Kategori
Asuransi Perencanaan Keuangan

Gini Cara Klaim Asuransi Mobil Supaya Nggak Sampai Ditolak

Kadang ya, orang tuh sudah sadar, bahwa asuransi itu penting. Tapi, kasus klaim asuransi ditolak juga sering terjadi. Kenapa ya? Ini juga termasuk klaim asuransi mobil nih.

“Katanya susah ya klaim asuransi mobil?”
“Kata siapa?”
“Ya, pokoknya ada sih yang bilang gitu.”
“Ya, tergantung kelengkapan dokumen untuk mengurus klaim dan juga perusahan asuransimu.”
“Nah, terus, gimana sih cara klaim asuransi mobil yang bener itu? Rumit enggak sih?”

Ya, sebenarnya sih ya enggak. Asalkan memang semua syarat sudah dipenuhi dengan benar, dan klaimnya bukan fraud, maka pasti diterima dan segera diproses.

Yuk, ikuti artikel ini sampai selesai kalau gitu ya.

Cara Klaim Asuransi Mobil Biar Nggak Ditolak

1. Kenali asuransimu

Jadi gini. Jenis asuransi mobil itu ada dua jenis, yaitu all risk dan TLO (Total Loss Only). Nah, kamu perlu mengenali cara kerja keduanya, dan jenis yang mana nih yang kamu beli. Jika kerusakannya termasuk all risk, tapi kamu klaimkan TLO ya jelas. Ditolak.

Sebelum kamu membeli produk asuransi, sebaiknya kamu memastikan layanan asuransi yang memberikan perlindungan sesuai kebutuhan dan kemampuan finansialmu. Kamu bisa memilih satu dari 2 jenis perlindungan pada asuransi mobil, yaitu All Risk dan TLO (Total Loss Only).

Jenis perindungan all risk akan memberikan jaminan semua kerusakan mobilmu, mulai dari kerusakan ringan, berat, sampai kehilangan mobil. TLO (Total Loss Only) akan memberi jaminan bila terjadi kehilangan atau kerusakan di atas 75%. Jika mobilmu hanya rusak sedikit, misalnya kaca spion patah atau lecet, pihak asuransi tidak akan mengganti ruginya.

Kedua jenis perlindungan di atas menawarkan premi yang berbeda. Tentu saja premi all risk lebih besar dibanding TLO. Jadi, kamu mau pilih yang mana? Pastikan sesuaikan dengan kebutuhan dan finasialmu juga, ya!

Nah, ada pentingnya untuk kamu membaca polis asuransi dengan cermat sebelum membelinya. Apa saja yang dicover, dan apa term & conditionnya. Pahami betul apa yang kamu beli, supaya kamu bisa memanfaatkannya dengan optimal.

Sama seperti asuransi yang lain, cara klaim asuransi mobil harus dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan pihak asuransi, ya. Jika kamu tidak memenuhinya, kemungkinan klaim asuransi mobilmu bisa ditolak.

Kembali ke atas

2. Siapkan dokumen

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan dokumen dan persyaratan klaim asuransi mobil yang diperlukan.

Siapkanlah semua dokumen ini sebelum kamu menghubungi pihak asuransi. Ya bisa berbeda sih, antara asuransi yang satu dengan yang lain.

Tapi biasanya sih, pihak asuransi akan meminta:

  • Fotokopi STNK dan SIM
  • Salinan pemegang polis asuransi
  • Formulir klaim asuransi
  • Surat keterangan polisi apabila mobil mengalami lecet atau rusak karena kecelakaan.

Cek apakah ada syarat dokumen lain juga. Karena, sekali lagi, bisa berbeda satu asuransi dengan yang lainnya.

Jangan sampai ada yang terlewatkan semua dokumen tersebut. Jika kerusakan mobil karena pihak ketiga atau orang lain, maka persyaratannya akan sedikit bertambah seperti:

  • Surat dari pihak ketiga tentang pernyataan tuntutan ganti rugi bermaterai.
  • Surat pernyataan dari pihak ketiga yang berisikan jika bersangkutan tidak memiliki layanan asuransi.

Kembali ke atas

3. Segera Menghubungi Pihak Asuransi

Hubungi pihak asuransi sesegera mungkin. Hal ini perlu kamu lakukan agar klaim asuransi mobil kamu dapat ditangani oleh pihak asuransi dengan segera juga.

Coba cek dalam syarat dan ketentuan klaim asuransi mobil, berapa lama waktu untuk melaporkan kejadian kecelakaan atau musibah tersebut agar bisa diproses. Ya, rata-rata sih maksimal 3 x 24 jam setelah kejadian.

Intinya, semakin cepat kamu melapor, semakin mudah pula pengajuan klaimnya. Jika kerusakannya parah, ada juga perusahaan asuransi yang menyediakan layanan derek untuk langsung membawa mobilmu ke bengkel rekanan.

Kembali ke atas

4. Siapkan Bukti Klaim Asuransi Mobil

Dokumentasikan kondisi mobilmu yang mengalami lecet atau rusak karena kecelakaan. Karena asuransi ini cara kerjanya berdasarkan bukti. Ya, wajar sih. Nggak ada bukti, ya siapa tahu jadinya fraud.

Jika mobilmu hilang di tempat parkir, bukti yang harus kamu miliki adalah rekaman CCTV, atau juga bukti lain yang dapat menguatkan klaim kamu. Termasuk surat keterangan dari polisi juga sebaiknya kamu lampirkan beserta bukti ini.

Kembali ke atas

5. Jelaskan Kronologi Kejadian Secara Runtut

Langkah klaim asuransi mobil selanjutnya adalah memberikan kronologi kejadian secara rinci dan jelas.

Hal ini menjadi penentu klaim asuransi kamu diterima atau ditolak. Penjelasan yang terperinci dan jelas akan memudahkanmu dalam melakukan klaim asuransi mobil.

Sangat penting sekali bagi kamu untuk dapat mengingat kejadian dari lokasi, waktu kejadian, hingga posisi pengemudi mobil saat kejadian dan sebagainya.

Jawablah pertanyaan pihak asuransi dengan baik dan tidak berbelit-belit, sehingga mudah mereka mengerti. Dengan begini, proses klaim asuransi mobilmu pun akan menjadi lebih lancar.

Kembali ke atas

Nah, tambahan sedikit ya. Nggak usah dimasukin ke dalam poin di atas.
Kamu juga harus mengecek coverage area perusahaan asuransimu. Terkadang kasus klaim asuransi ditolak, karena wilayah klaim tidak ada di dalam kontrak. Misalnya, kamu beli polis asuransi di Indonesia. Wilayah klaim ya di Indonesia. Tapi ternyata kamu mengalami kecelakaan di Brunei Darussalam, misalnya. Atau di perbatasan Papua Nugini. Ya, jelas klaim kamu ditolak.

YHA!

Jadi, cek juga tuh wilayah coverage asuransi. Jangan-jangan kamu liburan di Eropa, sewa mobil di sana, kecelakaan, terus klaim asuransi mobil kamu di Indonesia.

Selain itu, pastikan juga bahwa kamu tidak melanggar hukum. Misalnya, kamu kecelakaan saat membawa mobil. Tapi ternyata, kamu mengendarai dalam pengaruh alkohol atau narkoba. Ya jelas, klaim asuransi mobil kamu akan ditolak.

Wah, kok tambahannya banyak ya? Tadi katanya sedikit.

Ya udah. Sekarang sudah tahu kan, cara klaim asuransi mobil agar tidak ditolak pihak asuransi?

Sekali lagi, pastikan juga kamu tidak melewati batas waktu yang telah disepakati dalam polis. Bacalah polis asuransi mobil dengan teliti, agar kamu bisa mendapatkan manfaat perlindungan yang maksimal dari asuransi mobil yang kamu pilih.

2 tanggapan untuk “Gini Cara Klaim Asuransi Mobil Supaya Nggak Sampai Ditolak”

Terimakasih atas ilmunya saya mendapatkan banyak ilmu dari bacaan diatas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *