Kategori
Perencanaan Keuangan

Asuransi Kesehatan Terbaik, Ini 5 Cara Memilihnya

Di tengah pandemi saat ini, produk asuransi kesehatan jadi instrumen rencana keuangan penting dan wajib untuk kamu pertimbangkan. Mengapa harus? Selain menjaga tubuh agar tetap sehat, kamu butuh asuransi kesehatan terbaik sebagai upaya perlindungan ekstra agar hidup lebih aman dan terjamin.

Tak ada yang tahu jika suatu hari kita atau kerabat butuh pengobatan rumah sakit dan butuh biaya yang tak sedikit. Tenang, selain ada BPJS Kesehatan yang dikelola pemerintah, banyak perusahaan asuransi kesehatan dengan manfaat rawat inap dan lainnya.

Preminya pun bisa dibilang terjangkau dengan manfaat yang lengkap, mulai dari biaya rawat inap, hingga rawat jalan. Tapi, kalau menurut kamu masih kurang, kamu bisa memilih perusahaan asuransi yang produknya dirasa memenuhi kebutuhan kamu.

Intinya, kamu perlu asuransi kesehatan terbaik yang menawarkan pertanggungan biaya pengobatan dan perawatan yang meng-cover berbagai kebutuhan saat sakit.

Penting untuk diingat, asuransi kesehatan ini berbeda dengan asuransi jiwa. Perbedaannya bisa dilihat dari risiko yang ditanggung. Jika asuransi kesehatan memberikan jaminan berupa biaya ganti rugi ketika nasabah sakit, maka asuransi jiwa diberi kepada ahli waris ketika nasabah meninggal.

Nah, yuk, kita tilik lebih jauh tentang asuransi kesehatan. Tepatnya, bagaimana memilih asuransi kesehatan terbaik untukmu.

Kenali Perusahaan Asuransi Kesehatan Terbaik

Sebelum memilih, kenali dulu seperti apa perusahaan asuransi yang baik, dan memudahkan kamu, berikut kriterianya.

1. Jaringan Rumah Sakit Luas

Kamu tentunya membutuhkan asuransi kesehatan terbaik yang dapat digunakan di berbagai rumah sakit. Tidak ada yang tahu di mana dan kapan kita membutuhkan perawatan rumah sakit. Bahkan ketika kamu liburan pun, bisa jadi kamu jatuh sakit. So, kamu perlu menanyakan hal ini ketika memilih produk proteksi.

Dengan jaringan rumah sakit yang luas, kamu bisa memilih rumah sakit yang kompeten atau dekat dengan tempat tinggal saat ini. Selain itu, semakin luas jaringan artinya perusahaan tersebut terpercaya dan semakin cepat juga kamu mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kembali ke atas

2. Pakai Sistem Cashless

Perlu kamu ketahui, ada dua sistem klaim asuransi kesehatan yaitu cashless dan reimbursement.

Asuransi kesehatan terbaik adalah yang menggunakan sistem cashless. Dengan sistem ini, kalau kamu sakit, kamu akan segera dapat penanganan, dan urusan pembayaran perawatannya akan langsung dihandle oleh perusahaan asuransi. Jenis ini dapat diklaim di mana pun dan kapan pun.

Cashless membuat kamu tak perlu lagi mengeluarkan uang tunai untuk menalanginya. Meskipun ada dana darurat, tetap saja kamu ingin manfaat perlindungan bisa langsung dirasakan, betul?

Metode klaim cashless ini bisa dilakukan jika perusahaan memiliki kerja sama dengan rumah sakit tempat kamu dirawat. Jadi, memang paling mudah jika sistem cashless sudah disediakan oleh asuransi kesehatanmu.

Kembali ke atas

3. Premi Terjangkau

Premi asuransi juga penting untuk dijadikan pertimbangan. Asuransi kesehatan terbaik akan menawarkan biaya premi terjangkau dan manfaat yang bisa kamu dapatkan secara penuh.

Hal tersebut bisa kamu temukan dalam asuransi murni, yang sistemnya nggak digabung dengan manfaat lainnya. Asuransi ini cocok bagi kamu yang baru memulai dan ingin biaya terjangkau tetapi kamu tetap akan mendapatkan pelayanan terbaik.

4. Layanan Premium

Asuransi kesehatan terbaik bukan hanya memprioritaskan rawat jalan saja, tetapi juga memprioritaskan rawat inap bagi nasabah yang memiliki penyakit tertentu.

Selain itu, tak hanya biaya perawatan dan pengobatan, askes ini juga diharapkan dapat meng-cover biaya pengobatan. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan prioritas.

Ciri-ciri perusahaan yang baik di atas dapat kamu jadikan pedoman dan acuan untuk memilih perusahaan asuransi yang tepat.

Kembali ke atas

Cara Pilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Nah, sudah tahu kriterianya, sekarang bagaimana cara memilih asuransi kesehatan terbaik? Berikut ini beberapa pertimbangan yang harus kamu ketahui.

1. Pahami Kebutuhanmu dan Keluarga

Kebutuhan setiap orang akan proteksi tentunya berbeda dan sangat relatif. Jadi, pertimbangkan apa kebutuhan kamu dan keluarga agar pemilihan produk tepat dan manfaat proteksi ini bisa digunakan dengan maksimal.

Kalau kamu merasa ada di kondisi yang masih fit dan standar, maka manfaat dari BPJS Kesehatan bisa dibilang memadai. Namun, jika kamu atau kerabat memiliki riwayat penyakit yang terkadang butuh rawat inap dan pengobatan rutin, maka butuh produk yang lebih lengkap.

2. Lakukan Riset dan Perbandingan

Tak kalah penting, lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui layanan-layanan dan produk apa saja yang diberikan setiap perusahaan asuransi kesehatan terbaik. Setelah memiliki beberapa list, bandingkan satu sama lainnya.

Dengan membuat daftar perbandingan, kamu bisa lebih jelas melihat perbedaan dari setiap produk asuransi kesehatan tersebut. Paling tidak buat antara 2-3 produk yang perlu kamu bandingkan.

Kamu bisa cek misalnya mulai dari jangkauan perlindungan, besaran premi dan bandingkan dengan manfaatnya. Selain itu, bandingkan rekam jejak, reputasi, atau kredibilitasnya. Hal ini penting agar kamu terhindar dari kerugian di kemudian hari.

Kembali ke atas

3. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Kemampuan finansial saat ini juga jadi pertimbangan penting. Jangan sampai kamu ambil premi tinggi demi mendapat fasilitas terbaik, namun untuk memenuhi kebutuhan harian jadi kesulitan.

Apalagi jangan sampai kamu bayar premi dengan berutang. Tapi di sisi lain, fasilitas yang minim juga bisa merugikan saat dibutuhkan. Jadi, intinya pertimbangkan dengan baik antara kebutuhan dan kemampuan untuk mendapatkan manfaat asuransi kesehatan terbaik.

4. Pahami Polis dan Ketentuan

Setiap asuransi kesehatan terbaik akan memberikan polis dan ketentuannya masing-masing. Ada yang memberikan syarat berupa masa tunggu penyakit, artinya tidak dapat mengklaim jika untuk beberapa penyakit belum mencapai jangka waktu tertentu.

Hal ini justru membuat kamu semakin sulit, bukan? Saat dibutuhkan sesegera mungkin, polis dan ketentuan mengatakan kamu harus menunggu satu tahun untuk pengajuan klaim. Jadi, pastikan kamu pelajari seksama polis dan ketentuan yang berlaku.

5. Proses Klaim Mudah

Terakhir, pilihlah produk yang sistem klaimnya mudah. Tidak hanya menawarkan perlindungan, namun realisasi manfaat dan proses klaim juga penting saat di kondisi genting.

Dengan prosedur yang tidak bertele-tele, hal ini bisa mengurangi beban pikiran dan menghemat waktu saat dibutuhkan.

Kembali ke atas

Nah, itu tadi kriteria dan cara memilih asuransi kesehatan terbaik yang dapat menjamin perlindungan kesehatan kamu di masa mendatang. Rumit? Semoga sih enggak.

Yang pasti, adalah penting banget-banget bagi kamu untuk memiliki perlindungan kesehatan. Asuransi kesehatan terbaik itu yang seperti apa? Bukan soal premi murah atau mahal, fasilitas yang gimana-gimana, tetapi lebih pada sesuai dengan kebutuhanmu.

Nah, terus, jangan lupa untuk belajar keuangan lebih baik lagi. Mulailah dari belajar bagaimana menjaga cash flow agar tetap positif. Pasalnya, nanti kalau kamu punya asuransi—apalagi kalau lengkap—kamu akan harus membayar iurannya. Kalau cash flow enggak positif, ya percuma saja punya asuransi.

Yuk, belajar cash flow dan budgeting!

Ebook Kemerdekaan Finansial Level #1: Arus Kas Positif & Budgeting, termasuk alat cek kesehatan keuangan & budgeting + contoh pengisian. Hanya Rp47.770, cara belinya tinggal klik saja button di bawah ini, dan ikuti petunjuk berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version