Kategori
Investasi Reksadana

List Produk Reksadana Syariah yang Paling Bagus Performanya

Kamu pengen investasi di reksa dana syariah? Coba cek daftar reksa dana syariah terbaik untuk referensimu ini.

Ingin investasi reksa dana yang sesuai syariah dengan kinerja yang terbaik, gimana cara pilihnya ya? Trus, apakah yakin nanti reksa dana yang dipilih benar-benar sesuai dengan prinsip syariah? 

Kamu pasti sudah tahu kan kalau investasi reksa dana adalah salah satu pilihan investasi termudah untuk orang awam. Kenapa? Karena dana yang mau diinvestasikan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) yang berpengalaman. Jadi, sebagai orang awam tidak perlu pusing memilih sendiri apa instrumen investasinya. 

Apalagi investasi di reksa dana ini cukup terjangkau. Saat ini bahkan hanya dengan Rp 10.000 pun bisa mulai berinvestasi di reksa dana. Dengan semua kemudahan ini, tantangannya kemudian adalah bagaimana menemukan reksa dana yang terbaik yang bisa dipilih untuk investasi. 

Dengan jumlah dana kelolaan reksa dana per Maret 2022 yang sebesar lebih dari lima ratus triliun rupiah, tentu saja ada ratusan produk. Lalu, bagaimana kemudian apabila ada keinginan untuk berinvestasi yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah? 

Ini gue coba kasih panduan yang lebih mudah diikuti untuk investasi di platform investasi reksa dana Bibit yang gue pakai ya.

Keinginan Berinvestasi Sesuai Syar’i

Kemudahan berinvestasi reksa dana yang ditawarkan oleh Bibit, platform investasi reksa dana andalan ini termasuk juga untuk berinvestasi di reksa dana syariah. Gue yakin banyak teman-teman yang menginginkan investasinya tidak hanya berkembang dan menguntungkan untuk meningkatkan asetnya di masa depan. 

Tapi kamu pasti juga ingin investasi yang baik dan halal kan?

Tidak bisa dipungkiri, investasi syariah ini menjadi bagian dari gaya hidup yang dianut oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Bahkan Indonesia pun disebut sebagai salah satu pasar keuangan syariah terbesar dunia. 

Baca juga: Investasi SBN di Bibit

Pesatnya perkembangan pasar keuangan syariah ini juga bisa dilihat dari perkembangan reksa dana syariah di Indonesia. Per Maret 2022, terdapat 291 produk reksa dana syariah dengan performa yang bagus bisa dinilai dari NAB sebesar Rp 43,2 triliun dibandingkan 58 produk reksa dana syariah di tahun 2012 dengan nilai NAB yang hanya Rp 8 triliun.

Sumber: Data Perkembangan Reksa Dana Syariah OJK

Banyaknya pilihan reksa dana syariah ini melegakan untuk kamu yang ingin berinvestasi di produk yang sesuai dengan prinsip-prinsip syar’i. Dan seperti gue bilang tadi, pilihan reksa dana syariah ini bisa didapatkan dengan mudah di platform investasi reksa dana andalan gue, Bibit.

Kembali ke atas

Pilihan Investasi Reksa Dana Syariah

Dengan Bibit, memilih investasi reksa dana sangat mudah dilakukan. Tinggal pilih menu syariah di platform Bibit, kita akan dibawa menuju daftar semua reksa dana yang paling bagus performanya.

Pilihan menu reksa dana & SBN di Bibit

Just clear as day. Jelas dan gampang banget kan? Setelah itu, kamu akan dibawa menuju daftar reksa dana-reksa dana yang sesuai prinsip syariah yang dijual lewat Bibit. Pilihannya? Banyak!

Daftar reksa dana syariah di Bibit

Mau reksa dana pasar uang, reksa dana obligasi, bahkan sampai reksa dana saham, ada semua. Tinggal sesuaikan dengan tujuan keuangan yang mau disiapkan dan tinggal pilih jenis reksa dana yang sesuai. Ada lebih dari 30 reksa dana syariah yang sudah pasti dijamin sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. 

Lalu, reksa dana syariah apa saja yang terbaik untuk dibeli di sini?

Kembali ke atas

Daftar Reksa Dana Syariah Terbaik

Di Bibit, terdapat 5 jenis reksa dana syariah. Reksa dana pasar uang, obligasi, saham, campuran dan reksa dana global. Untuk reksa dana campuran dan reksa dana global, pilihan tidak terlalu banyak, sehingga tidak susah untuk memilih mana reksa dana yang terbaik. 

Sementara untuk tiga jenis reksa dana syariah lainnya, untuk bisa memilih mana daftar reksa dana syariah terbaik, pilihannya lumayan banyak. Bagaimana memilih reksa dana saham, obligasi atau pasar uang yang terbaik? Untuk memilih reksa dana syariah yang mana yang terbaik, gue akan urutkan berdasarkan kinerja 1 tahun terakhir, lalu kemudian jumlah NABnya (semakin besar NAB semakin bagus) dan yang terakhir expense rationya. Hasilnya kurang lebih seperti ini berdasarkan semua reksa dana syariah yang ada di Bibit.

Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) Syariah:

Daftar reksa dana pasar uang syariah terbaik di Bibit

Kalo disuruh milih RDPU Syariah terbaik di Bibit ini, gue akan pilih Sucorinvest Sharia Money Market Fund, karena kinerja terakhirnya tertinggi dan NABnya sudah Rp 2,6 triliun! InsyaAllah lebih aman.

Reksa Dana Obligasi:

Daftar reksa dana obligasi syariah terbaik di Bibit

Kalo disuruh milih reksa dana obligasi syariah terbaik di Bibit ini, gue akan pilih BNI-AM Dana Pendapatan Tetap Syariah Ardhani, karena kinerja terakhirnya tertinggi dan NABnya sudah Rp 392,03 miliar! Bahkan sampai 5,01% dan udah ga kena pajak lagi. 😀

Reksa Dana Saham:

Daftar reksa dana saham syariah terbaik di Bibit

Kalo disuruh milih reksa dana saham syariah terbaik di Bibit ini, gue akan pilihTRIM Syariah Saham, lagi-lagi karena kinerja terakhirnya tertinggi.

Reksa Dana Campuran:

Daftar reksa dana campuran syariah terbaik di Bibit

Reksa Dana Global:

Daftar reksa dana global syariah terbaik di Bibit

Lengkap kan pilihan reksa dana syariah di Bibit? Mulai dari pasar uang sampai reksa dana global, ada semua!

Mau pilih yang mana? Kriteria apa yang kamu mau pakai? Apakah kinerja tertinggi, besarnya nilai aktiva bersih atau expense rationya?

Kalo gue sih akan pilih yang kinerja historisnya tertinggi dan memiliki NAB terbesar. 

Kembali ke atas

Kesimpulan: Investasi Nyaman Di Hati dengan Reksa Dana Syariah Terbaik

Dengan lengkapnya pilihan reksa dana syariah di Bibit dan juga kemudahan memilih reksa dananya, gue rasa teman-teman yang baca ini udah gak bakalan galau lagi deh. Ketika memutuskan ingin investasi di reksa dana syariah, tinggal pilih buka aja Bibit dan pilih reksa dana mana yang paling cocok dan produk syariah yang paling bagus performanya. 

Apalagi, di platform investasi reksa dana Bibit Syariah ini, reksa dana syariahnya sudah pasti mengikuti ketentuan syariah yang ditetapkan Dewan Syariah Nasional. Dan MI (Manajer Investasi) yang mengelolanya pun sudah terbukti reputasi dan kinerjanya. 

Untuk lebih mantabh mulai memilih dan berinvestasi reksa dana syariah, coba lihat video ini:

Kembali ke atas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version