Kategori
Investasi Saham

Mau Investasi Saham BCA? Berikut Cara Mudahnya!

Saham merupakan jenis investasi yang tengah digandrungi masyarakat. Dari sekian banyak aset yang dapat dibeli, investasi saham BCA menjadi salah satu yang populer dan cukup potensial di pasar modal.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dengan kode emiten BBCA merupakan salah satu saham dengan kapitalisasi besar, stabil dengan nilai yang relatif terus meningkat. Sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia, saham BBCA dapat dibeli dan dijual secara umum.

Mengapa Investasi Saham BCA?

Sebelum membeli saham BCA pastikan kamu mengenali seluk beluk terkait salah satu saham bluechip ini. Dikutip dari New York Exchange, blue chip adalah saham dari perusahaan yang mendapat reputasi baik secara nasional, dari segi kualitas dan kemampuan dalam beroperasi serta mampu menghasilkan profit di berbagai kondisi ekonomi. Mereka adalah leader market, yang reputasinya sudahlah nggak perlu ditanyakan lagi.

Artinya, perusahaan yang sudah termasuk saham blue chip mempunyai etos kerja terjamin, fundamental yang baik. dan dikelola para profesional. Nah, semua kriteria ini sudah pasti ada pada saham BBCA. BCA sendiri saat ini jangkauan nasabahnya sudah luas banget, dan layanan transaksinya juga sudah banyak dimanfaatkan. Kapitalisasi pasar dari bank swasta ini mencapai Rp834,57 triliun di tahun 2020 lalu.

Karena besarnya kapitalisasi, bagusnya reputasi, terjaminnya bisnis perusahaan untuk menghasilkan laba inilah, para investor pemula sering kali disarankan untuk memulai investasi pada saham bluechip seperti BBCA, karena risiko yang relatif lebih rendah.

Kembali ke atas

Cara Investasi Saham BCA

Jadi gimana? Tertarik? Di artikel yang sudah publish beberapa waktu yang lalu, ada loh analisis saham BBCA yang jangan sampai kamu lewatkan kalau memang berniat investasi di emiten ini. Silakan dibaca, dan dicermati ya.

Lalu, kalau kamu memang sudah berniat untuk melakukan investasi saham BCA, langkah berikutnya—setelah membaca analisis saham BBCA, lalu memastikannya sesuai dengan tujuan keuangan dan profil risikomu sendiri—adalah segera membeli sahamnya.

Kamu bisa membeli saham BCA ini dengan dua cara yaitu secara online lewat aplikasi atau offline dengan datang langsung ke kantor sekuritas.

Kembali ke atas

Cara Investasi Saham BCA Lewat Aplikasi

Well, zaman sekarang—sekali lagi—sebenarnya ngapain juga kita bersusah-susah, kalau ada yang mudah? Daripada datang ke kantor sekuritas, kenapa nggak pilih sekuritas yang punya aplikasi  mobile sehingga memungkinkanmu untuk melakukan investasi saham BCA dengan lebih mudah sekedipan mata? Betul?

Investasi saham BCA bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet dan handphone kapan pun dan di mana pun kamu berada. Kamu perlu mengunduh aplikasi online sekuritas melalui PlayStore maupun AppStore.

Pilih Sekuritas Terpercaya

Penting untuk diperhatikan terkait pemilihan sekuritas yang telah memegang izin OJK. Hal ini untuk meminimalkan kemungkinan kamu terjerat investasi bodong yang saat ini marak terjadi.

Untuk memastikan legalitas sekuritas, sebaiknya kamu cek terlebih dahulu melalui laman resmi OJK di website atau call center 157 atau ke nomor whatsapp 081157157157.

Kembali ke atas

Buat Akun

Setelah memilih yang tepercaya, kamu perlu membuat akun di aplikasi online sekuritas tersebut. Untuk membuat akun, kamu perlu mengisi data diri yang sesuai dengan identitasmu.

Ketentuannya bisa jadi berbeda satu sama lain ya. Tapi umumnya, kamu akan diminta untuk swafoto dengan memegang kartu identitas. Setelah itu kamu hanya tinggal menunggu verifikasi yang memakan waktu sedikit saja.

Deposit Dana RDN

Setelah akun kamu berhasil terverifikasi artinya kamu mendapatkan Rekening Dana Nasabah atau RDN di bank kustodian, yang nantinya digunakan untuk menampung dana investasi kamu.

Pada tahap ini, kamu perlu melakukan transfer sejumlah dana ke RDN milikmu sebagai deposit yang nantinya dipakai membeli saham BBCA.

Kembali ke atas

Pilih Saham BBCA

Jika deposit sudah masuk ke RDN, masuk ke aplikasi sekuritas kemudian cari poduk saham. Biasanya akan tertera fitur pencarian untuk mencari saham dengan kode emiten.

Nah, kamu hanya perlu memasukan kode emiten BCA. yaitu BBCA. di kotak pencarian yang tersedia. Nantinya aplikasi tersebut akan menampilkan statistik data emiten BCA sekaligus informasi posisi harga saham.

Masukkan Jumlah Lot yang Akan Dibeli

Saham akan dijual per lembar, namun jika ingin membeli saham biasanya satuan yang digunakan yaitu dengan lot, yang per satuannya terdiri dari 100 lembar saham.

Jumlah pembelian lot tergantung kemampuan finansial dan dana di RDN kamu saat ini. Cek harga saham BBCA, dan pastikan ketersediaan dananya. Setelah memasu;kan jumlah lot yang kamu mau, klik tombol beli atau buy yang tersedia.

Kembali ke atas

Cara Investasi Saham BCA Lewat Kantor Sekuritas

Yah, beli saham BBCA melalui aplikasi sudah yang paling gampang untuk dilakukan. Tinggal ambil smartphone, terus beli (atau jual) sesuai keinginanmu.

However, mungkin ada di antara kamu yang lebih suka langsung mendatangi kantor sekuritas untuk investasi saham BCA. Ya, enggak dilarang juga. Bisa kok.Sebelum layanan aplikasi sekuritas online marak digunakan, kamu bisa investasi saham BCA dengan mendatangi kantor sekuritas.

Caranya begini.

Datang, dan Menemui Petugas Lalu Isi Data Diri

Di kantor sekuritas, kamu boleh sampaikan maksud dan tujuan ke petugas. Nantinya petugas akan menjelaskan secara detail untuk tata cara pembelian saham.

Ada beberapa dokumen yang harus kamu siapkan, so sebaiknya kamu mempersiapkan fotokopi dan dokumen aslinya. Bisa jadi berbeda antara satu kantor sekuritas dengan yang lainnya, tetapi umumnya yang diminta adalah:

  • Kartu identitas berupa KTP, SIM atau Kartu Mahasiswa
  • NPWP
  • Buku Tabungan
  • Kartu Keluarga
  • Materai

Melakukan Topup Dana

Setelah mengisi formulir pendaftaran diri sebagai investor, kamu perlu melakukan topup untuk memberikan dana ke rekening saham agar dapat melakukan pembelian saham BCA.

Dana awal yang dibutuhkan biasanya juga berbeda-beda di setiap sekuritas, mulai dari Rp100.000 hingga Rp1.000.000.

Melakukan Transaksi

Setelah melakukan topup, maka rekening kamu artinya sudah aktif dan mendapat ID beserta PIN nya.

Selanjutnya kamu bisa menggunakan dana yang sebelumnya di-topup untuk melakukan transaksi.

Kembali ke atas

Nah, demikianlah langkah-langkah investasi saham BCA yang bisa kamu lakukan. Tinggal pilih saja, mau secara online, atau datang ke sekuritas. Dua-duanya dijamin keamanannya, sepanjang kamu memang sudah memilih sekuritas yang tepercaya dan sudah berizin OJK.

Selamat menyambut cuan, teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *