Kategori
Investasi Saham

Memahami Margin Trading Saham dan Memilih Sekuritas Terbaik untuk Margin Trading

Apa itu margin trading saham? Bagaimana cara pakainya dan bagaimana memilih sekuritas yang bagus untuk fasilitas margin trading?

Untuk teman-teman yang sudah aktif bertransaksi saham, sudah pernah dengar kan tentang margin trading? Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai margin trading dan manfaatnya untuk memperbesar aset saham yang teman-teman miliki!

Apalagi buat teman-teman yang aktif bertransaksi jual beli saham dan menjadikan trading sebagai salah satu alternatif untuk mencari penghasilan. Margin trading adalah salah satu instrumen yang bisa dimanfaatkan. Terutama apabila sudah mengetahui tingkat keuntungan yang secara konsisten bisa dihasilkan, sementara modal yang dimiliki cukup terbatas. 

Tapi Mat, bahaya gak sih trading pakai margin itu? Trus apa emang bisa dipakai semudah itu, kan syarat margin trading itu banyak ya? Nah, karena itu yuk dipelajari dulu. Menurut gue, semua instrumen keuangan itu netral. Gak ada yang baik dan gak ada yang buruk. Tapi lebih ke bagaimana kita sebagai pengguna memanfaatkan margin tradingnya. 

Lalu, pertanyaan ultimate-nya, kalo mau pakai margin trading pakai sekuritas yang mana?

Oke yuk, kita bahas satu per satu. 

1. Apa Sih, Pengertian Margin Trading?

Mengenal Apa Itu Margin Trading

Baca juga: Cara Membaca Laporan Keuangan Agar Tidak Salah Pilih Saham

Sederhananya, pengertian margin trading adalah fasilitas pinjaman yang diberikan oleh perusahaan sekuritas ke nasabahnya untuk bisa membeli saham dan bertransaksi dengan nilai yang lebih besar dibandingkan dengan modal/dana yang dimilikinya. Ini yang disebut dengan “utang buat transaksi saham”.

Sebenarnya margin trading ini adalah hal yang umum dan sudah wajar dilakukan oleh para trader saham. Mereka yang sudah aktif trading saham dan bertransaksi di bursa pasti sudah tidak asing lagi dengan margin trading ini. 

Tapi Mat, bukannya dibilang: jangan investasi dengan duit utang? 

Nah perhatikan manteman, margin trading ini buat yang transaksinya trading. Jual-beli cepet. Bukan yang investasi dan menunggu kenaikan harga saham berdasarkan kenaikan valuenya. 

Kok yang trading bisa pakai margin? Ya karena untuk yang trading sudah tahu potensi keuntungan yang akan didapatkan dan biaya (bunga) dari pinjaman marginnya. Kalau dihitung ternyata potensi keuntungan lebih besar dibandingkan dengan biayanya, masih tetap untung kan?

Iya, margin ini ada biaya bunganya. Karena berupa pinjaman ya manteman. Jadi harus aware tentang hal tersebut. 🙂

Kembali ke menu atas

2. Apa Saja Syarat Margin Trading?

Kalau begitu, apa Mat syarat untuk bisa memanfaatkan fasilitas margin trading ini? Kan gak mungkin ya semua orang bisa langsung ujug-ujug bisa pakai tanpa memenuhi syarat margin tradingnya?

Kalau ada yang berpikir seperti ini, bagus! Pemikirannya gak salah. 😉

Untuk bisa menggunakan fasilitas margin dalam trading saham, seorang nasabah harus memenuhi beberapa syarat. Dan salah satunya nasabah harus mengajukan dulu penggunaan fasilitas margin trading ke perusahaan sekuritas yang dipakainya. Gak bisa ujug-ujug trading pake margin ya. 😀

Ini beberapa syarat dan ketentuan margin trading yang harus dipenuhi oleh nasabah:

  1. Mengajukan penggunaan margin trading ke perusahaan sekuritas yang dipakainya
  2. Minimum aset yang dimiliki umumnya sebesar Rp200 juta sebagai jaminan dalam bentuk saldo RDN atau saham-saham yang bisa diperhitungkan dalam fasilitas margin. Atau bisa juga merupakan kombinasi dari dana di RDN dan saham marginnya. 
           
  3. Fasilitas margin trading hanya dapat dipakai untuk transaksi saham-saham yang termasuk ke dalam daftar saham margin sesuai ketentuan bursa. 

Berat ga syaratnya? Untuk trader pemula yang baru masuk ke transaksi saham bisa jadi terasa berat. Tapi syarat-syarat yang ditetapkan ini juga untuk sebagai bagian dari manajemen risiko baik dari sisi perusahaan sekuritas maupun para nasabahnya.

Jadi, seleksinya ya ketat. 

Trus, apakah margin trading bisa dilakukan di semua perusahaan sekuritas?

Kembali ke menu atas

3. Apakah Margin Trading Bisa Di Semua Sekuritas?

Mengenal Apa Itu Margin Trading

Oke, kamu mulai tertarik nih dengan margin trading. Trus besok hari kerja bursa berikutnya udah mau langsung apply ke perusahaan sekuritasmu. Ya bisa jadi kan, kamu tiap bulan udah konsisten record profit dari hasil trading. 

Pokokmen trading udah jadi sumber penghidupan gitu lah. Udah trading for living kerennya. Jadi, tinggal daftar aja gitu ya ke perusahaan sekuritas?

Sayangnya enggak cuy. Buat bisa pakai fasilitas margin trading ini, gak semua sekuritas menyediakan. Jadi ya kudu pilih sekuritas yang punya dan bisa memberikan fasilitas margin untuk nasabahnya. 

Salah satu sekuritas yang bisa memberikan fasilitas margin trading ini adalah Ajaib Sekuritas yang gue aktif pakai. Pasti udah pada tahu kan Ajaib Sekuritas yang terkenal dengan kesederhanaan transaksinya ini? 

Nah, kalau teman-teman yang sudah aktif pakai Ajaib Sekuritas untuk trading saham dan memenuhi syarat pengajuan fasilitas margin di atas tadi, kalo tertarik pakai fasilitas margin, boleh loh cek ke websitenya Ajaib sekuritas untuk margin trading Ajaib.

Asik kan? Ajaib Sekuritas yang udah akrab banget sama keseharian trading dan investasi saham, sekarang bisa kasih fasilitas margin juga. Ditambah bisa beli reksa dana juga di sini. Jadi semuanya udah siap pakai aja, 

Kembali ke menu atas

4. Risiko dan Kerugian Menggunakan Margin Trading?

Oke, sebelum lanjut terlalu jauh dan langsung apply fasilitas margin trading ke Ajaib Sekuritas trus langsung transaksi, kamu harus tahu dulu konsekuensi dan risiko menggunakan margin trading ini.

Baca juga: 7 Rekomendasi Buku Bekal Investasi Saham

Apa sih potensi risiko dan kerugian yang bisa kamu hadapi kalau pakai fasilitas margin trading?

Gue ingatkan lagi ya, margin trading ini adalah fasilitas pinjaman. Besarnya limit yang diberikan untuk margin trading ini tergantung dari kualitas aset yang kamu miliki di rekening sekuritasnya. Penghitungan limit ini tergantung dari besarnya dana yang ada di RDN dan juga saham margin yang masuk dalam perhitungan penggunaan marginnya. 

Termasuk untuk Ajaib sekuritas. Kamu harus cek dulu bagaimana ketentuan limit yang bisa kamu dapatkan untuk akunmu. Nah, karena bentuknya berupa pinjaman, biaya yang kamu harus tanggung kalau kamu menggunakan margin yang pasti adalah biaya bunga. 

Ya, seperti pinjaman pada umumnya. Ada bunga yang harus kamu bayar untuk penggunaan fasilitas margin untuk transaksi. Ajaib Sekuritas mengenakan biaya 14% per tahun untuk bunga pinjaman di fasilitas margin tradingnya.

Tentunya, karena namanya pinjaman, ketika jatuh tempo harus dibayar lunas. Kalau tidak bisa dibayar lunas bagaimana dong? Perusahaan sekuritas tempat kamu menggunakan fasilitas trading tadi akan melakukan penjualan paksa (yang lebih dikenal dengan forced sell) atas aset-asetmu untuk membayar.

Jadi, pakailah margin trading dengan bijak ya manteman.

Kembali ke menu atas

5. Ajaib, Sekuritas untuk Transaksi Saham yang Sederhana dan Promo Margin Trading

Nah, kalau pakai Ajaib Sekuritas untuk margin trading ada kelebihannya gak sih? Yang pasti tadi yang pertama ya, buat transaksi sahamnya sederhana. 

Nah, untuk saat ini, fasilitas margin trading ini baru tersedia di aplikasi Ajaib Sekuritas di  Android dengan versi aplikasi minimum 1.0.1W dan akan segera tersedia di iOS & Web. Kalau kamu sudah pakai aplikasi Android, coba dicek versi aplikasimu, ya! Kalau belum, cuss buruan update. 

Selain itu, sampai tanggal 1 Juni 2022, ada promo gratis biaya broker & bunga buat transaksi jual beli menggunakan margin. Jadi trading jual beli saham gak akan kena biaya broker alias gratis. Tapi biaya pajak dan biaya lain masih tetap berlaku ya. Terus kemudian bunga yang 14% yang disebut di awal tadi baru diberlakukan tanggal 2 Juni ya manteman. Untuk detail biaya ini, bisa langsung pergi ke websitenya Ajaib Sekuritas untuk bisa cek biaya transaksi Ajaib ya. 

Menggiurkan banget kan tawarannya? Cuss buruan cek. Jangan sampai ketinggalan. 

Kembali ke menu atas

6. Keuntungan Apa yang Didapat Menggunakan Margin Trading?

Mat, kan risikonya gede kalo misalkan kita make margin ya? Emang bisa untung transaksi trading saham pakai margin?

Gini-gini teman-teman…

Tadi di atas sudah gue sebut kan ya? Kalau margin trading ini sudah akrab dipakai teman-teman yang aktif trading saham cepat. Bukan yang investasi dan berharap kenaikan nilai sahamnya.

Kalo orang dagang, yang penting muternya cepat dan bisa untung. Semakin gede yang muter, meskipun persentase untungnya kecil, keuntungannya juga semakin besar kan? Nah begitu juga prinsip menggunakan margin trading ini. 

Sebagai contoh, kalau seorang trader melihat ada sebuah saham yang memiliki potensi kenaikan 5% atau lebih. Alih-alih cuma bertransaksi Rp 50 juta dengan potensi keuntungan Rp 2,5 juta, kalau menggunakan margin dia bisa bertransaksi sebesar Rp 150 juta maka keuntungannya akan menjadi 3x lipat. 5% keuntungan ini dalam 1 hari trading ya teman-teman. 

Nah bandingkan dengan biaya marginnya yang “cuma” 14% selama 1 tahun. Kalau saja si trader ini bisa konsisten mendapatkan 5% selama 3 bulan  berturut-turut, maka biaya margin ini bisa tertutup. Sementara, keuntungan di sisa tahunnya sudah merupakan keuntungan bersih. Logikanya seperti itu. 

Nah, untuk saham-saham yang bisa diperdagangkan/ditradingkan menggunakan margin trading ini juga gak semua saham ya manteman. Ada daftar saham-saham yang bisa diperdagangkan menggunakan margin. 

Untuk Ajaib Sekuritas, bisa langsung cek aja daftar margin trading Ajaib langsung di sumbernya. Jadi biar setelah apply fasilitas margin trading dan disetujui langsung bisa pilih saham mana yang mau ditradingkan. 

Kalau ada pertanyaan langsung aja di komen ya teman-teman.  

Kembali ke menu atas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version