Kategori
Di Balik Blog Fragment

Pentingnya Nama Blog ini -Tantangan Introspeksi Blog Hari #2

Pengen tahu kenapa dulu gw bikin nama blog ini pake nama danirachmat? Ada cerita loh di baliknya. Penasaran gak? Penasaran ya ya ya? Hahaha. Kali aja ada yang penasaran kan ya, monggo dibaca 😀

What is the significance of your blogname? *wuopoooo ikiii artine.

Hasil Google Translate kok Pentingnya Nama Blog ini. Hahaha. Mbuhlah rangerti bagaimana mengejawantahkan tantangan hari kedua ini. Cerita kenapa namanya dikasih nama danirachmat ajalah yes.

Jadi balik lagi ke suatu malam yang dingin di tahun 2007. Waktu itu buka wordpress.com dan disuruh milih nama blog yang sekaligus jadi alamat blog. Dan galaulah Dani muda penuh ambisi bergelora yang memandang masa depan tak tentu arah dan KESEPIAN itu.

Arep dijenengi opo iki blog e???!!

Ya namapun anak muda penuh gelora yang untungnya waktu itu gak kenal istilah 4l4y atau galau tak berkesudahan ya, gw pun langsung aja kasih nama danirachmat.wordpress.com. Udah gitu doang. Hahahahahaha. *langsung dikepruk pembaca.

Dulu kan gw itu (err sampe sekarang sih) tipe orang yang sok-sokan puitis ya. Sempet kepikiran nama semacam CurhatDiRantau.wordpress.com atau MyNewAdventureChapter.wordpress.com atau LivingInLampung.wordpress.com atau BankerStory.wordpress.com atau ODPNewLife.wordpress.com dan (percayalah) sejuta nama lain yang kok ya kalok dipikir-pikir waktu itu nggilani. Waktu itu aja udah nggilani loh gw mikirnya, apalagi sekarang kan.

Jadi daripada pusing-pusing akhirnya langsung comot ajalah nama sendiri. Danirachmat. Kenapa kok bukan danikurniawan? entahlah, gak cocok aja gw ngerasanya. Karena dari kecil sampe kuliah kalo absensi dipanggilnya dani rachmat. Palingan K cuma ditaroh di belakang dan disingkat. Jadi gak terbiasa.

Yaudah, karena yang paling gak pretensius dan gak ada rasa apa-apa kalo pake nama sendiri akhirnya langsung aja gw pake nama danirachmat.wordpress.com. Untungnya sih gw batalin pake nama daniganteng.wordpress.com ato danicowokmacho.wordpress.com karena gw bukan tipe orang yang suka membanggakan kegantengan *tsaaah *padahal emang gak ada potongan ganteng aja, sedangkan kalo pake nama danicowokmacho gw kuatir malahan dikira toko obat kuat ato *amit-amit* dikira jual layanan cinta satu malam.

Jadilah dipake itu nama danirachmat.wordpress.com yang dikemudian hari ternyata cukup gampang bikin akun sosmed mulai dari Facebook, twitter, instagram sampe diaspora dengan menggunakan nama danirachmat. Istilahnya brandingnya kuat gitu deh (padahalan ya gak direncanakan sama sekali).

Tapi-tapi-tapi ada side effectnya juga sih pake nama danirachmat ini. Akhirnya gw jadi orang yang googleable. Gampang banget nyari info tentang gw kan. Bahkan waktu google danirachmat yang keluar blog gw duluan. Hahahahaha. Jadi ya terima nasib aja kalo ada orang kantor nyari nama gw di internet. Yang penting gw gak tsurhat-tsurhat yang menjurus kan ya.

Bokk ini nih hasilnya google danirachmat:

danirachmat

Begitulah deh yess cerita tentang dibalik nama danirachmat.com ini.

=========

Ada yang punya cerita unik dibalik nama blognya?

Cerita lain tentang tantangan ini:

>> Hari #1 Alasan Mulai Ngeblog

23 tanggapan untuk “Pentingnya Nama Blog ini -Tantangan Introspeksi Blog Hari #2”

Ngakak2 aku Dan moco ceritamu. Menghibur pagiku yang dingin mendung hahaha. Lek nama blogku yo jelas gabungan namaku dan suami karena memang itu blog kami berdua *ben irit mbayare haha. Tapi nama Denald sendiri itu sudah kuciptakan sejak SMP. Karena aku kan terkiwir2 sama tokoh Donald Bebek. Jadi Denald = Deny Donald hahaha aku ngakak dewe nulis iki. Cupu. Ehh ternyata dikemudian hari dapat suami yang namanya bisa menggantikan nama Donald tapi tetap bisa menggabungkan nama kami jadi Denald. Ajaib ya. Karenanya kalau bikin nama memang musti hati2. Nama adalah doa yess. Selamat makan sate Dan.

Hahahahahaha Deeeen…. Ya ampyuuuuuunnnnn.. Kok ya pas ya dari ajamn SMP. Memang jodoh Den ya. Luar biasa ajaib. Malah lebih kagum sama ceritamu Den. Hihihi. Amiiin.. Nama adaalah doa! Suwun ya Deen.

Balas

Kalau saya mah malah nggak mikir buat jangka panjangnya mas 🙂
makanya, saya sering gonta ganti blog 🙂
tapi semenjak ngeblog di wp dan dengan keyword secarik kertas dan bisa nongol di pageone, akhirnya kalau bikin nama pasti ada secarik kertas.
bahkan, domain pun juga sampai secarikkertas(dot)web(dot)id 🙂
ngeblog sudah lumayan lama tapi masij katrokkan gue 🙂

Halo Kang Jum. Saya belom pernah seberuntung itu sampe bisa dapet satu keyword yang oke. Hihihi. Btw alamat yang dipake komen kok tidak bisa dibuka ya Kang? Mau simpen yang secarik kertas aja. Hihihi

Mantep Dan, sekarang namanya udah jadi brand 🙂 Untung dulu ngga sempet nama curhat di rantau ya ha…ha…
Aku pilih nama blogku itu karena buatku blog itu rumah kita online. Chez itu bahasa Perancis artinya di. Chez Lorraine = di tempat Lorraine atau di rumah Lorraine.
Sip, 2 down, 13 to go!

Keren, branding itu penting 😉 Dulu pas daftar di wordpress aku gak kepikiran buat jangka panjang..cuman mikir nge-reserve nama indahs – hahahahaha…apesnya kalah cepat di twitter dan googleplus, pernah anti sosial media waktu itu… 🙂

Setelah berlama-lama dengan nama ala-ala yang pada akhirnya blognya pun tidak diisi dan kalaupun diisi, dihapus juga, akhirnya saya menjadikan nama asli sebagai alamat blog (meski judul blognya masih ala-ala saya sih :haha). Terima kasih sudah berbagi! Iya Mas, sekarang ini sudah jadi brand-mu, keren banget. Menurut saya sih kuncinya ada di konsistensi dan persistensi halah, pokoknya yang penting tetap bertahan apa pun yang terjadi :)).

Aduh kalau beneran pake alamat danicowokmacho, kayaknya mending ganti alamat baru trus import tulisannya ke alamat baru kali ya, hahaha 😆 . Habis alamatnya kayak gimanaa gitu, hahaha 😆

daniganteng.com wkwkwk maaf mas, ketawa pagi-pagi baca ini. untung lah gak jadi pake nama itu 😀 apalagi kalo pake nama danikecebingits.com mungkin abis lah blog nya dibully 😛 btw, aku pernah sih, dan sampe skrg masih pake nama alay buat email. nana_cakep_banget ampuni kenarsisanku ya Allah

aku juga pake nama pangilan waktu di sekolah, HM…soalnya nama asli banyakkk banget yang sama,persis pula…jadilah pada manggil HM,nama belakang alias nama abahku hehehe. kalo di blog,seringnya dipanggis Mas xixixi..dikiran Haji Muhammad

Eh Mbak Hayaaaaa. Akikes mau ptivate message dulu. Hihihi. Dulu mah gak kepikiran soal ahensi Mbak. Eh lhakokya sekarang rame begini dunia blog dan sosmed. 😀

Balas

Haha…tanpa sengaja nyandung dimari. Ya nama itu penting. Dari awal bikin blog memang mau dipecah dua. Satu bagian parenting dan satu lagi umum. Tapi karena saya sgt malas ngetik erase ngetik (yap semalas ituu) jadi ya milih nama semirip mungkin… akhirnya dapat sesuai tema themomblogger.net dan themoblogger.net (kebetulan suka moblogging juga). Kalau mau ganti blog kan tinggal nambah huruf “m” atau mengurangi huruf “m”..jangan tiru cara org malas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version