Kategori
Asuransi Perencanaan Keuangan

4 Langkah Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Ternyata asuransi itu tidak hanya untuk kesehatan dan jiwa saja, tetapi juga penting untuk memikirkan asuransi kendaraan. Kadang sih, asuransi kendaraan seperti ini dirasa less important, padahal sebenarnya ya, sama pentingnya—apalagi buat kamu yang memang menggunakan kendaraan roda 4 dengan intensitas tinggi. Setiap hari mobiling, untuk jarak yang relatif jauh. So, kamu mesti tahu cara memilih asuransi mobil terbaik.

Namun, sebelum kamu membeli polis asuransi mobil, kamu perlu memahami terlebih dahulu pengertiannya. Selain itu, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dalam memilih asuransi mobil terbaik, agar kamu dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

So … mari kita bahas tuntas dalam artikel kali ini!

Apa Itu Asuransi Mobil?

Asuransi mobil adalah jenis asuransi yang dapat memberikan proteksi untuk mobil ketika mengalami kecelakaan, benturan, terbalik, atau tergelincir. Asuransi ini difokuskan untuk mengganti kerugian biaya perbaikan bengkel ketika kendaraan roda 4 kita mengalami kerusakan.

Di Indonesia sudah ada perusahaan asuransi yang menjual produk proteksi ini, misalnya kayak ACA, AIG, AXA Mandiri, Allianz, dan masih banyak lagi.

Terus, kenapa sih penting untuk punya asuransi mobil?

Kembali ke atas

Memberikan rasa tenang dan aman

Ketika kamu memutuskan untuk membeli mobil, kamu sudah pasti tahu bahwa akan ada risiko yang terjadi. Mungkin tidak sekarang, bisa saja minggu depan, bulan depan, bahkan tahun depan.

Kadang, kita sudah berhati-hati berkendara, tetapi siapa yang bisa jamin orang lain juga sama hati-hatinya dengan kita kan? Kita tidak pernah tahu kapan risiko itu dapat terjadi. Oleh sebab itu, agar kamu lebih merasa tenang dan aman ketika berkendara, kamu bisa memiliki asuransi mobil terbaik untuk berjaga-jaga.

Membantu mengelola keuangan

Memiliki asuransi mobil terbaik juga dapat membantu kamu dalam mengelola keuangan, lho. Pasalnya, pembayaran iuran atau premi secara berkala akan “memaksa” kamu untuk konsisten, cermat, dan hemat dalam mengelola keuangan.

Dengan adanya perlindungan ini, ketika harus mengeluarkan biaya perbaikan bengkel yang begitu mahal akibat kerusakan yang dialami, kamu akan terbantu. Maka, kamu tidak harus langsung mengeluarkan banyak uang jadi lebih hemat.

Kembali ke atas

Tidak mengeluarkan dana yang tidak terduga karena sudah dialokasikan

Pernah tidak kamu harus mengeluarkan dana di luar rencana karena ada beberapa hal harus dibayar secara tiba-tiba? Menyebalkan sih, pastinya, karena kamu tidak bisa memprediksi hal ini sebelumnya.

Namun, jika kamu sudah memiliki asuransi lebih awal, kamu tidak perlu khawatir dengan berapa banyak dana yang harus dikeluarkan karena dana sudah dialokasikan. Jadi, ketika mobil kamu tiba tiba mengalami kerusakan dan harus diperbaiki, maka kamu hanya membawa mobilmu ke bengkel rekanan. Kamu hanya perlu membayar biaya administrasi bengkel yang harganya terjangkau.

Jenis Asuransi Mobil Terbaik

Asuransi mobil terbaik terbagi menjadi dua jenis yaitu jenis all risk dan total loss only (TLO). Yuk, kita simak maksud dari dua jenis asuransi mobil tersebut.

Asuransi all risk

Asuransi all risk merupakan jenis asuransi yang membayar klaim untuk semua jenis kerusakan. Misalnya, kerusakan ringan, berat hingga kehilangan. Oleh sebab itu, produk ini biasanya memiliki harga jauh lebih mahal daripada asuransi TLO.

Namun, jenis asuransi ini tidak memandang persentase kerusakan yang sudah dialami oleh kendaraan. Jadi meskipun kerusakan kecil hingga besar, biaya perbaikan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi terkait. Selain itu, jenis asuransi ini juga memberikan beberapa perluasan jaminan, seperti banjir dan perlindungan lain.

Kembali ke atas

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi TLO merupakan jenis proteksi yang memberikan jaminan ketika nasabah kehilangan kendaraan karena dicuri atau ketika mengalami kerusakan parah di atas 75%.  Namun, jenis asuransi ini memiliki harga yang lebih murah dari pada asuransi all risk.

Tip Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Nah, jika kamu sudah memahami pengertian dan jenisnya, sekarang kamu bisa menyimak dengan baik cara memilih asuransi mobil terbaik agar kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. Kekecewaan akan produk asuransi—apa pun produknya—biasanya diawali lantaran ketidaksesuaian kebutuhan dengan manfaat yang ditawarkan oleh produk itu sendiri. So, hal inilah yang harus dipahami.

Kembali ke atas

Memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan

Hal pertama wajib kamu lakukan untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik adalah kamu harus mengetahui kira-kira manfaat seperti apa lebih dibutuhkan untuk kendaraan kamu miliki.

FYI, usia kendaraan yang kamu miliki sangat memengaruhi ketersediaan pilihan produk dan premi asuransi mobil. Biasanya asuransi all risk memiliki batas usia kendaraan 10 tahun, dan asuransi TLO memiliki batas usia hingga 15 tahun.

Meski demikian, batas usia tersebut masih tergantung dengan kebijakan dari perusahaan. Kamu bisa menanyakan hal tersebut kepada agen asuransi, ya. Jika kamu memerlukan kedua jenis tersebut, kamu bisa menggabungnya dan mendapatkan proteksi yang lebih maksimal.

Memilih perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas terpercaya

Untuk bisa mendapatkan asuransi mobil terbaik, kamu juga harus mencari perusahaan yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik.

Kamu dapat menilai perusahaan dengan melihat kondisi keuangan perusahaan tersebut, yang dinamakan Risk Based Capital (RBC). Jika RBC dari perusahaan asuransi tersebut mencapai 120% atau lebih, maka kamu dapat membeli produk di perusahaan tersebut.

Atau kamu bisa melihat dari review nasabah yang pernah membeli produk di perusahaan tersebut. Karena, biasanya penilaian pelanggan menjadi salah satu indikator paling mudah untuk menilai suatu perusahaan.

Kembali ke atas

Memilih asuransi yang memiliki bengkel rekanan luas

Sama seperti asuransi kesehatan, asuransi mobil juga harus memiliki bengkel rekanan luas. Semakin banyak bengkel rekanan maka semakin mudah cara klaim yang kamu ajukan dan kerusakan pada mobilmu akan lebih cepat untuk ditangani.

Membandingkan harga premi dan fasilitas layanan

Untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik, kamu harus membandingkan tarif premi dengan fasilitas yang dimiliki dari suatu produk. Karena, harga premi yang beragam akan disesuaikan dengan manfaat yang akan kamu dapatkan.

Pilihlah harga yang sesuai dengan manfaat, dan jangan langsung pilih harga karena murah. Pastikan manfaat yang ada sesuai dengan kebutuhanmu atau belum, ya. Seumpama manfaat dari produk belum cukup dengan kebutuhanmu, kamu bisa tambahkan rider atau manfaat tambahan. Namun, kalua kamu menambahkan rider bisa saja ada biaya tambahan diluar produk utama.

Kembali ke atas

Nah, itu tadi beberapa tip untuk memilih asuransi mobil terbaik, ya. Pastikan sebelum kamu memilih produk asuransi kendaraan ini, kamu sudah mengetahui setiap manfaat dari produknya dan sesuai dengan kebutuhanmu. Bagaimana? Sudah siap untuk membeli produk perlindungan aset ini? Yuk, jangan menunda ya. Karena, kita tidak tahu kapan risiko akan terjadi. Jadi bersiap sajalah ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version