Kategori
Emas Investasi

Cara Investasi Emas yang Menguntungkan dan Mudah bagi Pemula

Sudah baca kan, artikel kemarin tentang cara investasi emas yang masih menguntungkan di zaman new economy? Yes, so, investasi emas tetap bisa menjadi salah satu opsi buat kamu, terutama untuk melindungi nilai aset.

Yah, meskipun enggak agresif sih, namanya juga melindungi aset. Jadi memang harus dipegang dalam jangka waktu panjang.

Di zaman dengan tuntutan serbacepat dan serbapraktis seperti sekarang ini, cara investasi emas juga tetap bisa kok disesuaikan. Semakin banyak tempat untuk mendapatkan, pun bisa dibeli dengan cara apa pun. Mau beli tunai bisa, mau pake sistem nabung bisa.

Pun juga bisa kalau kamu mau menerapkan strategi dollar cost averaging sebagai cara investasi emas kamu. Wah, bisa juga dengan sistem dollar cost averaging? Bisa dong. Nanti kita jelaskan lebih detail di bawah ya.

So, buat kamu yang pengin tahu cara investasi emas yang paling mudah dilakukan untuk pemula, ini dia yang harus kamu lakukan.

Cara Investasi Emas yang Paling Mudah – Investor Pemula juga Pasti Bisa Segera Punya Banyak

1. Pilih bentuk emas

Ada banyak pilihan sih sekarang. Kamu mau emas dalam bentuk logam mulia asli—yang batangan gitu—atau mau tabungan emas lewat aplikasi marketplace atau pegadaian, emas dinar juga ada. Bahkan kamu juga boleh kok misalkan memang memutuskan lebih suka mengoleksi perhiasan emas. Nggak salah kan? Enggak. Semua kembali ke tujuan dan kebutuhan masing-masing.

Misalkan, kamu akhirnya memutuskan untuk punya saham emiten produsen emas aja juga nggak masalah. Sekali lagi, sesuaikan dengan tujuan, sadari risikonya, lakukan analisisnya.

So, misalkan kamu akhirnya memilih cara investasi emas dalam bentuk logam mulia, maka selanjutnya tempat penyimpanannya harus mulai kamu pikirkan. Kalau baru sekeping dua keping, ya disimpan dalam safety box sendiri di rumah sih enggak masalah. Tapi kalau sudah banyak, kamu perlu mempertimbangkan untuk sewa deposit box di bank atau di Butik Emas. Begitu juga kalau kamu memutuskan untuk koleksi perhiasan emas.

Kalau mau bebas persoalan penyimpanan sih, kamu bisa pilih cara investasi emas online di marketplace. Kamu bisa nabung dalam nominal kecil, lalu kalau mau dicetak juga bisa nantinya. Tapi perlu ongkos lagi ya. Mau dijual kapan saja juga nggak masalah.

Kembali ke atas

2. Pantau harga emas

Seperti layaknya investasi lain, cara investasi emas yang benar juga menuntutmu untuk melakukan monitor dan review berkala. Apalagi harga emas juga fluktuatif. Ada naik turunnya, meski nggak sedrastis saham ataupun crypto.

Ini berlaku kalau misalnya kamu sudah ancang-ancang untuk menjualnya. Mungkin kamu butuh dana likuid, atau karena memang sudah mendekati jatuh tempo tujuan keuanganmu.

3. Dollar Cost Averaging

Nah, ini yang sudah sempat disebut di atas tadi.

Cara investasi emas dengan strategi dollar cost averaging ini sangat cocok dilakukan oleh para pemula. Dengan strategi ini, kamu bisa mengalokasikan sejumlah dana yang tetap dalam jangka waktu yang kamu tentukan sendiri.

Misalnya, sebulan sekali, kamu mengalokasikan Rp2 juta untuk beli emas. Maka ketika harga emas rendah, kamu akan bisa mendapatkan jumlah emas yang banyak. Sedangkan, kalau harga emas tinggi, kamu bisa beli sedikit saja, sesuai alokasinya. Tentukan horizon waktunya, dan kamu bisa cairkan sesuai rencana.

Ini istilahnya kamu membeli emas secara harga rata-rata, yang bisa menjadi salah satu trik untuk mengatasi fluktuasi harga emas yang bisa terjadi ke depannya.

Mulailah dari nominal kecil. Seiring waktu—seiring bertambahnya income yang bisa kamu dapatkan (Amin?)—kamu bisa meningkatkan rasio tabungan emasmu. Ingat, nggak usah buru-buru langsung cuan besar, karena toh emas juga kurang oke kalau dimanfaatkan sebagai instrumen investasi di bawah 5 tahun.

Kembali ke atas

4. Hanya membeli di tempat resmi

Memang sekarang banyak cara investasi emas ditawarkan. Nggak kayak dulu, yang satu-satunya untuk dapetin emas, kamu mesti jalan ke toko emas. Sekarang kamu bisa ke Butik Emas, memesan online via Galeri 24, atau bisa ke marketplace—sambil belanja, sambil nabung emas.

Apakah selain di tempat-tempat itu nggak bisa? Well, ke depannya nggak tahu juga sih, tapi yang pasti, kamu harus berhati-hati.

Emas adalah komoditi yang berharga, so bakalan banyak oknum yang akan memanfaatkannya demi keuntungan mereka sendiri. Kita nggak pernah berharap, kita bisa jadi korban dalam hal ini ya.

Jadi, lebih baik pastikan kamu hanya membeli dari pihak yang legit. Saat artikel ini ditulis sih emas logam mulia asli hanya bisa didapatkan di Butik Emas, Pegadaian, Galeri 24, dan marketplace. Tak semua toko emas menyediakan logam mulia dalam bentuk batangan. Kamu mesti mencari toko emas yang bereputasi untuk hal ini.

Kalau membeli emas secara online, misalnya via aplikasi tertentu, cek apakah perusahaan pemilik aplikasi terdaftar di BAPPEBTI.

Kembali ke atas

5. Tentukan tujuan investasi

Seperti halnya investasi instrumen lainnya, seharusnya hal ini juga kamu lakukan di awal. Ini juga menjadi cara investasi emas yang sangat penting untuk kamu lakukan.

Mau dipakai untuk apa emasnya? Untuk dana pensiun? Dana pendidikan anak? Dana DP rumah? Ini artinya kamu juga harus memikirkan dengan skema bagaimana kamu akan memindahkannya menjadi lebih likuid, ketika sudah hampir tiba waktunya kamu mengeksekusi rencanamu.

Katakan saja, untuk dana pendidikan anak. Maka setidaknya 1 -2 tahun sebelumnya, kamu sudah harus mulai ancang-ancang untuk menjualnya, dan menjadikannya dana segar. Ini penting, karena emas juga relatif sulit untuk dijual. Apalagi jika gramasinya besar.

Nah, itu dia cara investasi emas yang paling mudah untuk pemula. Semoga dengan begini, hasil yang bisa kamu dapatkan dari investasi emas bisa maksimal ya.

Selamat mencoba mengais cuan dari investasi emas!

Satu tanggapan untuk “Cara Investasi Emas yang Menguntungkan dan Mudah bagi Pemula”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *