Kategori
Business Investasi

Ini Contoh Bisnis Plan Lengkap untuk Memulai Usahamu: Bisnis Frozen Food

Contoh bisnis plan lengkap diperlukan bagi kamu yang ingin memulai usaha secara mandiri. Mengapa? Karena keberhasilan bisnis yang kamu bangun salah satunya tergantung pada matangnya bisnis plan yang kamu buta. Semakin detail, komprehensif, dan lengkap bisnis plan kamu, maka semakin mudah pula kamu menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Secara umum, bisnis plan adalah dokumen yang mendeskripsikan dan mendefinisikan berbagai aktivitas terkait pendirian, pengelolaan, dan pengembangan bisnis. Karena itu, banyak hal harus dibahas dengan detail, mulai dari persiapan, modal, berbagai strategi, produksi, sampai potensi keuntungan yang bisa didapatkan.

So, mari sebelum beranjak ke contoh bisnis plan lengkap, kita bahas dulu apa pengertian bisnis plan itu, dan apa saja yang harus ada di dalamnya.

Apa Itu Bisnis Plan?

Bisnis plan, atau business plan, atau rencana bisnis adalah dokumen tertulis yang berisi proyeksi dan informasi tentang bisnis yang akan atau sedang dijalankan. Dalam dokumen ini akan terdapat gambaran bisnis secara jelas dan detail, termasuk konsep, pengelola, income dan outcome, pengelolaan keuangan, strategi pemasaran dan penjualan, hingga rencana pengembangan ke depannya.

Fungsi bisnis plan ini adalah menjadi acuan bagi pemilik dan pengelola bisnis dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya, sehingga bisnisnya bisa berkelanjutan dan berkembang dalam jangka panjang. Juga menjadi gambaran dan proyeksi, hambatan dan tantangan seperti apa ke depannya, sehingga bisa menyiapkan berbagai langkah antisipatif dan solutif untuk menghadapinya.

Saving notepaper pasted on the bottle with coins inside, young woman uses a calculator and plan income and expenditures divided by categories.

Komponen dalam Contoh Bisnis Plan Lengkap

Sebenarnya, apa saja yang ada dalam contoh bisnis plan lengkap itu tergantung pada si pemilik atau pendiri bisnis. Pasalnya, kadang orang hanya perlu membuat yang paling simpel untuk bisa segera memulai dan kemudian memikirkan berbagai printilan sembari jalan. Karena, mereka berpendapat, kebanyakan mikir, kapan mulainya? Tetapi, ada juga yang pengin secara detail tertuang dulu dalam sebuah dokumen, baru kemudian eksekusi satu per satu.

Enggak ada yang salah, dan enggak ada yang benar. Faktanya, memang karakter orang berbeda-beda. Yang perlu dipahami justru kita harus mengenali karakter kita yang mana, dan temukan cara yang paling sesuai.

So, contoh bisnis plan lengkap kali ini kita buat yang simpel saja, tetapi kamu bisa mengembangkan dan menyesuaikannya sesuai bisnis yang sedang dijalani. Enggak ada yang mutlak, semua bisa disesuaikan dengan kondisi.

Komponen Bisnis Plan

Komponen yang ada dalam contoh bisnis plan lengkap:

  • Latar Belakang: alasan mengapa kamu mendirikan bisnis tersebut, dan sekilas tentang produk yang akan dijual. Akan bagus jika kamu menjelaskan masalah yang dihadapi oleh orang banyak, dan solusi yang bisa kamu tawarkan melalui produk.
  • Struktur Organisasi, agar setiap orang yang terlibat tahu tugas dan wewenangnya masing-masing. Struktur ini juga perlu meskipun kamu mungkin mengembangkan bisnis keluarga.
  • Visi dan Misi, sebagai acuan kemajuan dan tujuan bisnis dikembangkan.
  • Gambaran produk yang akan dijual, apa keunggulannya, terutama jika dibandingkan dengan kompetitor jika ada. Termasuk juga jenis layanan yang disediakan, hingga skema distribusinya.
  • Aset usaha yang sudah dimiliki dan apa yang masih harus diinvestasikan, dari peralatan produksi ukuran besar hingga kecil, termasuk juga aset tempat usaha jika diperlukan.
  • Sumber modal, baik yang berasal dari kantong sendiri maupun jika ada investor, dan estimasi anggaran serta pengeluaran rutin.
  • Strategi pemasaran, gambarkan secara detail setiap langkahnya. Lakukan dengan meriset pasar lebih dulu, sehingga pemasaran nantinya akan lebih tepat sasaran.
  • Potensi keuntungan, terutama sebagai daya tarik jika kamu hendak melamar investor. Meski harus terlihat semenarik mungkin, jaga supaya tetap realistis.
  • Rencana pengembangan bisnis, yaitu ulasan target jangka pendek, menengah, hingga panjang.

Contoh Bisnis Plan Lengkap: Bisnis Frozen Food

Berikut adalah contoh bisnis plan lengkap untuk bisnis frozen food. Kamu bisa menyonteknya, sesuai dengan bisnis yang hendak kamu bangun dan kembangkan nantinya.

Bisnis Frozen Food: Ada Frozen

Latar Belakang Bisnis

Masyarakat modern menginginkan berbagai hal yang serbapraktis, seiring kesibukan keseharian yang bertambah. Termasuk soal makanan; ingin yang bisa dimakan tanpa persiapan panjang, tanpa ribet, enak, bergizi, halal, dan tentunya sehat. Praktis dibawa sebagai bekal, enak juga dinikmati sebagai menu sarapan dan makan malam.

