan ini keputusan sepenuhnya ada di tangan nasabah. 😛

Balas

Kalo itu juga disampaikan di awal Nit. Gara-gara klausul itu pinjaman yang mau gw ambil 3 tahun gw pendekin jadi 18 bulan. 😀

Emang deh..nih tawaran bejibun. Tapi aku lebih suka KTA ke temen..wkkwkw. belanja di marketplace yg ngasi cicilan 0% minjem kartu kredit mereka hahahah

Huweeeee. Baiknya temennya. Hihihi. Pasti karena dirimu tak pernah ingkar janji juga ya Bu Inayah. ada tuh temenku minjem duit, giliran ditagih galakan dianya. 😀

Balas

Gue kayaknya dulu sempet deh nyaris ambil KTA karena liat bayarnya flat perbulan. Tapi untunglaaaah ga jadi dan ambil cicilan dari koperasi kantor aja yang lebih bersahabat (kayaknya) hahaha..

Tapi tipe2 KTA gini banyak banget juga nih Dan ditawarin di Swedia. Tinggal pake app atau telpon doang gitu bisa langsung pinjem bbrp ribu kronor.. Aku mah serem kalo gampang minjemnya.. belum tentu gampang dibalikinnya lagi.. 🙁

Wuiiih, kebayang Be kalo di sana. Banking systemnya udah canggih banget kan, jadi pasti jadi jauh lebih gampang pinjeman semacem KTA gini ya… Apa gw pernah baca ya betapa di negara eropa gampang banget buat dapetin loan tapi ya itu banknya ngerasa aman karena banking systemnya udah ok.

Balas

Benul mas..KTA cucok buat yang mo buka bisnis dan kurang dana..
Unggul di kecepatannya..tp ada lagi tu yang lebih cepet.
Klo ga salah KTA tapi dgn kartu kredit, dan bunganya setara KTA konvensional
saya lupa istilahnya

Oiya ini lagi marak ditawarin juga Om, Ready Credit kalo istilah satu bank. Tapi emang kalo bisnisnya kira-kira returnya lebih gede sih bisa banget dimanfaatkan ni KTA dan atau pinjaman kartu kredit ini..

Balas

Beberapa kali dpt SMS ttg pinjaman KTA ini,
Pertama kali (dulunya), gak percaya dan ngira hoax, masa sih ngasih pinjaman tanpa agunan?
SElanjutnya ditawarin teman dan dijelasin. Yg jadi pertanyaanku ke teman: kalau aku pinjam KTA, trs tdk digunakan utk usaha, kan aku sendiri yg kerepotan kuadrat.”

Oia, suami juga pernah dihubungi dr salah satu bank yg nawarin KTA ini. Kata suami, kalau KTA bisa-bisa bunganya jauh lebih tinggi daripada pinjaman biasa

kesimpulannya gak berani ambil KTA

Kalau tidak salah, BI checking menjadi poin penting dalam pertimbangan pemberian KTA. Bila ingin permohonan kita dikabulkan, trade record kita di bank juga harus baik. Kalau keseringan nunggak bayar kartu kredit misalnya, bakal susah deh dapatnya.

Di atas itu semua, memang kudu bijak dalam mengambil pinjaman ke bank, apapun bentuknya. Jangan sampai kita terjebak oleh situasi yang kita sesali kemudian. Jangan sampai kita akhirnya menyamakan bank yg dulunya “baik”, menjadi tidak lebih dari sesosok “rentenir”.

Terima kasih untuk sharingnya, Dani.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *