Kategori
Crypto Investasi

Cara Investasi Kripto saat Bear Market

Mendapatkan keuntungan dari cara investasi kripto tampak semakin menantang akhir-akhir ini. Maklum, lagi bearish alias bear market banget. Bahkan banyak yang menyebutnya sebagai crypto crash, atau keruntuhan kripto.

Meski demikian, masih banyak pula yang menaruh harapan besar untuk investasi aset kripto. It’s just another cycle, katanya. Nggak bisa kalau naik terus, tambahnya. Gimana menurutmu? Apakah kamu juga menganggapnya sebagai bagian dari siklus semata?

Dan, apa itu bear market? Lebih tepatnya, apa itu bear market di pasar kripto? Dan, bagaimana cara investasi kripto yang bisa dilakukan saat bear market, agar bisa survive?

Yuk, kita pelajari!

Apa Itu Bear Market?

Bear market adalah pasar yang harga komoditasnya sedang merosot drastis, lebih dari 20 persen. Karena anjlok ini, maka sering kali bear market juga diiringi dengan aksi jual aset oleh para investor yang panik, sehingga kadang ya malah jadi memperparah kondisi pasar.

Penyebab bear market pada umumnya adalah adanya sentimen negatif pada para investor, bisa jadi karena memang ekonomi yang sedang menurun, ataupun berbagai isu lain.

Saat bear market terjadi di pasar saham, banyak investor atau trader besar yang sudah berpengalaman bisa memprediksinya datang. Tetapi, sampai dengan saat ini, belum pernah ada orang yang bisa menduga kapan tren bearish akan terjadi pada pasar kripto. Pasalnya, pasar kripto itu sendiri merupakan pasar yang baru saja terbentuk, sehingga masih sangat sensitif dan volatil. Belum ada pola yang bisa ditelusuri, seperti halnya pola tren pasar saham.

Penurunan tren pasar kripto mencapai dua digit belakangan. Saat artikel ini ditulis, dari data coinmarketcap, bitcoin ada pada harga USD 21.000. Angka ini justru naik, karena pada beberapa hari sebelumnya, harga bitcoin adalah sekitar USD 19.000. Padahal di sekitar bulan April 2021, harga bitcoin hampir menyentuh USD 60.000 per koinnya. Meski demikian, masih banyak yang berharap bahwa bitcoin bisa rebound secepatnya. Pasalnya, bahkan bitcoin pernah seharga USD 3.500 juga. Dengan fakta ini, maka bisa saja disimpulkan bahwa investasi bitcoin belum bisa dikatakan berakhir eranya.

Lalu, bagaimana cara investasi kripto di saat pasar bearish seperti ini? Berikut beberapa tipnya yang bisa kamu coba.

Kembali ke atas

Cara Investasi Kripto saat Pasar Bearish

Lakukan Dollar Cost Averaging

Cara investasi kripto pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan dollar cost averaging, yang memungkinkanmu membeli mata uang digital ini dengan nominal lebih kecil.

Misalnya, kamu punya dana dingin sebesar Rp500 juta dan pengin diinvestasikan pada aset kripto. Kamu bisa memecahkan menjadi 5 tranche senilai Rp100 juta, atau 10 tranche senilai Rp50 juta. Dengan pecahan ini, kamu bisa membeli bitcoin atau mata uang kripto lainnya yang sudah kamu analisis selama 5 bulan atau 10 bulan, sembari menunggu pasar rebound.

Sesungguhnya, memang sulit untuk bisa memberikan prediksi pasar rebound. Jadi, hematlah dana sebisa mungkin, dan jangan habiskan dana investasi sekaligus.

Dengan membeli pada nominal kecil, kamu bisa memantau perkembangannya dengan lebih baik, pun tidak terlalu terpengaruh oleh naik turunnya harga aset.

Kembali ke atas

Buy the dip

Saat bear market terjadi, biasanya investor dan trader akan melakukan hold aset demi mencegah kerugian yang semakin besar. Sementara, yang masih punya amunisi, alias modal investasi yang besar, akan melakukan buy the dip.

Di dunia kripto, buy the dip artinya membeli sejumlah aset saat pasar mengalami penurunan nilai yang signifikan. Strategi ini berubah menjadi peluang yang sangat baik jika pasar nantinya rebound. Namun, kamu harus memastikan, bahwa amunisimu benar-benar cukup, tanpa harus mengganggu kebutuhan hidup lain yang sangat penting.

Short selling

Short selling pada aset kripto artinya cara investasi kripto yang memungkinkan trader menjual aset yang nantinya bisa dibeli lagi pada harga yang sangat murah. Jika dilakukan dengan benar, metode short selling ini bisa memberikan keuntungan besar loh, untuk trader, meskipun risikonya juga cukup tinggi. Biasanya teknik ini dipakai ketika trader yakin, sebuah aset akan mengalami penurunan.

Kembali ke atas

Jangan panic selling

Emosi memang bisa jadi tak terkendali saat kita menyaksikan bear market terjadi, pada instrumen apa pin. Pengelolaan emosi memang menjadi hal tersulit yang dilakukan oleh seorang trader ataupun investor dalam menghadapi pergerakan pasar.

Saat bear market terjadi, barangkali kamu ditekan untuk bisa mengurangi potensi kerugian akibat harga aset yang turun drastis. Tapi, coba dipikirkan lagi secara mendalam, apakah keputusan ini akan berdampak baik di masa depan.

Kelola emosi dengan baik, agar kamu bisa mengambil keputusan dengan tepat. Analisislah, mengapa harga aset bisa turun. Gali lebih dalam alasannya. Carilah solusi terbaik versimu sendiri, yang tidak hanya ikut-ikutan arus saja.

Kembali ke atas

Diversifikasi

Saat ini ada ribuan mata uang kripto diperdagangkan di pasar kripto. Lakukan diversifikasi pada beberapa aset kripto, setelah sebelumnya melakukan analisis dan memilih yang berfundamental bagus.

Jika memang kamu hendak membeli lagi aset kripto untuk tujuan diversifikasi, perhatikan beberapa hal berikut:

Performa

Amati statistik historis harga asetnya. Di beberapa aplikasi trading kripto, biasanya akan ada fitur trading view untuk bisa dimanfaatkan untuk menelusuri jejak aset sebelumnya. Lihat, apakah aset yang kamu incar tersebut bergerak rata-rata seperti aset lain, atau bisa mengungguli di satu dan lain waktu? Meski demikian, kamu juga harus ingat, bahwa data historis tidak bisa menjadi jaminan untuk pergerakan harga di masa mendatang ya.

Roadmap

Telusuri roadmap aset yang kamu incar. Di situ kamu bisa menemukan apakah aset yang bersangkutan memiliki potensi baik di masa depan atau tidak. Apakah ada rencana mereka mengembangkan project-project yang epik, apakah ada rencana untuk kemitraan baru, ataukah ada rencana untuk meluncurkan mainnet, dan sebagainya. Hal-hal seperti ini bisa menunjukkan potensi aset tersebut ke depannya.

Kembali ke atas

So, semua bisa terjadi di pasar kripto; bisa saja besok bear market sudah berakhir, atau malah masih akan menurun semakin dalam. Kamu bisa melakukan beberapa cara investasi kripto di atas selama masa bear market agar memastikan potensi kerugian tidak menjadi kerugian riil, dan bisa membantumu untuk memastikan potensi keuntungan di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version