Ada Frozen menyediakan berbagai produk frozen food atau makanan beku, berbahan dasar daging ayam dan sapi. Produk Ada Frozen dibuat secara rumahan, menggunakan bahan-bahan yang alami, tanpa pengawet, dan tambahan zat lain seperti pemanis buatan, pewarna buatan, dan sebagainya. Karena tanpa pengawet, durasi penyimpanan tidak akan selama produk frozen food yang lain meskipun dibekukan.

Ada Frozen bekerja sama dengan berbagai supplier lokal, untuk penyediaan bahan baku baik yang berupa daging maupun sayuran, bumbu, dan bahan lainnya, sehingga bisa berkembang bersama.

Struktur Organisasi

  • Pemilik: Mamat Surahmat
  • Manajer Operasional: Dani Kurnianto
  • Manajer Keuangan: Dina Ramadhan
  • Manajer Toko Online: Rami Razimi
  • Manajer Toko Offline: Kurnia Danisa
  • Manajer Pemasaran: Dianita Rahmawan

Visi dan Misi

Ada Frozen diharapkan menjadi jawaban dan solusi bagi permasalahan kebutuhan makanan yang dapat disiapkan secara cepat dan praktis, tetapi tetap sehat, berkualitas, dan tentu saja lezat. Cocok bagi mahasiswa, karyawan, ibu, dan siapa saja yang menginginkan hidup serbapraktis. Menjadi top of mind ketika masyarakat membutuhkan masakan yang tinggal dipanaskan saja.

Ada Frozen juga diharapkan dapat menjadi ajang bagi para penyedia bahan masakan lokal untuk bertumbuh bersama.

Produk Ada Frozen

Adapun produk yang akan diproduksi secara rumahan dan kemudian dipasarkan oleh Ada Frozen di antaranya adalah:

  • Ayam Woku Frozen
  • Ayam Betutu Frozen
  • Ayam Bumbu Bacem/Rujak Frozen
  • Ayam Ladomudo Frozen
  • Ayam Klungkung Frozen
  • Ayam Goreng Bumbu Kuning/Lengkuas Frozen
  • Rolade Sapi/Ayam Frozen
  • Chicken Katsu Saus Mentai Frozen
  • Iga Sapi Bakar Frozen
  • Rendang Sapi/Ayam Frozen

Aset Ada Frozen

Ada Frozen sudah memiliki peralatan masak yang lengkap, 5 unit chest freezer, dan 1 unit sepeda motor untuk memulai operasional bisnis. Sebagai modal awal, Ada Frozen secara total sudah memiliki nilai aset Rp100 juta, dengan aset tak bergerak Rp40 juta dan dana segar Rp60 juta.

Selanjutnya, Ada Frozen ingin memiliki aset berupa tempat atau ruang untuk toko offline yang menyediakan berbagai produk yang dijual untuk bisa dibeli secara langsung oleh pelanggan, dan mobil box sebagai kendaraan layan antar.

Sumber Modal

Modal Ada Frozen saat ini merupakan tabungan pribadi seluruhnya.

Pengeluaran Rutin

Secara bulanan, pengeluaran rutin Ada Frozen meliputi:

  • Gaji karyawan: Rp20.000.000 (termasuk tenaga part time dan lepas)
  • Bahan baku: Rp18.000.000
  • Listrik: Rp2.000.000
  • Internet: Rp1.000.000
  • Pemeliharaan: Rp1.500.000

Total: Rp42.500.000

Strategi Pemasaran

Ada Frozen sejauh ini telah menjalin mitra dengan berbagai layanan pesan online yang ada. Ada Frozen juga sudah memiliki toko online di 7 marketplace populer di Indonesia. Instagram Ada Frozen telah difollow oleh 10.000+ pengguna, dan memiliki 5.000 pengikut di Tiktok.

Selanjutnya, Ada Frozen akan terus memasarkan produk secara online di media-media sosial, dan menjadi sponsor event. Saat toko offline sudah siap, Ada Frozen akan memberikan diskon bagi pelanggan yang membeli langsung ke store, dan membagikan belanjaannya di media sosial.

Potensi Keuntungan

Ada Frozen menargetkan untuk bisa menjual produk 100 – 200 paket setiap harinya. Dengan rata-rata produk seharga Rp30.000, maka potensi omzet adalah Rp30.000 x 100 = Rp3.000.000 per hari. Dalam satu bulan, omzet sekiranya adalah Rp90.000.000.

Dengan biaya operasional Rp42.500.000 per bulan, potensi laba bersihnya adalah rata-rata Rp47.500.000 per bulan.

Rencana Pengembangan Bisnis

Rencana bisnis jangka pendek, Ada Frozen ingin membuka toko offline di lokasi yang strategis di dalam kota. Selanjutnya, membuat rencana untuk membuka cabang toko offline di beberapa kota lain di Indonesia, agar ongkos kirim pelanggan luar kota dapat ditekan. Untuk itu, Ada Frozen membutuhkan kendaraan untuk mengantar produk ke cabang.

Produk Ada Frozen juga akan dikembangkan. Tak hanya berbahan dasar ayam dan sapi, tetapi nantinya juga mengembangkan berbagai produk berbahan ikan dan seafood, seperti udang, kepiting, cumi, tongkol, bandeng, dan lainnya.

Kesimpulan

Nah, itu dia contoh bisnis plan lengkap untuk bisnis frozen food rumahan. Sudah cukup jelas kan ya? Kamu bisa mengganti komponennnya sesuai bisnis yang hendak dijalankan.

Contoh bisnis plan lengkap ini juga bisa kamu terapkan untuk berbagai jenis bisnis rumahan dan bisnis kecil lainnya, seperti bisnis warung makan, toko kelontong, jualan pulsa, dan sebagainya, sehingga ke depannya kamu bisa mengelola dan mengembangkannya secara berkelanjutan.

Semoga sukses ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version