Kategori
Di Balik Blog Fragment

Hari Blogger Nasional dan Guest Post di Blog Lain

Selamat Hari Blogger Nasional! Di hari yang istimewa ini gw ngebahas tentang guest post. Ada yang pernah jadi pelakunya?

Selamat Hari Blogger Nasional! Mumpung baru kemaren tayang guest post pertama dari Mbak Carra di blog ini dan gak lama sebelumnya gw nulis guest post di blog lain yang mana adalah blognya beliau, gw mau cerita tentang ngeblog dan nanti juga tentang guest post-ing ini. 😀

Baca dulu dong postingan Kenalan dengan Profesi Content Writer, Yuk dari Mbak Carra dan 4 Jenis Postingan Berbayar dalam Blog Pribadi yang gw tulis 😀

Hari Blogger Nasional

Kalo ngomongin blogging, gw sendiri baru aktif sekitar tahun 2009-an dan baru gabung komunitas pas ikutan Fun Blogging 4 awal tahun ini (Taking Turns with Fun Blogging ini postingan testimoni gw tentang komunitas ini). Jadi kalo dibilang blogger senior kagak juga, banyak banget yang jauh lebih senior dan jauh lebih berpengalaman. Tapi dibilang blogger baru juga enggak karena nulis sebenernya udah mulai 2007, mulai dari jamannya Notes Facebook, sempat ke MP, Blogdetik, Blogger sampe akhirnya balik ke WordPress.

Ngomongin blogging sendiri, pas booming-boomingnya twitter sampe sekitaran awal tahun lalu, gw denger beberapa komentas yang nyebutin kalo dunia blog itu udah mati. Gw denger ini dari selebtwit yang followernya nyampe angka ratusan ribu sementara follower twitter gw ya temen-temen blog yang gw cintai ini. Pas denger itu sempet pengen ngebantah tapi ya sudahlah ya. Secara mereka dapet duit dari twitter dan nulisnya juga cuman 140 karakter. Jadi ya mungkin memang ngeblog udah gak asik lagi buat mereka dan udah dianggap mati aja blog.

Tapi buat gw, blog sendiri punya peranan penting yang gak bisa begitu aja diremehkan dan dianggep mati. kenapa begitu? Karena blog sendiri keberadaannya selalu abadi selama servernya gak down dan selama masih googleable. Artikel-artikel yang dishare temen-temen blog pun lebih ekstensif. Lebih lengkap dan menyeluruh dan itu yang bikin gw selalu suka dengan blog karena bisa dapet cerita yang lebih lengkap.

Dengan perayaan Hari Blogger Nasional rasanya peran penting blogger untuk bisa memberikan perubahan ke kehidupan masyarakat semakin diakui. Jadi hayuklah wankawan blogger buat nulis postingan yang bisa bermanfaat buat banyak orang. Tsurhat pun takmsalah karena dalam tsurhatan pasti ada hikmah. *tsaaaah.

Jadi nantinya mohon manteman, ke depannya kemungkinan gw akan lebih banyak posting tentang personal finance di blog ini karena dari duluuuu banget gw emang gemes akan sedikitnya akses informasi ke dunia ini. Bukan mau jualan asuransi ato apa kok gw, tapi kalo ada yang mau along the way ya kenapa nggak. Ihik. Harapannya sih bisa bantu kasih informasi ke masyarakat aja. Pernah coba bikin blog baru tapi gak jalan juga akhirnya. 😛

Guest Post

Nah tentang guest post sendiri.

Jauh sebelum ini gw sudah lihat beberapa blogger buka kesempatan buat guest post di blognya mereka. Cuman gw gak pede aja bikin postingan terus apply-nya. Tapi setelah pengalaman saling menulis guest post sama Mbak Carra, mata gw jadi terbuka lebar. Jadi nagih. Hahahahaha.

Keuntungan yang gw rasa dan dapatkan dari guest post ini antara lain:

>> Memperluas jaringan pertemanan antar blogger karena yang baca postingan gw di blognya Mbak Carra dan baca postingan Mbak Carra di blog gw trus komen-komenan.

>> Belajar banyak hal mulai dari materi yang gw terima sampai bagaimana cara komunikasi yang baik dan benar

>> Jangkauan yang lebih luas karena postingan dipromoin sama Mbak Carra dimana-mana coba

>> Tanam link untuk blog kita karena di materi postingan ada link yang mengarah ke contoh-contoh di blog gw

Dan untuk lebih lengkapnya tentang guest post ini bisa dibaca di blognya Mbak Carra : Undangan untuk Menulis Guest Post di Redcarra.com.

=====

Jadi-jadi-jadiii.. Selamat Hari Blogger Nasioan dan adakah yang mau nulis Guest Post di marih? Colek gw di @danirachmat atau email ke dani.rachmat@outlook.com atau kalo yang sudah punya nomor gw langsung wa aja. 😀

Postingan lain tentang blog ini:

[display-posts category=”behind-my-blog”]

63 tanggapan untuk “Hari Blogger Nasional dan Guest Post di Blog Lain”

Selamat hari blogger nasional juga Mas Dani. Lumayan juga ya guest post ini :hehe, makin menambah koneksi dan menambah pembaca juga :hehe. Kalau saya kadang-kadang menulis buat blognya Mas Ryan yang satu lagi–yang catatan pikiran random itu :hehe. Lumayan juga Mas soalnya semakin banyak menulis kan semakin bagus ya. Tinggal waktunya saja yang diatur supaya tidak ada tulisan yang terbengkalai (saya masih terus berusaha soalnya mengatur waktu untuk menulis itu agak susah! :haha).
Sukses terus dengan blognya ya Mas!

Sama-sama Gar! Makasih banget yaa. Selamat hari blogger nasional! 😀
Gw juga akhirnya mulai lagi satu blog yang ternyata full berbahasa Inggris. Hihihi. Atur jadwal emang penting banget Gar. Semoga semakin gape ya nulisnya! 🙂

Balas

Wawawaa ada ya hari “blogger nasional”? keren ya kita eh para blogger maksudnya. Pengen mas ikutan guest post biar makin lebar temenannya dan buat saya pribadi biar pede bole kesitu ga sik tujuannya?.
Asyiikk saya polow twitter nya ya mas. 😀

Bole dooong. Temanya disesuaikan aja ama tema blog saya ya Mbak Raniii. Nanti aaya guest post juga ke blognya Mbak Rani. Hehehe. Saya juga baru tahu tahun lalu tentang hari blogger ini. 😛

Balas

Hayuk Nad hayuuuk. Kirimin email aja kita saling berguest post. 😀

Balas

Yang masih bikin aku penasaran itu, asal usul hari blogger itu darimana ya? maksudku sejak tahun berapa trus awal muasal piye ceritanya. Maklum, newbie dalam dunia blogger sing isi blognya kebanyakan curhatan kegiatan sehari2 hahaha.

Awale itu tahun 2008 Den. Acara kumpul blogger sama Pak M. Nuh, keminfo waktu itu. Sejak itulah dicanangkan jadi hari blogger. Hihihi. Sukak banget baca kok blogmu Den! “:)

Balas

Kayaknya Sekarang twitter yang udah mati. Eh apa cuma punya gue aja ya? Dulu sempet tiap hati ngtweet melulu. Sekarang ada twitter app di hp aja kagak. Tapi blog tetep aktif walo sering terbengkalai. Ihik.

Semalem lihat berita katanya twitter user growth hdah minus Ngel tapi skr para blogger paketnya itu ya dari blog ya dari twitter. Hihihi.

Balas

Selamat hari blogger nasional! Maap telat bales euy. Hihihi. Hayuk saling nerguest post! Kita saling sesuaikan aja tema postingannya.

Balas

ayo dong mas update lagi blog celengan semarnya hihii.. saya pertama kali ketemu mas dani dari blog itu loh

Waaaah di sini aja Cep update soal financenya yaaa. Temen gw masih lama baliknya dari sekolah soalnya. Hihihi..

Balas

Amiiin. Sori telat balesnya Nis. Huehehe. Selamat hari blogger yaaa.

Balas

Saya dulu maen kok multiply cuman gak gaul. Jadi private note aja di sana. Gak komen dan gak dikomenin. Dampe 2010an apa ya pas pindah balik ke wp.

Balas

Huaaa Feeee. Beneran nih? Adudududuh. Gw langsung mau dong pastinyaaah. Gw bikin dulu yaaaa.
Amiiiiin semoga suatu saat kita akan ketemu ya Fe… ??

Balas

Selamat hati blogger! *maap telat bales.
Hasiiik. Makasih yaaaa buat supportnyaa. 🙂

Balas

Aaaaw. Makasih Mbak Memez.. Selamat hari blogger juga ya mbak. Maap balesnya telat.. 😀

Balas

Haiyah. Gak pede kenapaa? Hayuk atuh Dit. Byw selamat hari blogger yaaaa. *lebih telat lagi balesnya..

Balas

Tulisan tema travelling sayah gak pede pake banget deh Mas. Huehehe.

Balas

Selamat hari blogger Mbak Ranny! Maaapkeun lebih telat lagi euy balesnya. Mihihi. Monggo loh kalo mau guest post di marih mah.. Hihihi. Makasih ya Mbaak.

Balas

Met hari Blogger ya Dann, semoga tambah sukses blognya., dan selamat juga sudah menjadi penulis tamu di blog lain.

Amiiin. Makasih Mbak Ely. Doa yang sama untuk Mbak Ely juga ya… 🙂

Balas

Makasih banyak ya Mbak. Selamat hari blogger juga! 🙂 doa sama ya Mbak untukmu.. 🙂

Balas

walaupun agak terlambat, saya mau ngucapin juga Selamat Hari Blogger Nasional, semoga blogger indonesia tetap jaya didara, semakin produktif dan semakin kreatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *