Kategori
Dana Pensiun Perencanaan Keuangan

Persiapkan Sejak Dini, Berikut Fungsi Dana Pensiun dan Jenisnya

Saat seseorang sudah memasuki usia tua, tidak dapat bekerja dengan optimal, dana pensiun adalah tunjangan untuk menikmati masa tua dengan tenang. Nah, tentunya inilah fungsi dana pensiun yang begitu penting sehingga harus dipersiapkan sejak dini. Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa yang termasuk usia produktif adalah mereka yang berumur 15 – 64 tahun. Nah, dalam rentang […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Masalah Keuangan yang Harus Dihadapi Karena Kesalahan Pengelolaan di Usia 20 – 30 Tahun

Setiap orang pasti punya masalah keuangan terlebih di usia 20-30 tahun, termasuk saya. Cuma, saya enggak sadar sama sekali bahwa saya sedang menghadapi masalah keuangan saat itu. Baru sekarang-sekarang saya saya ngeh, kalau di usia 20 tahun itu sebenarnya saya punya masalah keuangan yang cukup serius. Kalau kebiasaan saya berlanjut, bisa jadi juga dampaknya akan […]

Kategori
Investasi Reksadana

7 Tujuan Keuangan yang Bisa Dicapai dengan Investasi Reksa Dana

Reksa dana memang punya banyak manfaat, asalkan kita tepat mengelolanya. Ini dia 7 tujuan keuangan yang bisa kamu capai dengan memanfaatkan reksa dana.

Kategori
Dana Pensiun Perencanaan Keuangan

Program Pensiun Manfaat Pasti dan Iuran Pasti: Apa Artinya dan Bedanya?

Ngomong-ngomong tentang dana pensiun, yang nggak bisa lepas manfaatnya untuk kehidupan pekerja di masa tua ketika memasuki usia non-produktif, ya pasti akan ngomongin juga soal tentang program pensiun. Enggak bisa kita mungkiri saat ini, bahwa ada rasa kekhawatiran yang kita rasakan sebagai pekerja atau karyawan terhadap hilangnya pendapatan di saat kita tidak lagi bekerja karena […]

Kategori
Dana Pensiun Perencanaan Keuangan

Pensiun Sejahtera: Apa Saja yang Dibutuhkan?

Sebelum masa pensiun tiba, yuk persiapkan apa saja yang dibutuhkan agar bisa pensiun sejahtera!

Kategori
Dana Pensiun Perencanaan Keuangan

Pension Dreams: Masa Pensiun Seperti Apa yang Kalian Inginkan?

Bagi kamu yang bekerja, baik yang di suatu perusahaan swasta maupun negeri—termasuk juga buat kamu para pengejar proyek—akan ada masanya mengalami masa pensiun. Kok kayaknya harus gitu, ya? Ya, gimana ya? Karena ini ya hal yang wajar ya. Pada kisaran usia tertentu, kita mulai tidak produktif lagi untuk bekerja. Masa pensiun dapat menjadi waktu terbaik […]

Kategori
Dana Pensiun Perencanaan Keuangan

Kamu Bingung Menghitung Dana Pensiun? Ini Cara Super Mudahnya!

Ketahui cara menghitung dana pensiun dengan menggunakan proceed return investasi yang sederhana dan masuk akal!

Kategori
Dana Pensiun Emas Investasi Reksadana Saham

Menyiapkan Dana Pensiun: Panduan Lengkap Menghitung Kebutuhan Sampai Memilih Instrumen Investasinya

Apa prioritas paling penting perencanaan keuangan? Menyiapkan dana pensiun! Cari tahu secara lengkap cara menghitung dan memilih instrumen investasinya!

Kategori
Dana Pensiun Inspirasi Perencanaan Keuangan Saham

{Manajemen Keuangan} Gaji Kecil Gak Bisa Investasi? Alesan!

Mitos apa fakta pernyataan ini: GAJI KECIL GAK BISA INVESTASI? Menurut gue lebih banyak mitosnya. Gue pernha ngoceh di twitter soal gaji kecil gak bisa investasi. Pertanyaan gue ke temen-temen (tentu saja dalam hati) waktu mereka bilang gak bisa investasi karena gaji kecil adalah: “Seberapa kecil sih gaji lu?” Tentu aja kan besar dan kecilnya […]

Kategori
Asuransi Dana Pensiun Perencanaan Keuangan Reksadana Saham

Penganten Baru Harus Tahu Beberapa Poin tentang Keuangan Ini (Bagian 1)

Kalian harus simak nasihat keuangan untuk pengantin baru yang dulu gue harap bisa gue dapatkan sebelum nikah ini!