Kategori
A's Milestones Being a Father Husband and Wife Keluarga

Jatoh

Jatoh is his first word.

As parents what is the first word that you want to hear from your kid? Kalo ga mama/papa/ayah/bunda ato apapun yang ngerefer ke kita sebagai orang tuanya bukan sih?

Sama dengan kami kalo gitu.

Minggu lalu pas Aaqil periksa ke dokter setelah ulang tahunnya yang pertama, dokternya nanya udah ada satu kata spesifik apa belom yang diucapkan oleh Aaqil. Gw sih ingetnya Ayah, karena Aaqil sempet teriak ‘Adjaah‘ dengan susah payah sambil nunjuk ke gw pas gw tinggalin sholat sementara Aaqil ditaroh di sofa ga jauh di depan gw. Gak konsen ya bok sholatnya sampe bisa ngeliat Aaqil dan tahu yang dia lakukan. Hihihi. Habis cerita itu dokternya bilang kalo diucapkan sekali aja dan ga berulang ga bisa dianggep sebagai kata spesifik. Huhuhu.

Kuatir dong gw ama Bul ya. Si dokter sih kemudian jelasin ga masalah asalkan maksimal pas umur 15 bulan sudah ada paling ga satu kata.

Aaqil and His Camera

Fast forward ke hampir seminggu setelah periksa yang mana kemis pas libur kemaren. Aaqil ini kan udah terbiasa makan di highchair ya. Ohiya, highchairnya ini dapet dipinjemin sama Mba Meta. Baik banget si Mba Meta dan Mas Pandu ini, selain highchair kami dapet banyaaaak banget mainan pinjeman. Hihihihi. Beruntung deh sebagai tetangga. nyengir kuda

Nah setiap makan di highchair kan Aaqil suka dikasih sendok dan piring plastik buat dia pegang ya. Sendok dan piring plastik itu suka dilempar ke bawah ama dia. Kalo kata baby center sih emang fasenya suka ngelempar barang, not necessarily he is being naughty or something, katanya mungkin aja dia pengen tahu apa yang terjadi kalo barang silempar ke bawah, jadi kami ga larang tapi sambil kasih tahu kalo barang dilempar bakalan jatoh. Kami bilang ‘piringnya jatoh ya, diambilin ya sama ayah/bunda‘.

Sampe suatu ketika pas makan dia lempar piringnya dia yang buat dipegang-pegang trus bilang ‘datoh!’. Awalnya gak ngeh tapi setiap kali ada barang jatoh dia selalu bilang gitu ato paling ga dengan mukanya yang yakin banget bilang ‘toh!’. Satu tingkat yang lebih advance lagi, kalo Aaqil ditaroh di highchair sambil pegang mainan trus gw ama Bul tinggalin buat ngambil sesuatu ato ngerjain kerjaan kayak cuci piring dan masak, dia pegang mainannya trus bilang ‘datoh’ berkali-kali sampai kami noleh sambil terus pegangin mainannya. Kalo ga noleh-noleh dilepaslah itu mainan dan jatoh beneran. Apa ya namanya itu, ngancem ato apa ya?

Ga perlu nunggu sampe 15 bulan. Kami dapet kata pertama yang spesifik. Tapi kokyaaaaa.. Jatoh?! Huaaaaa.

Selain itu akhir-akhir ini juga, beberapa kali dia nunjuk gelas minum sambil bilang ‘Num!’ Butuh beberapa kali pembuktian lagi sih kalo Aaqil sudah bisa bilang minum, tapi ya itu kalo ngomong sambil nunjuk-nunjuk gelas. Dan paling heboh kemaren malem. Dari atas kasur sambil tengkurep siap-siap tidur dia nunjuk-nunjuk tripod dan barang-barang di bawah dengan bilang ‘apachu-apachu‘. Gw anggep sih dia ngomong ‘apa itu’ karena setelah dijelasin barang yang ditunjuk dia diem trus nunjuk barang lain. Hihihihi. Bapak maruk tapi semoga ga ngelebih-lebihin cerita ya.

Trus kapan ngomong ayah bundanya doooong? Oh well kapan aja boleh sih, yang penting Aaqil sehat dan tahu kalo pas mau jalan minta tangan ke Bunda. Pas sama ayah? kasih ketek buat digendong. Hihihihi.

Aaqil setahun dua minggu.

128 tanggapan untuk “Jatoh”

Hihihi selamat yah, Aaqil emg cakep, pas liat d citos itu lho. Untung ga ky ayah yah Aaqil :p siap2 dicabein sm Dani

yeay, pinternya aqiil, sekarang udah punya kasakata baru, cepet tumbuh besar yah sayang, biar ayah bundanya kelabakan menjawab pertanyaan aqiil nanti 😀

aiih… pinternya jagoan ganteng satu inii…. Sabar ya Ayah Bunda…. mudah2an bentarlagi muncul panggilan sayang dari ananda…

gak apa2 lan Dan jatuh, dari pada elo di panggil ibu/bunda/mama wakakakak…kmrn pas 1,5 tahun gw dipanggil mami akhirnyaaaa biasa dia panggil gw papa dari kecil 😀

nanti giliran Aaqil udah bawel loe yg pusing

iih so cute si Aaqil *sambil gigit kamera pula*hihihi ngikik di bagian ge-er kau mengira dia manggil ayah , dan. Dokternya anpa tedeng aling aling langsung memupus harapan kata pertamanya ayah ya hahahaha

iya ada masa2nya… ntar juga pasti tambah lama tambah banyak kosakatanya ya… 🙂

gua sih gak pernah merhatiin apa kata pertama dari si Andrew dan emma. hahaha. soalnya emang awal2 kadang kita merasa mereka ngomong suatu kata tapi ternyata setelah beberapa saat diliat ternyata bukan. cuma kayaknya kebetulan aja ucapannya mirip ama salah satu kata. 😀

Aaqil…kamu emang lucu bangeeett deh *cubit cubit gemes pipi Aaqil*
setuju ama Tyka..Aaqil iki mirip bundane….heuheuheu

Hahaha lucu banget si Aaqil…paling gak kan ada satu kata spesifik Mas 😀

Aaqil lucu banget sih, kameranya enak ya? hihihihi…
seneng banget ya Dan udah ada kata spesifik yg diucapin.

ich Aaqil sama dengan Favian….tttoooooosssss dulu

kata pertamanya di umur 15m adalah JATUH dan terus berulang-ulang dilanjutkan dengan mami 🙂
kata itu keluar tanpa melewati fase babling ataupun kata lain yang terucap
kata itu keluar setelah melewate fase kekuatiran dan kekuatan kami hingga mengambil keputusan tes assr serta terapi wicara 😀

Kok sama ya? Beberapa ponakanku juga kata pertama yang diucapkan ‘d(j)atoh’.. Trus yg kedua ‘Bapak’. Mama’nya protes, katanya lebih mudah bilang ‘mama’ kok ya duluan bilang ‘Bapak’ daripada ‘mama’/’ibu’ 😀

kalau anakku ya Ayah dulu baru bisa jelas sebut Bunda, karena emang Ayah lebih mudah sih *kompetitip*

trus kalau ke Ayahnya kasi ketiak? wkwkwkwk…lucu banget sih kamu Aaqiil 🙂

Kalo Aqiil udah gedean dikit, bakal bilang, “Aku jatoh cinta, Ayah…” Hhahahahaha 😀

Duh, anak kecil itu emang peniru sejati ya, tapi kadang yang ditiru itu suka nggak sesuai sama keinginan kita hahahaha. Tenang aja Dan, anak cowok itu emang sedikit lebih lambat dalam memulai ngobrol, tapi tungguin aja, tar jg bawelnya keluar semua, nanya ini itu, tar pusing lagi deh! Hihihi…

santai aja, om
dulu si adi sampe umur dua tahun juga belum bisa ngomong. tapi begitu bisa, cerewetnya minta ampun dan itu drastis. kalo ncit sama ncip sih setaun dah mulai. ncit suka bilang mbek kalo ncip lihai bilang nenen…

hahaha.. jadi si Aaqil blm bs ngomong ayah/bunda ya mas? *mengkasihani mas Dani 😛
Khadziq dulu bisa bilang ayah dulu baru stelah umur 2 tahunan bisa manggil bunda 😀
Aaqil msh mending sih, mngkn krn bilang ayah/bunda agak sulit yaa.. lah ponakanku seumuran Aaqil gedean dikit baru bisa bilang ‘dadah’ sama ‘duduk’ ajaa.. haha
blm bisa manggil papa mama, padahal papa mama cukup gampang kan yaa..

aaqiiil… ngga terasa udah bisa bicara yaaa, nanti jangan berenti tanya tanya ayah tentang hal hal yang seru ya sayang. heartwarming pisan iyeuhhh! peyuk dani mbak bul & aaqil!

Aaqil Makin lucu dan gemasin aja nich… heheheheh
semoga sll sehat dan makin pintar ya Aaqil… Aamiin 🙂

Sabar aja Mas Dani dan Mba Bul, mungkin Aaqil lg merangkai kata indah penuh makna untuk panggilan sayang buat Mas Dani & Mba Bul… tunggu aja… hehehhee

putranya lucu mas, doain saya semoga cepet juga dapat momongan 🙂 *salam kenal mas

Untuk mengurangi kesedihan lu ya, Dan, first word Nadya adalah “mbak”.. ‎​​(˘̩̩-˘̩ƪ)
Congrats, Aaqil. Moga2 saat ayahmu baca komen kakak ini (kakak???!), kamu ud bisa ngomong kata-kata lain 😉

Huaaa..Aaqil unyu banget Bang..
Salam peluk cium buat Aaqil Bang Dan..Tapi fotonya yg diupload cuma 1 ya Bang 🙁
ntar kalo udah bisa ngobrol, pengen ngobrol ah sama Aaqil B|

Lagi senang senangnya punya anak se umuran gitu, ya gan. Apalagi lihat tingkah lakunya yang bikin…
Pulang kerja badan cape, langsung ilang deeh..
Kunjungan pertama, salam kenal gan.

Datoh

wakakakaka kata pertama yang terlontar
sabar mas lama-lama kebagian kok jatah ayah bunda 🙂

btw jadi inget filmnya inuyasha ya yang kagome suka bilang jatoh wakakakakakaka

kayaknya bakal duluan nyebut ayah deh mas, kalo bunda agak lama, karena ada u’u-nya. iparku aja sampe ganti panggilan dari bunda jadi mama (gokil banget kan?). gegara anaknya lebih gampang nyebut mama dari bunda. sabar2, ntar kalo udah cerewet malah bingung njawabnya….
aqiil salam kenal yah

aqil setahun dua bulan yaa.. berarti seumuran sama faeyza, faeyza setahun 1 bulan, memang lg suka jatoh2in barang, klo dikasih dibuang, tp klo skrg dikasih masuk mulut hahahahahaa… trus skrg lg mau makan smua makanan dewasa hehehe… klo faeyza lg suka ngomong “apa..apa.. gitu aja terus hahahaahaha.. biasanya jadi nyambung papa.. ngomong mama nya belum bisa hehehe… wah seru memang klo ngikutin tumbuh kembang anak yaa.. bikin kita senyum2 terus hehehe…

aiiihhh,,,, lutu banget deh mas Aqiill…
emang itu wajar katanya mas,, umur segitu dia penasaran sama gravitasi,,,
Kata2 pertama Abbad apa ya??? semoga tidak “jajan” 😆

Aduh, Daaaan….kata pertamanya Aaqil unik banget sih…?
Hihihi, biasanya kan panggilan buat bapak atau ibunya, eh, ini malah kata kerja yang konotasinya adalah barang yang kena gravitasi….ah, ah, satu lagi nih bukti kecerdasan seorang anak 😉
Selamat ya Dan, buat kata pertama Aaqil yang termasuk kategori spesifik ini, udah sah deh disebut anak dengan usia dibawah 15 bulan 😀

Setuju sama memtyk…ngganteng…deh Aaqil..:) hmmm pada masanya nanti…Aaqiil akan panggil panggil terus..minta ini itu…:) tuh udah mulai pinter…:) tetap semangan membacakan buku dan ngajak bercerita walapun mungkin respon jawaban tidak terlihat…tapi dia belajar dan mencerna kosakata…

Pa kabar Mas Dan? lama banget nih gak komen disini, kangen……
Aqil tambal pinter aja, makin bangga dunk jadi ortu.kata mama papa ga masalah ga jadi kata pertama dia, yg penting dia kan kenal siapa mama papanya yang asli.
emang koq banyak cerita, anak yg gak banyak ngeliatin kemampuan bicara waktu awal2, malah jadi super omonge akeh pas dia rada gede. but aqil mah insyallah normal aja sih, belum waktunya.

kalau jadi orang tua, kata pertama yang kelar dari mulut anak saja sudah menggembirakan ya..
semoga kata selanjutnya bisa tersusun menjadi kalimat 🙂

Hallo Dani apa kabar ? bgmn kabar bul dan Aaqil juga ? semoga sehat sehat ya, kangen ceritanya nih 🙂

Aku jujur malah gak terlalu perhatiin kata pertamanya Raja, Dan, soalnya kadang dia ngomong kata yang sepertinya mirip dengan yang kita pikirin, tapi ternyata di lain waktu dia gak ngomong itu..jadi bingung sendiri… Tapi tahu-tahu aja anaknya udah bisaaa aja ngomong 😀

kalau Aaqil kata spesifiknya jatoh, aku dulu waktu bayi apa yaa. ntar tanya ortu deh. wkwkwk

Waaah…, Aaqil tambah cakep aja…. calon fotografer profesional kayaknya, hehe…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version