Kategori
Blogging Things Dana Pensiun Perencanaan Keuangan Reksadana

Mewariskan Blog Buat yang Ngeblog di Self Hosted Blog (Bagian – 2)

Siapa yang sudah pernah kepikiran tentang mewariskan blog buat yang ngeblog di self hosted blog? Karena ini adalah bagian financial planning!

Jiahahahaha. Siapa hayo yang udah mikirin soal mewariskan blog buat yang ngeblog di  self hosted blog??? boookkkkk!! Pertanyaan gw ini bukan mau nyumpahin temen-temen semuwah lohh yaa! *trus ditimpa sama tower BTS. ?

Sebenernya gw udah pernah ngebahas ini di postingan Mewariskan Blog sebelumnya. Cuman gw tulis lagi aja ya biar lebih kekinian dan lebih lengkap. Ihik! Karena gimanapun ini perlu banget buat dipikirin demi kelangsungan blog kita tertjintah. *oke gak penting amat Dan!

Jadiii ceritanya gw kepikiran lagi tentang ini karena pas sesi Ngobrol Santai tentang ngeblog Sabtu tanggal 23 Januari bareng Ryan kemaren ada yang nanya, kalo misalkan self hosted blog, trus kita meninggal blognya bagaimana? Nah loh!!! Belom pernah dipikirin kan? *gw tanya lagi nih. Udah pernah beloom?? ??

Estate Planning Sebagai Bagian dari Perencanaan Keuangan Keluarga

Grow old prosper

Agak muter dikit ya mau bahas tentang Ngomongin masalah waris dan wasiat mungkin masih tabu buat beberapa orang di sini. Masih sehat kok ngomongin pas udah gak ada?  Lah mending diomongin waktu masih sehat kan?  Nanti pas sakit-sakit sudah gak puyeng lagi.  Daripada keluarga ribut setelah kita gak ada.  Yekan?estate planningnya dulu. Iya namanya estate planning kalo di modul perencanaan  keuangan, tapi yang dibahas di sini bukan perencanaan pemilikan properti estmacem re estate, tapi perencanaan waris. Iya, mewariskan harta juga kudu direncanakan kan?

Dulu sih pas kelasnya Financial planner itu bagian waris ini yang paling membingungkan. Kenapa kok bingung? Karena waris itu gak mengikuti satu aturan baku yang berlaku sama buat semua orang. Kalo yang muslim hukum pembagian warisnya pasti beda dengan yang beragama Kristen atau Hindu. Belum lagi kalo dilihat dari sisi etnisnya. Hukum warisnya orang Jawa beda banget dengan orang beretnis Tionghoa. Masing-masing pasti ada aturan yang njelimet.

Apalagi soal warisan ini bisa jadi urusan yang ribet kalo gak ditangani dengan baik. Makanya disarankan buat para buibu dan bapak-bapak buat bikin surat wasiat selagi masih sehat segar-bugar. Biar gak ribet entarannya. Anak cucu aman dami sejahtera. *Panjang amat ya ngebahas tentang warisnya doang. ?

Mungkin buat sebagian di sini orang masalah waris dan wasiat urusan yang tabu, tapi menurut gw mending ngobrolin  tentang apa yang bakalan kita tinggalin waktu masih sehat segar bugar kan daripada ntar keluarga rempong dan susah setelah kita tinggalin?

Nah kalo masih mikir “Apa pula yang mau gw wariskan,  hawong harta aja gakpunya”,  coba deh cek dulu kesehatan keuangannya dengan alat yang gw share di postingan Financial Check dan Tahun yang Cerah.

Mewariskan Blog Buat yang Ngeblog di Self Hosted Blog

Nah balik lagi ke blog nih. Kalo kita meninggal apa yang akan terjadi sama blog kita?

Buat yang ngeblog di wordpres.com dan blogspot, selama belom mencapai kuota penyimpanan, rasanya blog akan terus berada di sana dan mungkin akan terus online sampai ratusan tahun kemudian. Selama kedua platform ngeblog itu masih ada. *semoga

Sementara buat yang udah migrasi, pindah jadi domain sendiri dan belajar berbagai macam hal, domain dan hosting bayarnya tahunan kan? Ada berbagai macam risiko yang bisa terjadi sama kita dan gimana kalo misalkan kita gak bisa lagi bayar domain dan hostingnya? *nyengir

House selling

Karena itulah rutin back up itu penting, juga bikin surat wasiatnya.

Iya, surat wasiat yang juga berisi informasi tentang login blog lalalili dan sebagainya dan juga amanat untuk meneruskan bayar biaya hosting sama domainnya. Lebay amat Dan? Well call me lebay tapi itu bisa jadi solusi yang sangat masuk akal loh.

Okelah kalo ngerasa bukan blogger apa-apa, domain dan postingan hilang juga gak masalah. Tapi gimana kalo keluarga yang ditinggalkan masih kangen dan ingin baca blognya? kan-kan-kan? Ah enggak juga. Mereka bukan tipe sentimentil kayak begitu kok.

Oke. Sekarang gini, misalkan postingan yang kita tulis beneran bisa bermanfaat buat orang (well ini sih bisa disubtitusi oleh buwanyak konten lain yang membahas tema serupa di internet ya) dan banyak yang dateng ke blog bahkan setelah  lama gak diupdate. Di blog itu, karena rame, berhasil kita pasang iklan semacam Google Adsense, WordAds dan atau jenis iklan lainnya yang bisa jadi passive income buat kita. Tanpa harus bekerja ada stream of income yang masuk. Kalo jumlahnya kecil yaudahlahya kalo cuman nutup biaya hostingnya doang. Lhakalo sampe ratusan ato ribuan dollar sebulan?

Ah ribet amat sih Dan ngeblog aja!

Siapa tahu nanti blog kita justru bisa jadi penghasilan utama buat keluarga dan gw yakin sudah banyak banget blogger yang pencahariannya dari ngeblog. Bukan melulu dateng event aja ya,  tapi blognya sendiri memang sudah menghasilkan uang yang bisa diandalkan jumlahnya.  Kalo kek gitu kan maintain domain biar tetep hidup jadi penting kan?  Ini belom ngomongin content updatenya biar tetep fresh loh.

Ato kalo gak mau repot nyari penghasilan dari blog bisa juga investasi di reksadana yang caranya gampang banget.  Coba cek tulisan gw Gimana Beli Reksadana di Bank.

Rumah Masa Depan

Wah jadi panjang bener kalo sampe ngebahas itu.  Kudu punya banyak kenalan dan blog kudu punya content dari kontributor lainnya.  Gimana tuh maintainnya kan? Ribet emang ribet. Hahaha.

Well, itu menurut gw sih ya. Kalo gak mau seribet itu juga gakpapa. Cuman buat yang mau beli domain, mau bikin self hosted blog lalalili, ada satu tambahan lagi ajasih buat dipikirin. wekekekeekekek.

Gw sendiri belom juga bikin surat wasiat terkait blog ini. Belom kepikiran apa yang mau dilakukan sama blog ini kalo misalkan gw gak ada. Belom kasih username sama password lalalululili. Hahahaha. Tapi paling gak ahli waris buat asuransi sudah dong deh yes.  Ehiya belom pernah nulis soal asuransi nih di marih.  Hihihi.

Gak tahu sih, gimana menurut teman-teman sekalian? perlu gak sih mewariskan blog buat yang ngeblog di self hosted blog? Bagi dong pendapat kalian semua gimana. Terutama gw berharap bisa dapet insight dari temen-temen yang adsense ato wordadsnya sudah ratusan atau ribuan dollar sebulan.  Pengen tahu aja gimana.  😀

Kalo kalian ngerasa postingan ini bermanfaat dan memicu sebuah pemikiran dan pengen tahu pendapat temen-temen yang lain,  silahkeun monggo dishare. Gw sangat berterima kasih kalo semakin banyak dapet masukan tentang mewariskan blog buat yang mgeblog di self hosted blog.

Yours truly,

@danirachmat

32 tanggapan untuk “Mewariskan Blog Buat yang Ngeblog di Self Hosted Blog (Bagian – 2)”

Karena saya blm mau ribet dan masih suka yg gratisan…. Jadinya tetep di WP aja deh 😀

Teringat dua orang blogger di masa MP yg kemudian membuat blog lain di blogspot, keduanya sudah meninggal beberapa tahun yg lalu dan blognya tetap dapat diakses. Meskipun saya jarang berkunjung ke sana

Nah iya Bang. Sampe sekarang belum pernah ada pengalaman kenalan yang blognya meninggal sih.
Kalo di hosting gratisan kan akan selalu bisa diakses ya Bang.

Balas

aduuh jangan sampe deh blogku ilang. Iya pengennya sih teteeeep bisa dibaca ama anak cucu ntar trus bisa dilanjutin ama anak-anak klo udah meninggal nanti, Dan. walopun isinya ya ga penting amat sih tapi banyak kenangan di dalamnya.

Iya Mbak Vera. Pengennya cerita yang sudah kita tulis nggak hilang-hilang ya Mbak. Sedih memikirkan kalau blog yang kita tulis gak lagi bisa diakses.. 🙁

Balas

Kalau yang blogspot selama google belum mematikan layanannya sih mestinya masih bisa diakses Mbak Nita..

Balas

abis baca postingan ini, jadi pengen nanya, kalo udah pindah self hosting, trus kalo udah gak dibayar, isi blog otomatis pindah ke blog asal yg gratisan gak? atau ilang gitu aja?

Sayangnya enggak otomatis pindah Da.Kudu backup manual lagi. Itu salah satu keuntungan (ato kerugian) di self hosted blog. Kalo ilang gitu aja sih nggak, masih bisa minta ke hostingnya kok 😀

Balas

2 Hari yg lalu gue berpikir inipun, dan tulisan ini memantapkan gue untuk memindahkan semua tulisan diaryku ke Blog.
Thanks yaa Dani.

Wihiiiiii..Dikomenin Nik! Ya ampyuuun! Seneng banget guwehhh! Hihihi..
Btw Nik, hayuk atuuuh segera ngeblog! Hihihihi

Balas

Secara gw udah ngeblog lebih dari 10 tahun, udah ada tuh bayangan untuk mewariskan blog paling enggak ke anak-anak gw.

Dari beberapa tahun lalu sih gw rajin Backup postingan. Bahkan foto sendiri ada folder khususnya gak cuma dilaptop tapi sampe backup ke xternal HD.

Wiiiih… Iya Mbak De. Kalo sudah selama itu pasti banyak cerita yang sudah ditulis ya Mbak. Rutin backup dan terorganisir nih yang saya belomm… 🙁
Makasih Mbak De 😀

Balas

makasih mas Danii..pertanyaanku kemarin dibahas panjang lalalililuuu…hihii.
blog perlu diwarisin,,seneng ajah..kayak senengnya aku baca tulisan tangan catatan simbah jaman sekolah. meksi secara konten mungkin udah ngga update, nilai historisnya itu lhoo..

Eh, pertanyaannya itu ngena juga ya bang ._. kalau meninggal besok blognya mau dikemanain :’

Bener juga sih, sayang juga. Aku nulis diblog ini kan biar tulisannya bisa dibaca sama anak-cucu (nggak tau ada pembelajarannya nggak buat mereka) wkwkw jadi, tetep harus diwariskan ya :’ aku sih masih numpang wordpress, jadi berharap semoga wordpress akan terus ada aja :’)

Kaluu ane sihh sempet kepikiran
Soalnya kan kita ngasih infoinfo gituu meski kita udu fk ada pahala tetep ngalir..
Sedih juga kluu inget kita udh gk ada :’D

kalau domainnya masih ikut hosting blogspot, kalau ga dibayar kembali ke blogspot.com kan ya, Mas. Aman aja sih kalau gitu. hehehe… Asal jangan gulung tikar seperti Multiply dulu #MantanMPers

Tapi topik mewariskan blog ini jadi mengingatkan diri saya buat nulis yang baik2…

Iya kaaan? Sayang banget Mbak Astrid ngerasanya kalo cerita yang udah kita curahkan perasaan waktu nulisnya tiba-tiba ilang aja gitu.. Huehehehe…. Bingung juga ini blog sayah mau diapain. 😛

Balas

Kalau diwariskan untuk kemudian dijual untuk penawar tertinggi etis ga ya, apalagi kalau pakai nama ybs..tapi disney saja bukan dikelola walt disney lagi kan ya..hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version