Kategori
Investasi Uncategorized

Investasi Terbaik untuk Tahun 2021, Apa Ya?

Apa sih harapanmu di tahun 2021 nanti? Tahun 2020 hampir berakhir loh! Pastinya setiap orang menginginkan mempunyai finasial yang baik dari pada tahun ini bukan? Untuk mewujudkannya, kamu bisa melakukan banyak cara. Salah satunya dengan mencari instrumen investasi terbaik agar kamu mendapatkan keuntungan yang lebih optimal tahun depan. Misalnya seperti mencari pekerjaan yang penghasilannya lebih besar atau dengan membuka bisnis agar dapat melakukan kontrol keuangan yang lebih bijaksana.

Hmmm, kontrol keuangan yang lebih bijaksana.

Terdengar gampang, tapi susah bet buat dilakukan. Iya, tahu banget sih. Hal ini dikarenakan sifat manusia yang konsumtif, jadi buat sebagian orang, rasanya sulit untuk bisa mengontrol keuangan pribadi.

Yah, kalau gitu, mumpung momennya oke–mau ganti tahun, so kenapa kamu juga nggak ganti kebiasaan? Jangan membiarkan gaya hidup konsumtifmu terus dilakukan. Kamu perlu investasi terbaik dengan memilih instrumen yang cocok untuk kamu demi menahan gaya hidup yang konsumtif.

Sudah seharusnya kamu memulai investasi dari sekarang, apalagi sebentar lagi pergantian tahun. Jadi tunggu apalagi, investasi merupakan pilihan terbaik jika kamu ingin memiliki finansial yang jauh lebih baik untuk ke depannya.

Jika kamu dapat memilih instrumen dengan tepat, maka kamu tidak akan kehilangan penghasilan, namun dapat menambah berkali-kali lipat keuntungan. Seharusnya investasi ini bisa menjadi gaya hidup karena sudah semakin banyak instrumen yang ditawarkan sesuai dengan waktu dan risikonya.

Apa saja investasi terbaik dan tepat untuk kamu dalam menghadapi situasi new normal tahun depan? Yuk, simak berikut ini!

4 Instrumen Investasi Terbaik untuk Dimiliki Tahun 2021

1. Reksa Dana

Investasi terbaik untuk tahun depan yang bisa kamu pilih yaitu reksa dana. Instrumen ini menyerahkan pengelolaan dana kamu ke ahlinya, atau yang disebut MI (Manajer Investasi).

Untuk kamu investor pemula, instrumen ini sangat tepat sebagai starting point. Kamu hanya perlu menyerahkan sejumlah dana ke reksa dana yang kamu pilih, maka MI akan mengelolanya.

Reksa dana juga menawarkan banyak pilihan produk. Jika kamu ingin yang rendah risiko, pilih reksa dana pasar uang. Jika ingin return tinggi dan siap juga dnegan risiko tinggi, kamu bisa memilih reksa dana saham. Ada juga reksa dana campuran untuk pilihan aman, return tinggi, dan risiko yang tinggi.

Saat ini reksa dana dijual online, mulai dari Bibit, Bareksa, dan lain sebagainya. Reksa dana ini bisa kamu beli via aplikasi di smartphone kamu. Caranya juga sangat mudah dan enggak ribet. Di aplikasi Bibit juga ada rekomendasi Robo Advisor. Jadi nanti Robo Advisor akan menyesuaikan dengan profil risiko kamu. Ada juga reksa dana yang dijual via e-commerce seperti di jual di Bukalapak dan Tokopedia.

Jadi kamu bisa memilih lalu menentukan reksa dana apa yang paling tepat dengan tujuan keuangan dan profil risikomu.

Kembali ke atas

2. Saham

Investasi terbaik yang relatif paling menguntungkan dan dapat memberikan return lebih besar dibanding instrumen lain adalah saham.
Namun, perlu kamu ingat ya! Untuk mendapatkan return yang besar maka harus sebanding juga dengan risikonya. Maka dari itulah, kamu harus mempunyai pengetahuan dasar tentang pasar modal, sebelum kamu memulainya.

Saham merupakan bentuk investment jangka panjang, yang nilainya bisa dibilang sejalan dengan inflasi. So, kalau mau dapat return terbaik, maka instrumen ini seharusnya kamu pegang untuk minimal 5 tahun, bahkan 10 tahun.

Untuk kamu investor pemula, sebaiknya berfokus ke saham blue chip yang mempunyai risiko yang terukur dan memiliki keuntungan yang stabil. Sebelum kamu bisa menjadi seperti Warren Buffet, kamu mesti sabar, selalu belajar, dan memperhatikan pergerakan ekonomi.

Apa saja yang perlu kamu siapkan dalam memulai investasi saham?

