Kategori
Investasi

Ini Dia Cara Investasi Uang 100 Ribu, 1 Juta, dan 10 Juta yang Menguntungkan

Pengin tahu cara investasi uang? Tapi bingung harus punya modal berapa dan apa saja yang kudu disiapkan? Bagaimana cara investasinya?

Well, sebenarnya, cara investasi uang itu bisa mulai dari modal berapa pun. Kamu punya uang Rp100 ribu, Rp1 juta, apalagi Rp10 juta—semua bisa kok menguntungkan!

Era digital saat ini membuat para investor bisa bergerak tanpa batas untuk berinvestasi dan mengumpulkan passive income. Nah, mau modal Rp100 ribu, Rp1 juta, Rp10 juta, yuk, coba kita lihat gambarannya. Apa saja yang bisa dilakukan, dan instrumen apa saja yang cocok.

Yuk, simak uraiannya berikut ini.

Cara Investasi Uang Rp100 Ribu

Yes, buat kamu yang penghasilan masih tipis, jangan khawatir. Kamu punya uang Rp100 ribu, nyatanya bisa mendatangkan keuntungan juga kalau kamu tahu cara investasi uang dengan benar.

Apa saja yang bisa kamu lakukan dengan uang Rp100 ribu?

1. Investasi reksa dana

Reksa dana bisa menjadi cara investasi uang Rp100 ribu yang tepat agar bertambah nilainya setiap hari.

Investasi reksa dana memungkinkanmu untuk berinvestasi melalui manajer investasi, yang nantinya akan mengelola dana kamu bersama investor lainnya untuk dibelikan portofolio efek. Dengan kepiawaian mereka dalam menganalisis instrumen, manajer investasi akan berusaha agar nilai investasimu meningkat sesuai harapan.

Reksa dana ini sangat cocok sebagai cara investasi uang untuk pemula karena punya risiko relatif rendah dibandingkan instrumen lain.

2. Tabungan emas

Tabungan emas juga bisa jadi cara investasi uang Rp100 ribu yang cukup efektif. Cara ini bisa kamu lakukan di berbagai platform yang sudah banyak tersedia. Misalnya bisa via Pegadaian, marketplace, dan yang lainnya.

Nominal Rp100 ribu tersebut nanti akan dikonversikan dalam jumlah gram emas berdasarkan harga yang berlaku saat itu. Emas juga merupakan jenis investasi safe haven, efektif sebagai alat pelindung nilai dan tidak terpengaruh inflasi. Cocok buat masa-masa krisis begini.

3. Investasi mata uang asing

Cara investasi uang asing bisa dibilang cukup menjanjikan lho, bahkan bisa memberikan pendapatan pasif setiap bulannya.

Tapi pastikan saat membeli mata uang asing tersebut nilainya sedang turun. Kamu juga harus teliti memilih mata uang yang nilainya kuat dan bisa digunakan di banyak negara.

Tip terbaik adalah dengan melakukan pembelian secara berkala agar keuntungan investasinya meningkat, lalu saat mata uang tersebut akan dijual pastikan nilainya sedang naik. Ambillah jenis tabungan valuta asing di bank.

4. Investasi P2P lending

P2P lending merupakan salah satu cara investasi uang yang cukup populer belakangan.

Dalam prosesnya, pemberi pinjaman akan memberikan dananya sebagai pinjaman modal bagi orang lain sebagai peminjamnya. Nantinya, keuntungan yang diterima investor didapatkan dari bunga pinjaman yang besarannya disetujui kedua belah pihak.

P2P lending ini merupakan metode penyediaan dana dari investor untuk peminjam tanpa melibatkan jasa perbankan. P2P Lending punya tingkat keuntungan yang tinggi, tapi tentu saja harus disesuaikan lagi dengan profil risiko yang dikelola. Kamu bisa mulai dengan meminjamkan dana dari mulai Rp100 ribu.

Kembali ke atas

Cara Investasi Uang Rp1 Juta

Cara investasi uang dengan modal Rp1 juta sebenarnya bisa dilakukan seperti modal Rp100 ribu, mulai dari reksa dana hingga P2P lending. Namun, berikut ini ada beberapa produk investasi lainnya yang bisa kamu coba dengan uang Rp1 juta.

1. Investasi emas

Investasi emas ini cara kerjanya berbeda dengan tabungan emas ya. Berinvestasi dengan logam mulia ini banyak diminati oleh masyarakat karena cukup simpel, yaitu hanya dengan membeli batangan emas sesuai berat yang diinginkan, lalu menunggu kenaikan nilainya dari waktu ke waktu.

Emasnya disimpan di tempat yang aman. Emas juga tidak sulit untuk dijual jika sewaktu-waktu membutuhkan dana.

2. Investasi saham online

Cara investasi uang dengan bermain saham tidak melulu berbicara tentang modal besar puluhan juta loh, sekarang. Hanya bermodalkan Rp1 juta saja kamu sudah bisa investasi saham.

Dengan modal Rp1 juta, kamu bisa membeli 10 lot saham seharga maksimal Rp1.000 per lembar. Bisa lebih banyak lagi, kalau kamu bisa menemukan saham bagus yang dijual di bawah harga Rp1.000. Mau saham bluechip? Boleh saja, tapi rata-rata harganya lebih dari Rp1.000. Enggak masalah, hanya saja jumlah lotnya lebih sedikit, tetapi peluang imbalnya lebih besar.

So, agar investasi sahammu lancar, pilihlah perusahaan dengan sekuritas yang menyediakan aplikasi online yang mumpuni. Investasi jadi lebih mudah karena dilakukan secara online.

3. Investasi Surat Berharga Negara (SBN)

Saat artikel ini ditulis, pemerintah sedang dalam masa menawarkan SR017, yang bisa kamu beli mulai dari Rp1 juta saja. Dengan kupon sebesar 5.9% per tahun, kamu bisa mendapat bunganya secara rutin setiap bulan di rekening loh.

Investasi SBN ini cocok sebagai cara investasi uang dengan modal kecil. SBN menawarkan batas nominal investasi yang disesuaikan dengan penghasilan rata-rata warga negaranya. SBN juga memberikan jaminan bunga dan pokok investasinya oleh pemerintah. Kamu bisa memilih SBN jenis Surat Utang Negara (SUN) atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Kembali ke atas

Cara Investasi Uang Rp10 Juta

Uang Rp10 juta merupakan nominal yang lumayan besar lo, kalau jadi modal awal investasi. Harusnya sih, kamu enggak perlu pusing banget buat memilih instrumen investasi kalau modal kamu segini.

But anyways, berikut ini rekomendasi investasi yang bisa kamu pilih.

1. Deposito

Deposito menjadi investasi yang bisa memberikan keuntungan dengan modal 10 juta saja. Uang yang disimpan di deposito juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan dengan maksimum nilai Rp2 miliar. Artinya deposito adalah investasi yang minim risiko dan paling simpel dari jenis investasi lainnya.

Akan tetapi, deposito memberikan keuntungan yang terbilang kecil dari jenis instrumen investasi lainnya. Kamu hanya akan mendapatkan untung sekitar 3% saja per tahun. Makanya, kalau mau “kerasa” modalnya kudu diperbesar. Rp10 juta itu bisa jadi awal yang baik, meskipun ada bank yang bisa menerima kurang dari itu. Tapi dibandingkan dari suku bunga tabungan, deposito masih lebih tinggi.

2. Investasi bisnis waralaba

Waralaba menjadi salah satu cara investasi uang yang layak dicoba loh, apalagi jika kamu punya banyak waktu untuk menjalankannya.

Memang ada bisnis waralaba yang modalnya cukup Rp10 juta? Jangan salah! Bahkan ada kok, yang bisa kurang dari itu. Beberapa di antaranya adalah waralaba Mr. John Singapore, Candy Crepes, Popchick, dan banyak lagi. So, silakan diceki-ceki, gugling kalau perlu ya.

3. Investasi crowdfunding

Crowdfunding merupakan permodalan urun dana yang dibentuk dengan skema pembiayaan suatu kegiatan usaha. Nantinya dana ini dikumpulkan dari sejumlah besar pemodal untuk menjalankan sebuah usaha tertentu. Keuntungannya yang diperoleh berasal dari laba usaha tersebut.

Crowdfunding bisa jadi salah satu cara investasi uang yang bisa kamu mulai dengan modal 10 juta saja. Produk investasi ini juga memberikan kemudahan bagi pengusaha hingga UMKM, sehingga sangat populer dan aman karena telah diatur dalam peraturan no. 37/POJK.04/2018.

4. Investasi saham

Jika kamu tipikal yang berani ambil risiko, saham tetap menjadi salah satu cara investasi uang yang bisa kamu pertimbangkan.

Saham dapat memberikan keuntungan yang besar, tapi tentu tergantung dari tren pasar dan kinerja perusahaan yang kamu beli sahamnya. Keuntungannya bisa berupa capital gain yang diperoleh dari selisih fluktuasi harga saham, dan juga dividen yang merupakan pembagian laba usaha. Kerugiannya berupa capital loss yang disebabkan oleh fluktuasi harga saham yang jatuh. Lakukan diversifikasi portofolio seperlunya, agar meminimalkan risiko ini.

Kembali ke atas

Sudah tahu cara investasi uang mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah di atas, terus, enggak ada alasan lagi buat menunda investasi kan? Kira-kira kamu tertarik yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version