Kategori
Investasi Saham

8 Langkah Memilih Aplikasi Investasi Saham Terbaik

Jadi kalau kamu pengin tahu apa itu aplikasi investasi saham, ini adalah aplikasi yang digunakan untuk memantau tanda-tanda yang memperlihatkan keadaan naik turunnya harga saham di setiap waktu. Aplikasi ini bisa juga digunakan untuk melihat informasi laporan keuangan, arus kas, utang, dan ekuitas emiten saham yang kita mau capai.

Aplikasi saham yang tersedia umumnya didukung fasilitas untuk melakukan investasi, seperti data Price Earning Ratio (PER) Saham, Nilai Market Cap, Price Book Value (PBV), fasilitas untuk mengetahui pergerakan saham dan fasilitas pendukung lainnya. Ya, pastinya fitur semakin lengkap, artinya aplikasinya semakin baik. Aplikasi saham ini memudahkan generasi melek digital dan investasi seperti saat ini, menjadi lebih terbantu dan menarik perhatian pada investor di dunia.

Tapi ya, aplikasi kayak gini tuh banyak beud. Mau dalam negeri, luar negeri. Kayaknya makan waktulah ya, kalo mesti nyobain satu per satu.

Nah, makanya, ikuti terus artikel ini, soalnya ke bawah bakalan banyak informasi yang penting kamu ketahui terkait aplikasi investasi saham.

Jenis Aplikasi Investasi Saham

Sebelum menentukan aplikasi yang akan dipilih, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja saham jenis-jenis aplikasi investasi saham yang tersedia saat ini, di antaranya sebagai berikut.

1. Aplikasi saham milik bank

Bank itu nggak hanya buat nabung doang, atau buat bikin deposito doang loh! Bank juga mengembangkan aplikasi saham, biasanya sih dalam aplikasi mobile banking.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk transfer bank, menabung, membayar transaksi online, termasuk juga investasi, kalau memang disediakan. Selain itu, bisa juga digunakan untuk top up saldo shopeepay, dan lain sebagainya.

2. Aplikasi saham sekaligus komunitas online

Aplikasi ini memungkinkan kita sebagai user untuk bisa berinteraksi langsung juga dengan pengguna yang lain, untuk sarana bertukar ilmu dan sharing sharing tentang saham, selain bisa dipakai untuk transaksi saham.

3. Aplikasi saham simulasi

Aplikasi ini dipergunakan untuk orang orang yang mau belajar atau baru belajar tentang aplikasi saham. Kamu bisa mendapatkan tutorial-tutorial dan panduan dasar investasi serta trading saham, mulai dari panduan cara jual beli saham, cara analisis perusahaan emiten, hingga tahap transaksi.

Kembali ke atas

Langkah Memilih Aplikasi Investasi Saham Terbaik

Setelah mengetahui dan menentukan jenis aplikasi saham apa yang akan digunakan, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu ketahui untuk menentukan aplikasi saham terbaik yang akan kamu pilih.

1. Proses Pembukaan Akun

Nggak ada yang menginginkan aplikasi saham yang persyaratan untuk buka akunnya bertele-tele, ribet, dan juga lambat. Semua orang pasti ingin sesuatu yang mudah dan praktis.

Hal ini juga dapat kamu pertimbangkan pertama kali dengan cara mengetahui kebijakan ketentuan akun dari aplikasi saham yang akan kamu pilih. Umumnya, setiap aplikasi memiliki kebijakan yang berbeda-beda, sehingga kamu sebaiknya menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

Misalnya, ada beberapa aplikasi yang meminta kamu melakukan verifikasi data diri terlebih dahulu dengan video call, foto identitas diri, selfie wajah, hingga mengirimkan buku tabungan. Sebaiknya pilih aplikasi yang persyaratannya paling mudah dan cepat.

 2. Syarat dan Ketentuan Aplikasi Investasi Saham

Mengetahui dan membaca dengan teliti syarat ketentuan aplikasi merupakan hal penting yang tidak boleh kamu abaikan.

Hal ini perlu dilakukan karena beberapa aplikasi saham ada yang menetapkan deposit dengan nominal tertentu, baru bisa bertransaksi saham. Sementara, beberapa aplikasi lainnya ada yang membebaskan deposit awal hingga tidak ada batas minimum. Hal seperti ini jelas sangat penting untuk kamu cermati lagi.

Kembali ke atas

3. Mempertimbangkan Fitur Aplikasi Investasi Saham

Fitur dari aplikasi investasi saham menjadi salah satu kelebihan yang membedakan di antara aplikasi lainnya. Kamu bisa mempertimbangkan fitur apa saja yang disediakan pada aplikasi yang akan dipilih. Meskipun terdapat aplikasi yang menyediakan lebih sedikit fitur, tapi sesuai dengan kebutuhan kamu, kamu bisa menjadikannya pilihan. Apalagi jika fitur yang disediakan cukup lengkap.

Kamu juga bisa memilih aplikasi investasi saham sekaligus reksa dana, atau juga aplikasi yang punya fitur sekaligus auto trading untuk memudahkan kamu memantau pergerakan saham. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu untuk dimanfaatkan dengan optimal.

4. Lacak Rekam Jejak Aplikasi Investasi Saham

Aplikasi yang akan kamu gunakan bisa diketahui rekam jejaknya di internet, mulai dari pencarian Google, media sosial, review seseorang, hingga ulasan orang-orang pada aplikasi tersebut. Semakin sedikit pengguna yang complain, bisa dipastikan artinya minim potensi masalah yang akan terjadi kedepannya.

Hindari memilih aplikasi investasi saham abal-abal, hanya akan merugikan kamu saja.

Kembali ke atas

5. Pastikan Contact Service Kooperatif

Jika ada masalah terkait investasi saham yang sedang kamu alami, pasti kamu ingin segera mengatasinya bukan? Maka pastikanlah contact service yang tersedia fast respon dan juga helpful.

Hal ini dapat membantu aktivitas investasi dan trading kamu berjalan dengan lancar jika sewaktu-waktu terdapat hambatan dalam prosesnya. Pasalnya, ada beberapa aplikasi yang contact servicenya tidak membantu dan sangat lama dalam merespon penggunanya.

6. Aplikasi Tidak Sering Maintenance

Aplikasi yang sering melakukan maintenance, akan membuat penggunanya tidak bisa mengakses. Apalagi jika baru-baru selesai, biasanya akan ada hal-hal yang belum sempurna mulai dari angka di aplikasi yang ngaco, fitur yang digunakan tidak berjalan, dan yang lainnya.

Untuk mengetahuinya memang sulit jika belum menggunakannya, tapi kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu pada forum-forum atau ulasan pengguna sebelumnya. Hal ini cukup membantu dalam menyeleksi aplikasi terbaik.

Kembali ke atas

7. Periksa Nilai MKBD Broker Aplikasi Investasi Saham

Memeriksa Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) pada broker saham yang menyediakan aplikasi dapat menghindari kamu memilih aplikasi yang memungkinkan broker bangkrut, hingga akhirnya aplikasi bisa ditutup dan merugikan nasabahnya.

Kamu bisa mengecek MKBD broker aplikasi investasi saham pada BEI, dengan nilai MKBD senilai Rp25 M, artinya broker aman karena punya modal yang cukup. Semakin besar nilai MKBD, maka akan semakin aman secara keuangan.

8. Perhatikan Data dan Chart Aplikasi

Pilihlah aplikasi yang menyediakan informasi memadai supaya pengguna dapat mengambil keputusan yang akurat dan menguntungkan. Aplikasi investasi saham yang bagus biasanya akan menyediakan data laporan keuangan historis dalam beberapa tahun kebelakang dengan rasio keuangan dalam menilai kinerja saham.

Charts teknikal saham yang disediakan secara lengkap juga dapat membantu kamu dalam mengatur strategi keluar masuk dalam transaksi saham. Apalagi jika data dan informasi yang ditampilkan mudah dibaca dan juga diakses.

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui dalam memilih aplikasi investasi saham terbaik. Memang, untuk memilih aplikasi saham yang tepat, perlu adanya pertimbangan yang matang dan akurat. Pastikan aplikasi yang dipilih sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat berinvestasi saham karena menyangkut persoalan antara keuntungan dan kerugian.

Selamat mencoba!

Satu tanggapan untuk “8 Langkah Memilih Aplikasi Investasi Saham Terbaik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version