Belajar saham yang bener

Jangan mudah terpancing atau mengikuti perkataan orang. Kamu harus mempelajari dengan baik bagaimana melakukan investasi saham. Lakukan berdasarkan pengetahuan dan keyakinanmu.

Pilih aman dulu

Ya memang sih, nggak ada investasi yang 100% aman. Tapi kita bisa memilih yang risikonya paling rendah dulu. Saham blue chip bisa jadi opsi terbaik. Apa itu saham blue chip? Coba cek artikel yang lalu yak. Sudah dijelaskan dengan detail.

Diverisifikasi

Ini adalah salah satu cara untuk manajemen risiko investasi. Gimana teknik diversifikasi yang oke? Coba cek artikel di Diskartes ini. Sudah cukup lengkap, pakai studi kasus juga.

Kembali ke atas

3. Obligasi

Obligasi alias surat utang jangka menengah hingga jangka panjang, dan bisa jadi opsi investasi yang cukup menjanjikan di tahun 2021 mendatang. Surat utang ini bisa diterbitkan atau dikeluarkan oleh korporasi ataupun negara.

Kalau dilihat, obligasi mungkin tampak mirip dengan sukuk, padahal sebenarnya keduanya berbeda. Seperti obligasi akan memberikan bunga, sementara sukuk tidak. Sukuk memberikan imbal hasil alias nisbah, sementara obligasi tidak.

Apa yang membuat obligasi mempunyai return investasi terbaik? Hal ini dikarenakan bunga yang diberikan obligasi pada umumnya lebih tinggi daripada bunga Bank Indonesia (BI).

Adanya bunga yang lebih tinggi membuat obligasi jelas menjadi pilihan investasi yang cukup oke untuk tahun 2021 daripada kamu hanya sekadar menabung di bank. Peluang lainnya, kamu juga akan mendapatkan capital gain dari penjualan obligasi di pasar sekunder. Untuk risiko investasi dari obligasi ini bisa dibilang sangat minim, apalagi jika obligasi tersebut dikeluarkan oleh pemerintah.

Instrumen investasi yang diterbitkan pemerintah dan bersifat sebagai utang lainnya adalah SBN (Surat Berharga Negara) Sukuk Syariah. SBN ini sengaja dikeluarkan pemerintah agar masyarakat Indonesia bisa terlibat langsung dalam perekonomian negara.

Ada 3 jenis SBN yang dikeuarkan pemerintah Indonesia yaitu:

  • SBR (Savings Bond Ritel), yaitu surat utang yang dijual kepada masyarakat Indonesia yang dijadikan alternatif investasi aman dan mudah.
  • Sukuk Tabungan, yaitu surat berharga berbasis syariah negara yang merupakan investasi sesuai hukum Islam. Untuk sukuk, dana yang dibutuhkan bisa mulai Rp1 juta. Terjangkau kan?

Kembali ke atas

4. Peer to Peer Lending (P2P)

Peer to Peer Lending (P2P) merupakan salah satu jenis investasi baru di era digital seperti sekarang ini.

Apa itu P2P Lending ?

P2P merupakan platform pertemuan investor dan borrower yang butuh dana melalui pinjaman online atau istilah sekarang ini financial technology (fintech). Jadi, misalnya kamu mempunyai uang untuk diinvestasikan, namun tidak tahu mau diinvestasikan dimana, lalu sementara di sisi lain ada orang yang punya bisnis membutuhkan dana pinjaman.

Dibanding investasi saham, kamu dapat memilih investasi P2P jika kamu ingin mendapatkan return besar dalam waktu singkat.  Jangan kaget ya, kalau return yang ditawarkan P2P untuk investor bisa mencapai 12%-16% per tahun.

Kalau mau investasi terbaik tahun 2021, investasi P2P lending ini bisa jadi opsi.

Kamu enggak perlu modal besar untuk mulai berinvestasi, mulai dari Rp100.000,00 saja sudah bisa memulai investasi ini. Namun ingat ya, pilihlah fintech yang profesional, terdaftar di OJK, dan peminjam yang bertanggung jawab. Jika ada peminjam yang enggak sanggup membayar, risiko akan ditanggung investor.

Kembali ke atas

Nah, instrumen investasi di pasaran banyak sekali bukan? Banyaknya pilihan investasi terbaik untuk tahun 2021 ini, akan membuat kamu tidak terpaku pada tabungan atau deposito saja dalam mendapatkan hasil yang menguntungkan.

Apalagi kemajuan fintech membuat proses investasi bisa dilakukan secara online; menjadi lebih mudah dan lebih terjangkau. Pilihlah investasi terbaik di tahun 2021 sesuai dengan profil risikomu, dana yang sudah kamu pilah untuk investasi, dan waktu dalam berinvestasi.

Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *