Kategori
Dana Pensiun Perencanaan Keuangan

Pension Dreams: Masa Pensiun Seperti Apa yang Kalian Inginkan?

Bagi kamu yang bekerja, baik yang di suatu perusahaan swasta maupun negeri—termasuk juga buat kamu para pengejar proyek—akan ada masanya mengalami masa pensiun.

Kok kayaknya harus gitu, ya?

Ya, gimana ya? Karena ini ya hal yang wajar ya. Pada kisaran usia tertentu, kita mulai tidak produktif lagi untuk bekerja. Masa pensiun dapat menjadi waktu terbaik dalam hidupmu jika kamu persiapkan dengan sebaik mungkin dari jauh-jauh hari. Salah satunya dengan memiliki produk asuransi dan dana pensiun. Dengan demikian, secara finansial, kamu aman, pun hidup di masa pensiun menjadi lebih tenang. Tentunya hal ini membuatmu lebih fokus dalam menikmati masa pensiun dengan melakukan berbagai hal positif yang bisa kamu rencanakan.

Rencana pensiun setiap orang bisa saja berbeda, tetapi ini dia beberapa pension dreams yang biasanya diimpi-impikan. Bisa jadi salah satunya, pension dream kamu nih. Atau malah nggak disebutin? Kalau nggak disebutin, nanti boleh ditambahin ya.

Pension Dreams: Masa Pensiun yang Diimpikan

Reset Arah dan Tujuan

Banyak dari kamu menganggap masa pensiun adalah masa ketika kamu sudah tidak bisa produktif dan berkarya. Padahal, di masa pensiun ini sebenarnya justru dimulainya fase baru untuk kamu menentukan kembali tujuan dan target hidup yang dicapai loh!

Misalnya seperti kamu mempunyai cita-cita yang belum tercapai, di saat masa pensiun inilah waktu yang tepat untuk mengejarnya kembali. Tapi ya mesti ingat, bahwa energi dan tenaga sudah nggak kayak pas masih muda. So, kalaupun mau kejar cita-cita ya mesti sadar diri juga, dan rencanakan dari jauh-jauh hari supaya kamu nantinya bisa lebih fokus pada tujuan tersebut.

Tinggal di Rumah yang Nyaman

Buat sebagian orang yang produktif, kadang mereka memang harus menjelajah berbagai wilayah lantaran penugasan. Bisa jadi, dalam perjalanan waktu, merasa tak perlu untuk membeli rumah; bisa jadi sudah disediakan sebagai salah satu fasilitas pekerjaan, atau berpikir kalau akan lebih praktis untuk sewa rumah saja.

Either way, asalkan sesuai dengan kondisi dan kemampuan, semua itu nggak masalah. Tetapi, jika kamu sudah pensiun, maka cara untuk menikmati masa pensiun yang terbaik adalah dengan tinggal di rumah sendiri.

Alangkah nyamannya, bukan?

Di rumah masa pensiun itu, kamu (dan pasanganmu) bisa menghabiskan waktu bersama berdua. Rasakanlah setiap momen berbeda bersama pasanganmu setiap hari. Berkomunikasi dengan pasangan akan sangat membantumu menjalani hidup bahagia di masa pensiun.

Begitu juga dengan keluarga.

Jika selama masih aktif bekerja, waktu kamu banyak tersita untuk bekerja dan terus bekerja, maka di masa pensiun, kamu akan dapat memanfaatkan lebih banyak quality time bersama keluarga.

Rumah para pensiunan biasanya selalu menjadi rumah tempat berkumpul keluarga besar—terutama saat hari-hari raya, ataupun hari-hari istimewa lainnya.

Kebayang nggak sih? Misalnya pas Lebaran, pada mudik, pulang bersilaturahmi. Terus, pastinya ya bisa melakukan banyak hal bersama, mulai dari memasak bareng, bermain dengan cucu, berlibur bersama anggota keluarga yang lain, dan sebagainya.

Kembali ke atas

Keliling Dunia

Salah satu pension dreams kamu adalah keliling dunia? Bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan di masa pensiun.

Kadang memang ada yang merencanakan begitu. Saat masih produktif, mengumpulkan uang sampai cukup, dan kemudian saat memasuki masa pensiun, keliling dunia.

Memangnya masih kuat? Masih, terbukti banyak kok yang melakukannya. Tentu saja, bukan keliling dunia ala backpacker ya, melainkan mereka menikmati berbagai akomodasi, transportasi, dan traveling yang luxurious. Dengan kapal pesiar mewah, di hotel berbintang, dan pesawat terbang kelas satu.

Wah, butuh dana gede dong? Ya pasti! Makanya, perencanaan dana pensiun adalah koentji!

Tinggal di Sarana Khusus Lansia Mewah

Mau bilang panti jompo ya nggak tega sih. Selain karena fasilitasnya nggak kayak panti jompo biasa, ini juga konotasinya nggak seperti buat jompo. If you know what I mean.

Tapi, ada juga loh yang merencanakan untuk melewatkan masa pensiun di sarana khusus yang disediakan bagi lansia. Tak sekadar panti jompo, tetapi sarana ini semacam asrama dengan fasilitas mewah.

Di luar negeri sih sudah banyak ya. Pernah dengar tentang Sarasota Bay Club di Florida, AS? Sarana untuk lansia ini disebut-sebut sebagai the best retirement villages in America. Bentuknya seperti apartemen, dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah, dan tahu nggak harga sewanya berapa? $440,000 untuk apartemen dengan satu kamar tidur. Ini setara dengan Rp6 miliar ya, gaes!

Nah, kalau di Indonesia sih ada tuh, Rukun Senior Living. Ada di Sentul, Bogor. Konon, rumah komunitas lansia ini memang sengaja dibangun untuk tempat tinggal para elderly kelas atas. Ada juga D’Khayangan. Kalau mau masuk, ya bayar dulu: Rp2 miliar untuk keanggotaan seumur hidup. Plus masih ada biaya per bulannya, sekitar Rp20 juta.

Cita-cita menghabiskan masa pensiun di rumah komunitas lansia seperti ini nggak buruk loh, gaes! Nggak ngerepotin anak, ye kan? Ya, pastinya ya, kamu harus sudah siap dengan biaya dan bisa memilih yang seperti apa. Dan, kalau penginnya bisa memilih, sudah pasti, harus punya modal.

Kembali ke atas

Tetap sehat

Ada juga yang pengin masa pensiun bisa dilewati dengan tetap sehat saja sudah sujud syukur. Namanya juga orang tua, biasalah sudah mulai menurun kondisi kesehatannya.

Masih bisa jalan-jalan di seputaran kompleks rumah saja sudah bagus.

Kamu bisa melakukan cara preventif untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti dengan berolahraga dan menjalankan hidup sehat. Olahraga yang kamu lakukan ini tidak harus yang berat kok. Misalnya, jalan kaki, bersepeda bersama pasangan yang rutenya tidak terlalu jauh dengan rumah, atau yoga di teras rumah sambil menghadap sinar matahari pagi.
Menjalankan hidup sehat juga tidak harus mengonsumsi makanan sehat yang mahal, misalnya kamu makan tiga kali sehari, tetapi dengan asupan yang sesuai.

Untuk perlindungan kesehatan, kamu bisa memilih produk asuransi kesehatan. Pilihlah dari sekarang produk asuransi kesehatan mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan juga keluargamu.

Ada baiknya juga jika kamu punya dokter keluarga yang bisa khusus datang secara teratur untuk home care, yang bisa membantumu mengecek kesehatanmu dan pasangan.

Bebas utang!

Ini juga merupakan salah satu pension dreams yang seharusnya sih jadi salah satu tujuan keuanganmu juga ya?

Kebayang enggak, di masa pensiun, kamu masih harus menanggung utang KPR, misalnya. Atau lebih parah lagi, masih punya utang kartu kredit atau KTA atau pinjol.

Aduh! Masalah gawat kan? Ingat, di masa pensiun, kamu bisa dibilang sudah tak punya penghasilan lagi loh. Perkara banget kalau masih punya utang kan?

Kembali ke atas

Jadi, yang mana pension dreams kamu?

Yes, itu dia beberapa pension dreams yang umumnya dimiliki oleh banyak orang.

Yang mana pension dreams kamu? Atau, belum disebutkan di atas? Kalau ada yang belum disebutkan, sok, ditulis di kolom komen ya.

Semoga perencanaan dana pensiun kamu sudah begitu matang, sehingga pension dreams apa pun, bisa kamu capai ya!

Satu tanggapan untuk “Pension Dreams: Masa Pensiun Seperti Apa yang Kalian Inginkan?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *