Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Buka Bersama Tanpa Beban: Strategi Cerdas Mengatur Keuangan untuk Bukber

Tradisi buka bersama (bukber) merupakan kegiatan populer yang dilakukan di Indonesia, terutama selama bulan Ramadan. Buka bersama adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan momen ketika kita berkumpul bersama-sama untuk berbuka puasa. Ya, kadang yang nonmuslim pun diundang dan bergabung kok.

Menariknya, tradisi ini memiliki beberapa karakteristik yang khas, yang mencerminkan kekayaan budaya dan nilai-nilai luhur dalam masyarakat Indonesia lo!

Buka Bersama: Tradisi Ramadan yang Tak Hanya Ada di Indonesia!

Ya, ternyata buka bersama ini adalah tradisi Ramadan yang tak hanya ada di Indonesia. Bahkan, umat muslim di seluruh dunia akrab dengan iftar bersama ini. Pasalnya, memang banyak makna dan doa terkandung dari kegiatan satu ini.

Misalnya saja, bukber merupakan kesempatan bagi teman, keluarga, dan rekan kerja untuk bisa berkumpul dan menjalin silaturahmi. Acara ini mempererat hubungan sosial dan menguatkan rasa kekeluargaan di antara peserta.

Selama bukber, ada juga semangat berbagi yang sedang di-maintain. Misalnya kalau kita mengundang mereka yang kurang beruntung untuk buka bersama. Kalau boleh dibilang sih, hal itu mencerminkan semangat gotong royong dan kepedulian terhadap sesama yang menjadi bagian penting dari budaya Indonesia.

Tapi yang pasti sih, buka bersama itu poin utamanya ya bisa makan enak! Makanan yang disajikan saat bukber biasanya variatif banget, Beberapa hidangan khas yang sering disajikan saat bukber di Indonesia meliputi kolak, es buah, dan hidangan berbuka puasa lainnya.

Lalu, setelah buka bersama dan menjalani salat Magrib, kita pun biasanya akan melaksanakan salat tarawih berjamaah. Indah, bukan?

So, secara keseluruhan, tradisi bukber di Indonesia mencerminkan kekayaan budaya dan nilai-nilai luhur yang menjadi ciri khas masyarakat di negeri ini. Selain itu, tradisi ini juga mengajarkan pentingnya kebersamaan, berbagi, dan kepedulian terhadap sesama.

Penyebab Boros saat Bukber

However, kalau kebanyakan, tradisi bukber memang bisa berdampak pada keuangan seseorang. Apalagi kalau enggak disiapkan dengan baik. Berikut beberapa hal yang mungkin membuat keuangan menjadi kacau jika tidak dikelola dengan bijaksana saat mengadakan bukber:

  • Pengeluaran yang tidak terkontrol, apalagi kalau tanpa anggaran. Bisa-bisa setiap ajakan buka bersama diiyakan, kamu jadi menghabiskan lebih banyak uang daripada yang direncanakan.
  • Kurang bijak memilih tempat bukber atau menu, sehingga ya lebih mahal dan bikin bujet meningkat.
  • Kalau kamu yang menanggung seluruh biaya bukber, semakin banyak tamu yang diundang, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan untuk menyediakan makanan dan minuman. Batasi jumlah tamu untuk mengurangi biaya.

Untuk menghindari kekacauan keuangan saat mengadakan bukber, penting untuk merencanakan dengan baik. So, kamu akan dapat menikmati bukber yang menyenangkan tanpa merasa khawatir tentang dampaknya pada keuangan Anda.

Tip Hemat Buka Bersama

Berikut adalah beberapa tip hemat yang bisa kamu lakukan saat merencanakan acara buka bersama (bukber) di bulan puasa.

Rencanakan dengan baik

Buat rencana keuangan. Toh, bulan puasa itu kan akan selalu datang di setiap tahunnya, sehingga seharusnya bujet ini bukanlah bujet dadakan.

Kita juga pasti sudah punya pengalaman di tahun-tahun sebelumnya. Jadi, kita bisa memperkirakan, komunitas mana saja—misalnya—yang akan ngajak bukber. Biasanya sih kantor, terus teman-teman sekolah, teman-teman kelompak lalalalilili, dan sebagainya.

Sisihkan sejumlah dana dari penghasilan. Misalnya, kamu patok di 20% penghasilan bulan ini untuk bukber. Jika ternyata ajakan bukber melebihi perkiraan, kamu juga boleh untuk menolak lo!

Tentukan tempat dan menu yang tepat

Jika memungkinkan, pilih tempat makan yang menawarkan harga terjangkau dan menarik, atau pertimbangkan untuk mengadakan bukber di rumah salah satu anggota kelompok. Hal ini akan mengurangi biaya yang dikeluarkan.

Enggak perlu juga menyajikan makanan yang berlebihan atau mahal. Pilih menu yang sederhana, namun bergizi dan mengenyangkan.

Bahkan, jika memang memungkinkan juga, kamu bisa mengadakan buka bersama potluck. Mintalah setiap orang yang datang untuk membawa satu jenis makanan atau minuman. Dengan cara ini, kamu dapat menikmati berbagai hidangan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Manfaatkan promosi

Ada beberapa restoran atau kafe yang menawarkan promosi khusus untuk acara buka bersama. Cari tahu tentang penawaran ini dan manfaatkan untuk menghemat biaya.

Prioritaskan kebersamaan

Ingat bahwa tujuan utama dari bukber adalah untuk bersilaturahmi dan berbagi kebahagiaan. Fokus pada kebersamaan yang ingin dibangun itu, dan jangan terlalu khawatir tentang menyajikan makanan mewah atau mahal.

Satukan acara

Jadi misalnya nih, kamu ada bestie SMA beberapa orang. Deket banget deh pokoknya. Terus ternyata ada acara buka bersama juga satu angkatan SMA. Ya sudah, kamu enggak perlu bikin acara buka bersama bareng bestie doang, tapi gabung saja dengan acara yang barengan satu angkatan.

Dengan demikian, anggaran jadi lebih hemat, dan waktu berkumpul kalian juga lebih berkualitas kan?

Nah, dengan mengikuti kiat-kiat di atas, kamu dapat menikmati acara buka bersama yang menyenangkan dan hemat di bulan puasa. Selamat menunaikan ibadah puasa dan semoga acara bukber kamu sukses ya!

Jangan lupa untuk follow akun Instagram Dani Rachmat ya, untuk berbagai tip keuangan dan investasi yang praktis dan bisa dipraktikkan sendiri. Juga berlangganan newsletter dengan melakukan registrasi di sini, yang akan dikirimkan setiap bulan berisi berbagai update dan tren di dunia keuangan. Jangan sampai ketinggalan berita!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version