Kategori
Investasi Saham

7 Buku Investasi Saham yang Boleh Kamu Baca Sebelum Mulai Terjun ke Pasar Modal

Tertarik untuk mencoba investasi saham? Sebelum langsung terjun, kamu perlu menginvestasikan waktu untuk memahami cara kerja saham dan strategi yang tepat. Salah satu sumber informasi untuk mempelajarinya yaitu lewat buku investasi saham.

Untuk belajar saham, bagi pemula, memang susah-susah gampang. Tak ada yang cara instan untuk paham tentang saham selain dengan banyak membaca, berdiskusi, atau ikut pelatihan mengenai investasi saham.

Jangan khawatir, kamu bisa mencari informasi terkait investasi saham hingga cara kerja pasar saham dengan mudah di era digital seperti saat ini, Ada banyak website, seminar, maupun buku yang dapat menambah wawasan dan cocok untuk pemula.

Nah, sebagai permulaan, kamu bisa mulai dengan membaca berbagai rekomendasi buku investasi saham berikut ini.

Rekomendasi Buku Investasi Saham

Saat ini banyak buku investasi saham yang memberikan gambaran detail terkait saham. Tak jarang buku-buku yang dikhususkan untuk pemula sehingga lebih mudah dipahami. Simak berikut ini!

1. Rich Dad, Poor Dad oleh Robert Kiyosaki

Rekomendasi buku investasi saham pemula yang pertama yaitu Rich Dad, Poor Dad yang sangat pas untuk pemula dengan bahasa yang mudah dimengerti. Robert Kiyosaki menekankan pentingnya finansial dalam kehidupan dan strategi mencapai kebebasan finansial.

Baginya, seseorang butuh aset yang dapat menambah pendapatan mereka bukan mengurangi. Karena itu, investasi adalah cara terbaik untuk memperoleh keuntungan dan menciptakan kebebasan finansial di masa mendatang.

Kembali ke atas

2. Smart Trader Rich Investor oleh Ellen May

Ellen May menjawab berbagai pertanyaan dasar mulai dari mengapa investasi penting untuk dilakukan, mengapa harus saham, bagaimana cara membeli saham, jenis-jenis saham, dan hal lain terkait pasar modal.

Sebagai informasi, Ellen May merupakan pakar dan praktisi pasar modal Indonesia. Ini merupakan rekomendasi buku saham terbaik dalam bahasa Indonesia yang mudah dipahami dan cocok untuk investor pemula.

Selain pemaparan Ellen dengan bahasa yang ringan, beberapa bagian di buku investasi saham ini dikemas dengan gambaran atau komik sehingga lebih menarik untuk dipelajari.

Kembali ke atas

3. The Four Pillars of Investing : Lessons for Building a Winning Portfolio oleh William J. Bernstein

Buku investasi saham ini akan mengajarkan kamu bagaimana membangun portofolio investasi yang solid. Setidaknya ada empat topik penting yang harus dikuasai setiap investor, yaitu hubungan antara risiko dan imbalan, perkembangan pasar modal, psikologi investor dan pasar, dan memilih tokoh nasihat keuangan yang kredibel.

Dengan pendekatannya yang lugas dan menggunakan contoh kehidupan nyata, Bernstein membuka pikiran untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi di industri keuangan saat ini dan bagaimana kamu dapat membangun kekayaan sambil mengendalikan risiko.

Kembali ke atas

4. The Essays of Warren Buffett: Lessons For Corporate America oleh Warren Buffett

Warren Buffett dikenal sebagai investor modern terbaik. Ia merupakan CEO Berkshire Hathaway selama lebih dari 50 tahun. Berkshire Hathaway adalah perusahaan yang berinvestasi dalam bisnis berkualitas tinggi dengan potensi pertumbuhan yang kuat.

Buku investasi saham ini merupakan karya esai Buffett, ia memberikan perspektif berbagai topik saham termasuk analisis teknikal saham. Pembahasan dalam buku ini lebih cocok untuk manajemen perusahaan dan pemegang saham.

Materi yang dijelaskan mencakup berbagai tata kelola perusahaan, keuangan, investasi, akuisisi, akuntansi, termasuk kebijakan pajak. Semua ia uraikan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pemula.

Kembali ke atas

5. The Behavioral Investor by Daniel Crosby

Untuk menjadi investor yang sukses, kamu tidak hanya perlu menguasai investasi, tetapi juga emosi. Kabar baiknya adalah ada orang-orang seperti Crosby, seorang psikolog dan pakar keuangan perilaku, yang telah melakukan penelitian untuk memahami mengapa uang kita membuat kita begitu bersemangat.

Dan yang terbaik, Crosby membagikan penelitiannya dalam bukunya. “The Behavioral Investor” akan memandu kamu dalam mengidentifikasi titik-titik buta perilaku kamu sebagai investor dan bagaimana mencegahnya agar tidak menggagalkan tujuan investasi kamu.

Kembali ke atas

6. Making the Most of Your Money oleh Jane Bryant Quinn

Investor pemula benar-benar perlu membaca buku ini, meskipun ini bukan buku khusus investasi. Buku ini dinobatkan sebagai salah satu buku keuangan pribadi terbaik. Karya Quinn ini mencakup semua yang perlu diketahui agar kehidupan keuangan berjalan sesuai rencana, termasuk cara berinvestasi.

Buku ini akan membimbing kamu melalui setiap tahap kehidupan, dari pekerjaan pertama, memulai sebuah keluarga hingga pensiun, dan memaparkan pro dan kontra dari setiap keputusan keuangan besar yang akan dihadapi di sepanjang jalan. Quinn adalah salah satu ahli keuangan terbaik.

Kembali ke atas

7. The Intelligent Investor oleh Benjamin Graham

Buku ini mungkin merupakan buku investasi saham untuk mengatur semuanya. Bahkan Warren Buffett menyebutnya “buku terbaik tentang investasi yang pernah ditulis.” Namun, buku ini tidaklah ringan sama sekali. Dengan 640 halaman, ini adalah buku terpanjang dalam daftar ini.

Tetapi jangan biarkan hal itu menghalangi kamu; bayangkan saja kamu sedang membaca buku Harry Potter yang berjilid-jilid. Sang penulis, Graham, menjelaskan bagaimana menganalisis investasi, prinsip-prinsip investasi, dan perbandingan berbagai pilihan investasi. Singkatnya, buku ini mencakup semua yang perlu diketahui investor pemula tentang investasi.

Kembali ke atas

Itu tadi rekomendasi beberapa buku investasi saham terbaik yang sangat disarankan untuk investor pemula. Kalau kamu, sudah baca buku investasi saham yang mana?

Nah, kalau memang kamu ingin berinvestasi, jangan lupakan pelajaran keuangan yang paling dasar: sehatkan dulu cash flow kamu. Pasalnya, tanpa cash flow yang sehat dan positif, nantinya perjalanan berinvestasi kamu akan terganggu.

So, pastikan, selain 7 rekomendasi buku investasi saham di atas, kamu juga membaca ebook satu ini.

Ebook Kemerdekaan Finansial Level #1: Arus Kas Positif & Budgeting, termasuk alat cek kesehatan keuangan & budgeting + contoh pengisian. Hanya Rp47.770, cara belinya tinggal klik saja button di bawah ini, dan ikuti petunjuk berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version