Kategori
Business Investasi Kamus Keuangan Perencanaan Keuangan Pilihan Keuangan Produk Teknologi Review

10 Alamat Website Keuangan Sumber Data untuk Jadi Pinter Ngatur Duit

10 website keuangan yang wajib dibaca ini akan membuat kita lebih pintar mengatur duit dan memberikan insight tentang investasi dan kondisi ekonomi negara

Kalian suka bertanya-tanya gak alamat website keuangan apa aja sih yang bisa dijadikan panduan? Mana aja yang kudu dibaca biar pinter ngatur duit?

Tulisan ini kepikiran setelah kemaren ikutan eventnya Indopremier Sekuritas bareng sama Sucorinvest Asset Management. Gara-garanya, salah satu nara sumbernya yang ngejelasin reksadana sebut tradingeconomics.

Baca juga tulisan tentang Investasi Reksadana di IPOTFUND dengan Fitur Instant Switching!

Tenang, ini bukan postingan berbayar. Tulisan dari eventnya ntar gue kasih lagi yes.

10 Website Keuangan untuk Pintar Atur Duit

Seperti biasa, manteman bisa langsung baca dari atas ke bawah. Atau bisa juga baca mana yang dibutuhkan sesuai table of content di bawah ini:

10 Website Wajib Buka untuk Jadi Pinter Keuangan:

  1. Bursa Efek Indonesia
  2. Badan Pusat Statistik Indonesia
  3. Kementrian Keuangan Republik Indonesia
  4. Google Finance
  5. Kata Data
  6. Trading Economics
  7. Penilai Harga Efek Indonesia
  8. Investopedia
  9. Investing.com
  10. Infovesta

Kesimpulan: Resep Pinter Keuangan Adalah Rajin Baca

Menurut gue nih ya, sebenernya kalo mau nyari sendiri, ngurus masalah duit itu gak susah. Apalagi kalo cuma nyari infonya doang dan jadi financial literate. Intinya itu, JANGAN MALES BACA.

Oh ya, sebagian website yang ada di daftar ini menggunakan Bahasa Inggris. Kalo klean ngerasa kesulitan, mungkin bisa coba mulai belajar Bahasa Inggris dengan ngikutin blognya Blog English Club.

10 Website Keuangan Wajib Buka untuk Jadi Pinter Ngatur Duit:

1. Bursa Efek Indonesia

Ada yang belom pernah buka laman resmi milik Bursa Efek Indonesia? Ato kalo bule nyebutnya Indonesian Stock Exchange?

Alamat websitenya www.idx.co.id

Kalo belom pada tahu, ini penampakannya pas dibuka di browser (Safari on iPad):

Website Keuangan Paling Berguna: Indonesian Stock Exchange

Dari gambar di atas, kebayang kan isinya apa aja? Tentu saja berisikan informasi tentang Bursa Efek Indonesia dan perusahaan-perusahaan yang terdaftar di bursa.

Informasi apa tentang perusahaan? Hampir semuanya!

Baca juga tulisan-tulisan dengan sumber data dari IDX, antara lain:
6 Alasan Kuat Investasi Saham
Belajar Rasio Keuangan: PER
Belajar Rasio Keuangan: PBV
Belajar Rasio Keuangan: Dividend Yield

Di sini, manteman bisa menemukan mulai dari press release perusahaan Tbk. Laporan keuangan in-house, laporan keuangan audited, annual report yang isinya rangkuman beraneka ragam informasi selama setahun.

Bahkan, manteman bisa juga mendapatkan informasi mengenai perbandingan rasio-rasio keuangan utama perusahaan. Yes! Bahkan gak perlu nyari di Google!

Kebayang gak betapa lengkapnya informasi yang bisa kita dapatkan sebagai investor maupun calon investor yang mau investasi saham? Mulai dari A sampe Z ada di sini semua!

Yes, setiap hari Kamis, #KenalanSaham di instagram @danirachmat gue cari datanya juga dari sini! Kalo kalian rajin baca informasi di sini, pasti bakalan bilang: Meh!! pas baca postingan IG gue.

Kembali ke atas

2. Badan Pusat Statistik Indonesia

Kalo yang ini sudah pasti paham lah yes? Data-data statistik Indonesia ada semua di sini.

Mulai dari data inflasi yang bahkan bisa dibagi per sektor. Data perdagangan sampai ke ekspor impornya. Nilai hutang pemerintah. Informasi tentang Produk Domestik Bruto negara ini. Bahkan sampai informasi sensus ekonomi dan sensus penduduk.

Alamatnya Websitenya www.bps.go.id

BPS: Sumber Data tentang Indonesia

Sesungguhnyalah website ini sangat berguna untuk mengetahui bagaimana kondisi negara ini. Apakah rakyat masih baik-baik saja ataukah sudah dalam keadaan berbahaya.

Jadi, kita bisa membentengi diri dari kepanikan-kepanikan yang gak perlu. Terutama kalo ada pihak-pihak yang sengaja membuat informasi-informasi penuh ketakutan.

Salah satu contohnya adalah soal data kemiskinan Indonesia. Pernah rame kan kalo katanya kemiskinan di negara ini semakin meningkat. Indonesia darurat blablablabla.

Gue pun buka data dari BPS ini. Cari info dan data. Eh ternyata baik-baik saja loh.

Ternyata yang digembar-gemborkan di media gak bener. Semprotan kebohongan yang luar biasa untuk kepentingan salah satu pihak. Firehose of falsehood.

Baca juga tulisan Kemiskinan Indonesia Meningkat? Jangan-jangan Ente Gak Bisa Baca Data!

Jadi, ngomong pun ada data yang mendukung. Gak asal sembarangan ngeri-ngeri muluk. Bahahahaha.

Kembali ke atas

3. Kementrian Keuangan Republik Indonesia

Siapa di sini yang seneng beli ORI, Sukuk Ritel dan teman-temannya? Website keuangan yang satu ini gak boleh dilewatkan! Yes, laman resmi milik Kementrian Keuangan yang selalu update tentang surat utang pemerintah ini wajib dijadikan rujukan.

Alamat webnya www.kemenkeu.go.id

Website Keuangan: Laman Resmi Kementrian Keuangan Republik Indonesia

Di website ini, kalian bisa dapet informasi yang lengkap banget tentang penerbitan ORI, Sukuk Ritel dan Saving Bond Retail di setiap serinya. Paling baru kemaren ORI dan bulan ini dah ada Sukuk Ritel yang mulai dipasarkan.

Semua terms and conditions terkait penerbitan surat utang tersebut dipaparkan lengkap banget di sini. Kita gak perlu nanya ke blogger ato siapapun soal ini.

Baca juga tulisan Kasih Utang Negara? Kenapa Enggak?!

Gak cuman tentang investasi paling aman di surat utang pemerintah itu doang info yang bisa didapatkan di laman ini. Bahkan kalo manteman pengen tahu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara bisa dibuka di sini juga.

Presentasi ya lengkap-kap-kap-kap. Kita bahkan bisa sok-sok jadi analis kebijakan ekonomi pake data yang ada dimarih. Tahu kira-kira pemerintah mau ngapain.

Keren kan?

Kembali ke atas

4. Google Finance

Bingung mau kemana kalo misalkan gak ada ide sama sekali nyari data keuangan? Yamasa kalian melupakan Om eh Mbah Google sih. Mesin pencari paling perkasa di muka bumi ini.

Dan iya, Google ada versi khusus yang nyari info tentang finance. Jadi, hasil pencarian bakalan fokus. Bisa cari mulai dari informasi perusahaan terbuka yang bisa dibuka langsung di websitenya IDX sampe ke berita terbaru tentang keuangan.

Alamat webnya finance.google.com

Referensi Keuangan: Google Finance

Sama seperti produk-produk Google yang lain, untuk make website ini gratis-tis-tis. Jadi, gak perlu kuatir kalo harus keluarkan duit.

Baca juga tulisan Kenapa Harus Bayar Utang Kartu Kredit Dulu Sebelum Investasi Saham?

Hebatnya lagi, pencarian dan interface web pun bisa diganti menjadi berbahasa Indonesia. Tinggal buka setting, pilih languages dan set ke Bahasa Indonesia. Jangan lupa buat nyimpen settingnya ya kalo memang pengen mengganti bahasanya.

Cuss, buruan buka website keuangan yang satu ini biar cepet pinter. :”D

Kembali ke atas

5. Kata Data

Pengen cari informasi tentang data-data ekonomi dalam bentuk berita dan data yang sudah diolah? Di Kata Data ini, data-data ekonomi sudah disajikan dalam bentuk infografis yang indah dan mudah dibaca.

Kalau menurut informasi di laman tentang kami-nya, Kata Data memang berfokus sebagai perusahaan media, data dan riset online. Belom pernah buka? Cobain deh!

Alamat webnya katadata.co.id

Website Keuangan: Kata Data yang Sarat Informasi Bergizi

Sebenarnya selain Kata Data, website tabloid Kontan juga menyajikan informasi keuangan dan data. Kenapa gue pilih Kata Data untuk masuk ke sini? Karena penyajian data-data dalam bentuk infografisnya Kata Data yang juara.

Baca juga tulisan Alternatif Menyiapkan DP Rumah Idaman.

Jadi, kalo manteman pengen cari informasi dan data yang gampang dimengerti, dengan jangkauan topik yang luas, coba deh buka Kata Data ini. Gratis kok! Gak pake bayar subscription ato biaya apapaun.

Ya paling kudu siapin paket data aja sih kalo mau download-download infografisnya. Jangan sampe lupa kasih kredit ya kalo datanya dipake.

Kembali ke atas

6. Trading Economics

Kalo website keuangan yang satu ini dalam Bahasa Inggris. Isinya apa? Data-data indikator utama ekonomi negara-negara seluruh dunia. Gue baru tahu tentang website keuangan yang satu ini ya pas acaranya Indopremier kemarin.

Pas lihat data yang bisa dilihat, gue terkagum-kagum. Pake banget. Coba deh mantereman buka websitenya.

Alamat webnya tradingeconomics.com

Website keuangan: Trading Economics yang berisikan berbagai data keuangan berbagai negara

Kalo misalkan kalian pengen tahu bagaimana posisi Indonesia dibandingkan negara-negara di dunia, website ini jawabannya. Mulai dari data inflasi, defisit perdagangan, sampai ke data produk domestik bruto.

Baca juga tulisan Kehidupan Glamor Banker Ibu Kota.

Semuanya disajikan dalam format yang seragam yang bisa langsung dipakai. Terutama untuk melihat bagaimana arah pergerakan ekonomi suatu negara.

Ingin tahu apakah Indonesia rentan akan resesi? Bagaimana pertumbuhan ekonomi Indonesia dibandingkan dengan negara lain? Apakah negara kita baik-baik saja? Cuss buka dah.

Kembali ke atas

7. Penilai Harga Efek Indonesia

Penilai harga efek Indonesia ini apaan sih? Website keuangan yang fokusnya di informasi-informasi terkait surat hutang yang terbit di pasar Indonesia.

Surat hutang apaan sih ya? Surat hutang itu ya kayak Obligasi Ritel Negara (ORI) dan Sukuk Ritel, tapi gak berhenti di situ. Di website ini, juga ada data obligasi pemerintah yang dikeluarkan untuk institusi. Pun juga data obligasi yang dikeluarkan oleh korporasi.

Alamat webnya www.ibpa.co.id

Website keuangan: Penilai Harga Efek Indonesia untuk informasi obligasi

Mungkin kalau manteman gak concern sama data obligasi, kalian gak akan tertarik sama website yang satu ini. Tapi, coba deh buka.

Baca juga tulisan Pilih Reksadana, Sukuk ato Deposito?

Kalau misalkan manteman suka banget investasi di Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT), website keuangan yang satu ini akan sangat membantu! Kalian bisa lihat detail dari investasi yang dipilih oleh reksa dana yang kalian beli.

Trus bisa juga lihat informasi obligasi yang dikeluarkan oleh korporasi itu bagus apa nggak, ratingnya berapa dan jatuh tempo kapan. Satu resource yang ciamik biar semakin pinter ngatur duit! 🙂

Kembali ke atas

8. Investopedia

Pengen tahu tentang istilah investasi dan keuangan? Bagaimana pengertiannya dan contoh penggunaannya? Coba buka deh website keuangan yang satu ini!

Ini kayak wikipedia tapi khusus buat istilah-istilah di bidang keuangan dan investasi! Cuma, sayangnya website ini dalam Bahasa Inggris!

Ya, itung-itung belajar investasi sekalian belajar Bahasa Inggris. 😀

Alamat webnya investopedia.com

Website keuangan: Investopedia untuk referensi investasi dan keuangan

Gue sendiri sangat terbantu sama website keuangan yang satu ini. Terutama ketika lagi kerja dan bikin financial modelling trus gue gak tahu sama istilah keuangan yang spesifik. Langsung cuss dah ke sini search apa pengertiannya dan bagaimana penggunaannya.

Baca juga tulisan Cari Jodoh yang Pinter Atur Duit!

Sayangnya belum ada website berbahasa Indonesia yang mendedikasikan diri di bidang ini. Memang butuh kerja keras luar biasa sih untuk bisa menyajikan kamus istilah keuangan lengkap dan menyeluruh, termasuk bagaimana menggunakaannya.

Ada yang sudah pakai Investopedia ini?

Kembali ke atas

9. Investing.com

Satu lagi website keuangan berbahasa Inggris yang bisa mantereman pakai. Investing.com. Sudah ada yang pernah buka?

Gue pake karena ada aplikasinya di smartphone dan rutin ngeluarin berita yang bisa dibaca gratis. Gak kayak Bloomberg yang kudu langganan. Ihik. Maklum, masih #SobatMisqueen!

Kalo belom pada tahu, cobain deh buka.

Alamat webnya www.investing.com

Website keuangan: investing.com

Ada indikator real time mulai dari bitcoin, US treasury yield, emas sampe ke indeks-indeks saham di seluruh dunia. Oh iya, ada versi Bahasa Indonesianya! Cuman memang gue belom coba sih. Hehehehe.

Baca juga tulisan Dasar Manajemen Keuangan Pribadi.

Di gambar di atas keliahatan kelihatan gak kalo ada bagian personal finance?

Banyak kan, resources untuk belajar tentang pengelolaan keuangan pribadi?

Kembali ke atas

10. Infovesta

Oke, website keuangan terakhir yang gue cantumkan di tulisan ini sering banget gue sebut. Apalagi kalo ada yang nanya tentang gimana caranya ngecek harga reksa dana. LoL!

Website ini kasih informasi yang lengkap-kap-kap dan update tentang kinerja reksadana yang ada di market. GRATIS!

Alamat webnya www.infovesta.com

Website keuangan: Infovesta.com untuk referensi kinerja reksadana

Jadi ya, selain koran nasional yang bahas keuangan, trus halaman MI dan juga aplikasi-aplikasi APERD online, website keuangan yang satu ini dari dulu sudah memberikan informasi kinerja reksa dana. Tanpa dipungut biaya.

Baca juga tulisan Dasar Investasi Reksa Dana yang Harus Diketahui

Jaman dulu sih kalo gue mau milih mau investasi dimana, gue selalu buka website ini dulu. Bandingkan kinerja antara satu reksa dana dengan reksa dana lainnya. Tinggal klak-klik doang.

Buat yang mau investasi reksa dana lewat bank manual, rajin-rajin deh buka website keuangan ini.

Kembali ke atas

Kesimpulan: Resep Pinter Keuangan Adalah Rajin Baca

Kesepuluh website keuangan yang gue cantumkan di tulisan ini bukan harga mati loh. Masih banyak website keuangan lainnya yang bisa dibaca dan dipelajari.

Jadi kita gak harus tergantung sama satu figur atau satu kiblat saja kalau mah belajar tentang keuangan. Beraneka ragam informasi tersedia gratis dan gak perlu bayar apapun. Tinggal dibaca.

Tinggal dibaca.

Kalo masih pusing dan gak ngerti? Cari sumber lain yang bisa memberikan informasi lebih. Masih belom ngerti juga? Mungkin saatnya untuk praktek.

Langsung nyemplung dan melakukan langsung investasinya. Jan sampe bingung trus malah gak investasi. Gak pinter-pinter ngatur duit ntar.

Baca juga postingan-postingan terakhir blog ini:

  • Bisnis di Masa Pandemi, Meski Krisis Harus Tetap Survive dan Cuan
    Ketika pandemi COVID-19 muncul, pembatasan aktivitas dilakukan secara masif dan memperlambat bisnis. Ini mengganggu rantai ekonomi bisnis hingga menyebabkan banyak perusahaan terpaksa melakukan pemotongan keuangan. Alhasil, pelaku usaha sulit menjalankan bisnis di masa pandemi. Dengan keadaan ekonomi yang tertekan saat ini, banyak pemilik usaha kecil merasa putus harapan. Ribuan bisnis terpaksa gulung tikar karena sepi […]
  • Contoh Bisnis Plan Sederhana untuk Pemula dan Tip Membuatnya
    Ingin membangun bisnis, tapi bingung mulai dari mana? Jika keinginan kamu sudah mantap, kamu bisa memulai dengan membuat bisnis plan lebih dulu. Jadi, harus punya bisnis plan dulu ya? Iya, sebaiknya sih, kamu mulai dari sini dulu. Kabar baiknya, kamu enggak perlu terlalu detail juga untuk membuatnya. Yang penting ada garis besarnya sudah ada. Terus, […]
  • 7 Bisnis Online tanpa Modal, Cocok untuk Pelajar Tambah Uang Saku
    Masih sekolah tapi mau punya penghasilan sendiri? Bagus! Memang soal bisa menghasilkan uang ini mestinya sudah dipelajari sejak dini. Jangan khawatir, bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja sebenernya, bahkan di sela-sela waktu sekolah. Yes, sudah pernah dengar tentang bisnis online tanpa modal kan? Yes, untuk melakukannya, kita cuma perlu kreativitas dan kemauan […]
  • Investasi Emas Online: Panduan Praktis untuk Pemula
    Kamu punya sejumlah dana dan ingin dikembangkan? Emas bisa jadi salah satu instrumen investasi yang bisa kamu pilih saat ini. Instrumen ini banyak dipilih orang karena menawarkan harga yang relatif stabil dengan risiko yang juga relatif minim. Jika tertarik, kamu bisa mencoba investasi emas online yang belakangan cukup populer. Di masa produktif, sebagai pekerja kita […]
  • Cara Investasi Emas yang Menguntungkan dan Mudah bagi Pemula
    Sudah baca kan, artikel kemarin tentang cara investasi emas yang masih menguntungkan di zaman new economy? Yes, so, investasi emas tetap bisa menjadi salah satu opsi buat kamu, terutama untuk melindungi nilai aset. Yah, meskipun enggak agresif sih, namanya juga melindungi aset. Jadi memang harus dipegang dalam jangka waktu panjang. Di zaman dengan tuntutan serbacepat […]

Kalo ada yang mau didiskusikan, cuss langsung komen aja ya. Ato kalo mau lebih panjang bisa email ke halo@danirachmat.com.

Atau kalo mau bisa juga colek instagram di @danirachmat dan juga twitter di username @danirachmat

Kembali ke atas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *