Kategori
Investasi Reksadana

Reksa Dana Bisa Cair Kilat, Pilihan Tepat Dana Darurat!

Reksa dana cair kilat penting banget untuk melengkapi mantra terpenting setelah “Penghasilan harus lebih besar dari pengeluaran” dalam ngatur duit. Karena dalam merencanakan keuangan, mantra berikutnya adalah adalah: “Siapkan dana darurat sampai (idealnya) 12x pengeluaran bulanan sebelum mulai investasi”. Karena tanpa dana darurat, kondisi kamu bisa langsung darurat meskipun punya banyak investasi. 

Ih kok bisa gitu sih? Beneran?

Iya beneran!

Yuk-yuk coba dibahas lagi soal dana darurat ini. Kamu bisa baca dari awal sampai akhir. Atau bisa juga pakai daftar isi sesuai dengan daftar isi di bawah ini:

Reksa dana cair kilat terbaik di Bibit

Pencairan Reksa Dana Lebih Cepat, Pilihan Tepat Dana Darurat

1. Pentingnya Dana Darurat 

Dana darurat ini memang terlihat tidak terlalu penting, kalau belum mengalami situasi daruratnya. Langsung investasi ketika kondisi baik-baik saja terlihat sebagai sebuah langkah cerdas. Tanpa ada dana “tertahan” di instrumen yang “aman”. 

Tapi ketika kondisi tidak baik-baik saja, dana darurat akan terasa sangat krusial. 

Baca juga: Cara Menghitung Dana Darurat

Apalagi pas pandemi melanda kemarin. Banyak kejadian kan, pas pandemi tiba-tiba banyak perusahaan harus menghentikan kegiatan, para pekerja yang rajin berinvestasi kehilangan pekerjaan dan berharap mau mencairkan investasi untuk biaya hidup, malah terkejut! Kaget karena investasi juga pada rontok. Turun dalam!

Kalau begitu, mau ga mau kan harus cairkan investasi yang lagi rugi ya? Coba kalo ada dana darurat. Begitu pandemi melanda dan investasi turun, sambil bertahan hidup cari sumber penghasilan baru, dana darurat bisa dipakai. 

Jadi jelas kan, betapa pentingnya dana darurat? Lantas, bagaimana memilih instrumen dana daruratnya?

Kembali ke atas

2. Keamanan dan Fleksibilitas, Kunci Utama Dana Darurat

Reksa dana cair kilat terbaik di Bibit untuk Dana Darurat

Kalau ngomongin dana darurat, pasti sudah sering dengar kalau syarat utama dana darurat HARUS AMAN dan GAMPANG DIAMBIL kan? Karena itu, banyak yang kemudian menyarankan dana darurat harus ada di tabungan atau maksimal deposito. 

Pendapat tersebutlah yang kemudian banyak dianut dalam khotbah-khotbah terkait dana darurat. Karena memang, syarat utama dana darurat adalah aman dan fleksibel. 

Aman dari risiko penurunan harga dan fleksibel bisa dicairkan kapan saja. Dimana meskipun deposito memiliki jangka waktu tertentu, tapi memang bisa dicairkan kapanpun dibutuhkan setelah dikenakan penalti tertentu (biaya sekian persen dari nominal deposito atau tidak dibayarkan bunga berjalan). 

Tapi gue sendiri gak setuju. Setiap kali gue cerita soal dana darurat, gue selalu bilang, masih banyak pilihan aset lain yang bisa dimasukkan sebagai bagian dana darurat. Masih banyak aset lain yang memenuhi syarat aman dan fleksibel. 

Salah satunya tentu saja reksa dana. 

Kembali ke atas

3. Investasi dan Membangun Dana Darurat Bersamaan dengan Reksa Dana 

Meskipun gue masih sarankan untuk memiliki 1x-2x dana darurat di deposito dan atau tabungan terlebih dahulu untuk akses yang lebih cepat, tapi reksa dana pasar uang adalah pilihan yang jauh lebih masuk akal untuk dijadikan instrumen menyimpan dana darurat. Bahkan kalau perlu, cuma 1x pengeluaran bulanan saja ada di tabungan. 

Hanya karena tabungan bisa dicairkan dan diambil kapan saja. Tapi, gimana kalau ternyata reksa dana pasar uang juga bisa dicairkan instan? Bisa cair saat itu juga tanpa harus menunggu 1 hari? 

Kalau itu yang terjadi, gue akan menyarankan menyimpan dana darurat di reksa dana pasar uang saja! Lha kalau memang bisa cair kapan saja, kenapa banyak-banyak di rekening tabungan?  

Lha karena nyimpen di reksa dana pasar uang itu relatif aman kok. Meskipun reksa dana pasar uang bukan produk yang dijamin oleh LPS, tapi instrumen pembentuknya terdiri atas deposito dan juga obligasi yang jatuh tempo kurang dari setahun. 

Jadi, dari sisi nilai sendiri relatif stabil, sementara menawarkan kesempatan untuk mendapatkan return yang jauh lebih besar dibandingkan tabungan atau bahkan deposito sekalipun. Apalagi kalau bisa cair lebih cepat. 

Cocok kan jadinya kalau reksa dana pasar uang dijadikan bagian utama dana darurat?

Kembali ke atas

4. Reksa Dana Cair Cepat, Pilihan Tepat Dana Darurat

Reksa dana cair kilat terbaik di Bibit untuk Dana Darurat

Oh, satu lagi syarat untuk dana darurat selain keamanan, fleksibilitas alias kecepatan pencairan! Reksa dana secara umum kan memiliki waktu pencairan maksimal 7 hari bursa. Apakah ini cocok dijadikan dana darurat?

Sebenarnya, kalau mengaturnya benar, 7 hari bursa waktu maksimal pencairan reksa dana cukup untuk dijadikan dana darurat. Kan tadi masih ada 1 bulan pengeluaran di tabungan. Begitu butuh dana darurat, kan di reksa dana bisa langsung dicairkan. Tapi okelah, bisa gak reksa dana pasar uang langsung cair saat itu juga?

Bibit sebagai platform penjualan reksa dana andalan gue udah bisa nih menyediakan reksa dana yang bisa cair dalam hitungan detik alias instan! Cair saat itu juga ketika dijual pas kamu butuh cepat.

Pencairan reksa dana lebih cepat ini tentu saja sebuah solusi tepat untuk yang ingin membangun dana darurat, tapi ingin juga dananya berkembang lebih optimal. Dana gak nganggur di tabungan, dan sewaktu-waktu butuh, bisa langsung dipergunakan. 

Fitur keren untuk yang pengen ngebangun dana darurat ini bisa dinikmati oleh pengguna Bibit dan Bank Jago karena nantinya reksa dana yang dicairkan instan ini akan dicairkan ke rekening Bank Jago. Buat gue pas banget karena gue udah pake dua-duanya. 

Kembali ke atas

5. Pencairan Reksa Dana Lebih Cepat Dengan Tanda Kilat

Nah, kalau kamu mau cobain beli reksa dana yang bisa cair lebih cepat ini, tinggal cari reksa dana dengan tanda kilat di samping nama reksa dananya. Saat ini tersedia dua reksa dana dengan tanda kilat ini. 

Kedua reksa dana tersebut adalah reksa dana pasar uang. Kamu tinggal masuk ke akun Bibitmu dan pilih reksa dana pasar uang di menu “Pilih Produk Sendiri”:

Setelah masuk ke dalam daftar reksa dana pasar uang yang ada di Bibit, pilih Discover More untuk menampilkan semua reksa dana pasar uang. Perhatikan ada satu reksa dana pasar uang sebelum kita masuk ke Discover More, sudah memiliki tanda kilat. 

Setelah muncul semua reksa dana pasar uang yang bisa dibeli, coba filter dengan menggunakan kategori Pencairan Instan seperti di bawah ini:

Voila! Ada 2 produk reksa dana pasar uang yang bisa dicairkan instan seketika. Manulife Dana Kas II Kelas A dan Manulife Dana Kas Syariah!

Kembali ke atas

Investasi Fleksibel dan Menguntungkan untuk Dana Darurat

Dengan kemajuan teknologi, membangun dana darurat tidak harus hanya menggunakan tabungan dan deposito. Apalagi ketika tersedia pilihan yang jauh lebih menguntungkan seperti di reksa dana pasar uang. 

Kalau membicarakan tentang keamanan, reksa dana pasar uang menawarkan kenyamanan yang kurang lebih sama dengan produk bank. Jadi, tidak perlu khawatir berlebihan karena tidak adanya jaminan dari pemerintah melalui LPS. 

Keuntungan yang jauh lebih besar di produk reksa dana pasar uang membuat uang kita bekerja lebih. Apalagi dengan adanya fleksibilitas yang sangat memudahkan untuk menyimpan uang untuk tujuan darurat. 

Dan, kalau kamu mau pakai Bibit download aplikasinya di sini, jangan lupa masukkan kode referral mamat74 agar kamu bisa dapat bonus untuk mulai investasi sebesar Rp 25.000!

Kembali ke atas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version