Kategori
Perencanaan Keuangan

Agar Bisa Berkurban di Idul Adha Setiap Tahun, Lakukan 9 Hal Berikut!

Idul Adha bagi umat Muslim menjadi momen hari raya yang banyak dinantikan setiap tahunnya. Allah juga memerintahkan umatnya untuk berkurban saat Idul Adha, sehingga banyak orang yang berbondong-bondong membeli hewan sapi atau kambing untuk dikurbankan.

Kendati demikian, beberapa orang lainnya ingin berkurban tapi terhambat masalah keuangan. Hal ini bisa diatasi dengan mengatur keuangan agar bisa berkurban. Agar kamu bisa menabung untuk melaksanakan Idul Adha setiap tahunnya, Insya Allah tip mengatur keuangan ini bisa membantu kamu.

Tip Mempersiapkan Kurban untuk Idul Adha Setiap Tahun

1. Berkomitmen dan Niat Berkurban

Melakukan apa pun jika tidak disertai komitmen dan niat akan sulit diwujudkan. Maka, sebelum menabung, niatkan dalam hati untuk berkurban dan beribadah kepada Allah. Hal ini akan membuat kamu menjadi lebih mudah dan ikhlas dalam menyisihkan uang. Niat yang goyah akan memungkinkan kamu gagal dalam melaksanakan kurban karena dalam menjalankannya akan banyak godaan.

2. Ketahui Syarat Berkurban

Sebelum berkurban, tanyakan pada diri sendiri, apakah sudah masuk orang yang memenuhi syarat untuk berkurban? Apakah kebutuhan pokok sudah terpenuhi? Jika dirasa belum, alangkah baiknya tidak memaksakan karena tidak ada kewajiban untuk berkurban jika memang kebutuhan hidup belum terpenuhi. Allah tidak memberatkan hamba-Nya. Sedangkan jika dirasa sudah mampu, kamu bisa menjalankannya.

Kembali ke atas

3. Mengatur Prioritas

Mengatur prioritas menjadi hal yang tidak kalah penting dilakukan. Kamu bisa memulainya dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Biasanya jika kamu ingin membeli sesuatu tapi bisa menundanya dalam jangka waktu satu minggu, itu bisa dikatakan hanya keinginan semata. Mengatur prioritas ini dapat membantu kamu mengelola cash flow dengan baik.

4. Tentukan Target Dana Kurban yang Ingin Dicapai

Target dana kurban biasanya ditentukan oleh jenis hewan yang akan dikurbankan. Kamu ingin membeli sapi atau kambing? Harganya tentu akan berbeda. Apalagi setiap tahunnya harganya pun berbeda-beda, bisa mengalami kenaikan antara 10% hingga 30% setiap tahunnya.

Harga sapi biasanya akan lebih mahal dari kambing, kadang hingga 7 kali lipat perbedaannya. Jadi, tentukanlah berapa target dana kurban yang ingin dikumpulkan. Sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan kamu saat ini agar tidak terlalu memberatkan.

Kembali ke atas

5. Rutin Menabung Setiap Bulan

Menabung menjadi salah satu cara paling mudah untuk mengumpulkan dana berkurban. Target dana yang ingin dicapai bisa dihitung dengan membaginya berdasarkan bulan sebelum tiba Idul Adha di tahun berikutnya. Jangan lupa juga untuk menambahkan estimasi kenaikan biaya yang akan terjadi setiap tahunnya ya.

6. Ikut Arisan Kurban

Arisan kurban menjadi alternatif yang bisa kamu lakukan selain menabung. Tapi, sebelum mengikuti arisan semacam ini, kamu harus teliti dan mengecek terlebih dahulu, apakah dapat dipercaya? Pasalnya sudah banyak saat ini yang tertipu habis-habisan dari arisan-arisan di luaran sana, apalagi arisan online.

Tujuan melakukan pengecekan ini tentu untuk mengantisipasi tindak penipuan. Tak sedikit orang yang tidak amanah dalam memegang uang arisan, meskipun tujuannya untuk berkurban.

Kembali ke atas

7. Sisihkan Dana dari Hari Raya Lain

Hari Raya Idul Adha dilakukan setelah Idulfitri, kamu bisa menyisihkan dana untuk membeli baju, sepatu, dan makanan atau kue Lebaran yang berlebihan untuk dialihkan ke kebutuhan kurban. Apalagi jika dirasa tidak terlalu membutuhkan baju atau sepatu baru, tidak ada salahnya menggunakan pakaian yang ada dan masih bagus untuk digunakan.

Silaturahmi online juga sudah banyak diterapkan. So, dana untuk belanja di Idul Fitri bisa disisihkan lebih banyak untuk membeli hewan kurban di Idul Adha nanti. Belum lagi jika ditambah dengan THR yang didapatkan. Pasti bisa menambah banyak tabungan untuk berkurban.

8. Ikut Lembaga Khusus atau Jasa Orang Ketiga

Kalau kamu merasa tidak bisa konsisten saat menabung tapi ingin sekali berkurban, kamu bisa menggunakan jasa orang ketiga atau lembaga khusus untuk menabung hewan kurban. Mau tidak mau, hal ini membuat kamu memiliki kewajiban untuk menyisihkan uang setiap bulannya. Ditambah saat ini tidak sulit untuk mencari jasa semacam ini. Biasanya mereka sudah memiliki paket yang berisi jangka waktu pilihan dan hewan jenis apa yang kamu inginkan untuk kurban.

Kembali ke atas

9. Berkurban dengan Kolektif

Membeli hewan kurban secara kolektif bisa dilakukan untuk kamu yang ingin membeli sapi tapi dana yang dikumpulkan masih kurang. Biasanya kurban sapi secara kolektif per satu ekornya maksimal untuk tujuh orang saja. Kamu bisa mencari orang-orang yang ingin diajak kolektif bersama, bisa keluarga, rekan kerja, atau tetangga sekitar.

Ingatlah bahwa tip keuangan untuk berkurban ini dapat diwujudkan jika kamu niat dan juga konsisten. Hal ini bisa diterapkan untuk menabung kurban Idul Adha setiap tahunnya. Semoga target berkurban kamu segera terwujud ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version