Kategori
Investasi Saham

Ini Dia Rekomendasi 7 Buku Saham Pemula yang Mudah Dipahami

Buat yang baru saja mulai berinvestasi saham, belajar lebih jauh mengenai instrumen ini adalah hal wajib. Dengan begitu, harapannya kamu tahu cara kerjanya, paham risikonya, dan akhirnya bisa memanfaatkannya secara optimal untuk mencapai tujuan keuanganmu. Nah, salah satu cara belajar yang bisa dilakukan adalah dengan membaca buku saham pemula.

Memang sih, cara belajar saham pemula itu ada banyak. Kamu bisa ikut berbagai kelas berbayar, ikut webinar, gabung di komunitas-komunitas investor, sampai mengikuti content creator khusus investasi. Nah, membaca buku ini sebenarnya cara lama buat belajar, tapi ya masih saja efektif sebagai cara untuk mempelajari sesuatu. Termasuk belajar saham.

Ada banyak buku saham pemula yang bisa kamu baca. Yang beredar di toko buku banyak yang bagus. Yang diedarkan sendiri oleh penulisnya—apalagi kalau penulisnya memang seorang praktisi pasar saham atau yang sudah terbukti kepakarannya—juga banyak yang tak kalah bagus.

Saking banyaknya buku saham pemula, akhirnya bikin bingung. Nah, bener kan?

Well, kamu bisa mulai dari beberapa judul buku saham pemula yang akan didaftar berikut ini.

Buku Saham Pemula yang Cukup Mudah Dipahami dan Cocok sebagai Awal Pembelajaran

Jeli Investasi Saham Ala Warren Buffet

Buku saham pemula pertama ini ditulis oleh Budi Rahardjo. Mengapa buku ini direkomendasikan lebih dulu? Karena untuk belajar memahami saham dengan benar, maka kamu harus belajar pada Warren Buffett lebih dulu.

Di buku ini, strategi-strategi dasar investasi saham ala Warren Buffett dibahas dengan tuntas. Juga dijelaskan mengenai cara bermain saham sesuai prinsip value investing yang dikembangkan oleh Warren Buffett, yang mengantarnya menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Rich Dad, Poor Dad

Buku karya Robert T. Kiyosaki ini bisa dibilang sebagai “kitab suci” bagi mereka yang ingin menguasai keterampilan mengelola keuangan secara komprehensif. Memang bahasan buku ini meliputi pengelolaan keuangan secara umum sih, tapi juga termasuk investasi dan pemanfaatannya untuk bisa bebas finansial.

Buku ini menjadi salah satu buku terlaris di New York Times dan The Wall Street Journal.

Kembali ke atas

Smart Trader Rich Investor

Buku saham pemula berikutnya yang bisa kamu baca juga adalah Smart Trader Rich Investor yang ditulis oleh Ellen May.

Ellen May adalah seorang praktisi pasar modal yang sudah aktif melakukan trading sejak 2006. Beliau ini sangat populer di kalangan trader saham, dan menjadi pemilik sekolah investasi saham bernama Ellen May Institute.

Buku ini cocok dibaca oleh investor saham pemula, karena di sini ada penjelasan lengkap mengenai dasar-dasar investasi saham. Mulai dari berkenalan dengan berbagai jenis saham, bagaimana cara memilih dan membeli saham, apa saja risiko investasi saham yang harus dipahami, dan berbagai tip sukses berinvestasi.

Who Wants To Be A Smiling Investor

Judulnya catchy banget ya? Buku saham pemula ini ditulis oleh Lukas Setia Atmaja dan Thomdean.

Dalam buku ini, dijelaskan mengenai seluk-beluk saham dengan lengkap. Menariknya, penyajiannya dalam bentuk gambar ilustrasi menyerupai komik. Belajar saham dengan cara begini ternyata seru banget loh. Enggak terasa, kita pun jadi bisa membaca semua penjelasannya sampai selesai. Bahasanya ringan, lucu, kalimatnya juga jelas dan mudah dipahami.

Kembali ke atas

Saham Syariah Kelas Pemula

Buat kamu yang pengin belajar investasi saham, terutama saham syariah, ini adalah buku saham pemula yang sebaiknya kamu baca pertama. Penulisnya adalah Mang Amsi, atau nama aslinya adalah Asep M. Saepul, yang merupakan founder Komunitas Saham Syariah. Beliau sudah berkecimpung di pasar modal syariah belasan tahun lamanya.

Di sini, kamu akan belajar saham syariah dari awal banget, mulai dari pengertiannya, konsep dan mekanismenya, sampai cara-cara investasi secara online yang mudah banget.

Invested

Belajar dari buku saham pemula artinya juga belajar dari pengalaman penulisnya. Begitulah kalau kamu membaca buku Invested yang ditulis oleh Danielle Town ini.

Nggak cuma ada teori investasi saham saja, tetapi Danielle Town juga berbagi pengalamannya menerjuni dunia saham secara lengkap di buku ini. Mulai dari mengapa ia tertarik pada investasi—khususnya saham—hingga belajar saham selama 12 bulan.

A Random Walk Down Wall Street: The Time

Buku saham pemula yang ditulis oleh Burton Malkiel ini juga menjadi buku saham terlaris yang pernah ada. FYI, Burton Malkiel adalah seorang ekonom sekaligus profesor di Universitas Princeton.

Di buku ini, Burton mengulas mengenai pentingnya investasi jangka panjang, dan bagaimana kita bisa menghindari kesalahan investor yang umum terjadi.

Kembali ke atas

Kapan Sebaiknya Mulai Belajar Saham?

Nah, sudah tahu beberapa buku saham pemula yang oke, terus kapan waktu terbaik untuk mulai membacanya? Sebaiknya, buku-buku tersebut dibaca sebelum berinvestasi saham, ataukah nanti saja kalau sudah mulai berinvestasi?

Saran terbaik adalah kamu mulai belajar sambil praktik. Pasalnya, membaca teori tanpa langsung praktik jadinya juga percuma. Asal praktik tanpa tahu teori, hasilnya bisa boncos. So, antara teori dan praktik memang harus seiring sejalan.

Kapan harus mulai? Ya, sekarang juga!

Nah, selamat belajar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version