Kategori
Investasi Saham

7 Langkah Cara Investasi Saham untuk Pemula, Gampang!

Kehadiran pandemi, membuka mata banyak orang termasuk anak muda akan pentingnya berinvestasi. Hal ini terlihat dari lonjakan jumlah investor di pasar modal saat ini. Lalu, apa itu investasi saham dan bagaimana cara investasi saham pemula yang paling pas?

Saham sendiri adalah surat atau bukti kepemilikan dan tanda penyertaan modal pada perusahaan. Jika kamu membeli atau berinvestasi saham sebuah perusahaan, maka itu artinya kamu menjadi pemegang saham sekaligus pemilik perusahaan tersebut.

Ke depannya akan ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai pemilik saham, selain ada risikonya juga.

Nah, mau tahu keuntungan, risiko, dan bagaimana cara belajar serta cara investasi saham pemula yang paling pas? Mari kita bahas.

Keuntungan dan Risiko Investasi Saham

Baiklah, mari kita langsung saja bahas keuntungan dulu. Cuan. Mengapa? Ya, soalnya di sinilah menariknya cara investasi saham pemula. Dapat duit, syukur-syukur bisa cepet. Yes?

Tapi sayangnya enggak selalu begitu.

Salah satu tahap dalam cara investasi saham pemula adalah mesti memahami bahwa setiap instrumen investasi memiliki manfaat dan risikonya sendiri-sendiri. Membeli saham memang dibilang bisa memberikan cuan yang besar, tetapi ini juga sebanding dengan risikonya yang cukup tinggi juga.

Kembali ke atas

Keuntungan Investasi Saham

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi saham adalah adanya potensi memperoleh capital gain.

Apa itu capital gain? Capital gain adalah keuntungan yang didapat dari naiknya harga saham yang dapat terealisasi saat saham dijual. Dengan kata lain, capital gain adalah selisih harga jual saham dengan harga belinya. Capital gain ini bisa kita dapatkan ketika kita menjual saham dengan harga yang lebih tinggi daripada saat kita membelinya.

Berapa banyak capital gain yang bisa kita dapatkan saat main saham? Ya, bisa sampai ribuan persen—tergantung seberapa lama kita menyimpannya, seberapa besar pertumbuhannya, dan berbagai faktor pengaruh lainnya.

Selain capital gain, pemegang saham juga berhak mendapat dividen atau pembagian keuntungan oleh perusahaan sesuai dengan jumlah kepemilikan saham masing-masing investor. Keuntungan dividen biasanya dibagikan dengan bentuk uang tunai, atau bisa juga dalam bentuk saham. Namun, tak setiap perusahaan memberikan dividen. Kalau Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) memutuskan untuk memakai laba bisnis perusahaan untuk kebutuhan ekspansi ataupun yang lainnya, maka bisa saja dividen tidak dibagikan. Ini semua tergantung perusahaan dan juga RUPS-nya.

Kembali ke atas

Risiko Investasi Saham

Selain ada potensi keuntungan besar, cara investasi saham pemula juga harus memahami bahwa saham memiliki beberapa risiko yang tinggi. Salah satunya adalah risiko likuiditas, yaitu ketika perusahaan penerbit sahan ada di kondisi bangkrut.

Di samping itu, saat belajar cara investasi saham pemula, kamu mesti siap dengan kemungkinan risiko dan kerugian dari berinvestasi saham yang lain, yaitu capital loss. Kebalikan dari capital gain, capital loss adalah kerugian yang diperoleh ketika nilai saham mengalami penurunan. Hal ini terjadi ketika kamu menjual saham dengan harga yang lebih rendah ketimbang saat kamu membelinya.

Faktanya memang, naik turunnya harga saham dipengaruhi banyak faktor, termasuk kinerja perusahaan hingga kondisi psikologi pasar modal dan ekonomi makro suatu negara dan global.

Kembali ke atas

Bagaimana Cara Investasi Saham Pemula yang Paling Oke?

Sudah tahu keuntungan dan risikonya, sekarang kamu pun siap untuk belajar cara investasi saham pemula yang paling oke.

Pertanyaannya, di mana kita bisa beli saham dan bagaimana cara investasi saham pemula?

Nah, perlu diketahui sebagai investor kamu dapat membeli dan menjual saham yang kamu incar atau miliki di Bursa Efek Indonesia (BEI), yang menjadi wadah bagi para pelaku pasar saham untuk bertransaksi. Meski begitu, tidak semua orang bisa bertransaksi langsung di BEI. Kamu bisa melakukannya melalui perusahaan sekuritas ataupun broker. Kabar baiknya, sekarang hampir semua perusahaan sekuritas ataupun broker legal memiliki aplikasi untuk berinvestasi saham secara online.

Bagaimana cara investasi saham pemula secara online? Jangan khawatir, perkembangan teknologi saat ini memberikan kemudahan sehingga cara beli saham pun semakin terjangkau oleh siapa pun. Tapi yang pasti, pastikan bahwa kamu menggunakan jasa perusahaan sekuritas atau broker yang tepercaya, dan sudah terdaftar sebagai anggota bursa.

Penting untuk diketahui, perusahaan sekuritas terpercaya artinya layanan yang disediakan mereka sudah diberi izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Setiap kegiatan akan diawasi dan sesuai ketentuan OJK.

Kembali ke atas

Step by step cara investasi saham pemula secara online yang paling mudah:

  • Cari perusahaan sekuritas terbaik, lalu download platform yang disediakan perusahaan sekuritas tersebut. Biasanya berbentuk aplikasi mobile. Sebenernya sih bisa saja kita datang ke perusahaan sekuritas buat mulai investasi saham. Tapi hari gini, masa masih mau ribet?
  • Daftarkan diri melalui platform yang disediakan. Terdapat beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan untuk mendaftar, seperti KTP, NPWP (jika ada), buku tabungan, dan foto diri sendiri
  • Isi formulir data diri dengan tepat lalu setorkan deposit awal ke nomor rekening dana investor atau RDI. Perlu kamu ingat ya, bahwa setiap perusahaan sekuritas memiliki ketentuan berbeda soal minimum modal awal.
  • Setelah itu pendaftaran akan diproses. Selanjutnya investor diberikan akses untuk masuk ke akun dashboard untuk melakukan transaksi jual beli saham yang tersedia di platform tersebut
  • Setelah semua proses pendaftaran selesai, kamu bisa mulai beli saham. Namun pastikan kamu sudah melakukan analisis dulu ya, dengan melihat laporan keuangan perusahaan yang sahamnya akan kamu beli.
  • Kalau bingung, selalu disarankan untuk pemula membeli saham blue chip yang reputasi perusahaannya sudah dikenal baik
  • Pantau kondisi pasar. Tidak perlu setiap hari, cukup lihat perkembangan lewat media sosial atau berita terkait saham.
  • Informasi tambahan, rekening dana investor atau RDI adalah rekening di bank atas nama investor dan terpisah dari rekening sekuritas untuk keperluan transaksi jual beli saham investor.

Cara investasi saham pemula ini akan selalu sedikit rumit di awal, tetapi begitu sudah jalan, kamu akan menikmati prosesnya. Apalagi kalau kemudian setelah dihitung-hitung, kok ya sudah dapat untung. Sekali lagi, sesuaikan dengan tujuan investasi dan keuanganmu ya.

Kembali ke atas

Berapa Modal Investasi Saham?

Cara investasi saham pemula setidaknya siapkan dana sesuai harga saham dikalikan dengan jumlah slot saham yang ingin dibeli. Selain itu, ada biaya transaksi atau fee broker untuk perusahaan sekuritas. Nah, buat fee broker, ini mesti kamu cari info juga di awal ketika kamu memilih perusahaan sekuritas, karena masing-masing punya kebijakan sendiri.

Kembali ke atas

Cara investasi saham pemula di atas memang terlihat sederhana. Namun dalam praktiknya, kamu harus memperhatikan banyak hal, mulai dari konsep dasar investasi saham hingga cara kerja pasar modal.

Perlu diingat, saham adalah instrumen investasi yang memiliki risiko cukup tinggi. Artinya kamu perlu mempelajari analisis dan strategi terbaik untuk memitigasi risiko tersebut. Untuk meyakinkan, kamu bisa mulai mempelajari bagaimana cara analisis saham yang mencakup analisis teknikal dan analisis fundamental.

Berinvestasi saham tidak cukup hanya dengan modal uang saja. Investasi saham juga memerlukan pengetahuan yang mendalam. Jika masih ragu, kamu dapat berkonsultasi dengan pihak sekuritas tepercaya.

Sekian penjelasan terkait cara investasi saham pemula. Masih takut akan rugi? Kamu bisa mencoba investasi reksa dana yang risikonya cukup rendah dibandingkan dengan investasi saham.

Nah, sebentar. Sebelum benar-benar memulai cara investasi saham pemula, ada baiknya kamu sehatkan dulu arus kas keuanganmu. Coba buat budgeting yang bener, supaya investasimu bisa lancar per bulannya. Tanpa arus kas positif dan budgeting yang bener, investasi bakalan sulit lho. Seenggaknya, akan sulit untuk tetap konsisten setiap bulannya.

Jangan khawatir, ini ada ebook yang bisa kamu baca dan pelajari.

Ebook Kemerdekaan Finansial Level #1: Arus Kas Positif & Budgeting, termasuk alat cek kesehatan keuangan & budgeting + contoh pengisian. Hanya Rp47.770, cara belinya tinggal klik saja button di bawah ini, dan ikuti petunjuk berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version