Kategori
Perencanaan Keuangan

3 Nasihat Keuangan untuk Para Lajang dari Kami yang Sudah Menikah

Ada yang merencanakan mau menikah? Sudah bener-bener siap nih? Kalau memang sudah mantap, coba baca dulu beberapa nasihat keuangan berikut ini. Khusus dari kami yang sudah menikah, untuk kalian yang akan segera menikah dan membangun keluarga. Disclaimer dulu: Artikel ini tidak ditulis oleh Dani Rachmat Mengapa Mesti Ada Nasihat Keuangan Ini? Supaya kalian nggak mengulangi […]

Kategori
Investasi Saham

Mau Mulai Investasi, Hindari Kesalahan Investor Sepanjang Masa Ini!

Ada kesalahan yang harus dihindari lebih dulu, apabila kamu ingin mulai investasi. Kalau orang Jawa bilang, ini semacam “ngerti sakdurunge winarah”. Tsah. Kek dewa. Tapi, ya ini perlu. Memang konon katanya, belajarlah dari kesalahan. Tapi, tak perlu kita sendiri yang melakukan kesalahan itu. Biar orang lain saja yang melakukan kesalahan, kita nggak perlu. Ha! Bener […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Resolusi Keuangan Keluarga untuk 2021 yang Lebih Harmonis

Lagi-lagi resolusi keuangan nih. Ya iya dong. Anggap saja resolusi tahun baru itu adalah realisasi dari rencana keuangan kita yang mencakup setahun penuh perbaikan kondisi. Kamu perlu membuat resolusi untuk segala hal yang pengin kamu perbaiki di tahun 2021 nanti. So, singkirkan mindset dulu, bahwa resolusi itu sekadar janji manis yang enggak pernah diniatkan benar-benar […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Resolusi Keuangan 2021 yang Paling Pas untuk Freelancer Alias Pengejar Proyek

Sudah bikin resolusi keuangan belum? Yah, klise amat, nanyain resolusi keuangan lagi. Well yeah, bagi sebagian orang, semacam buat apa sih bikin resolusi kalau nantinya bakal dilupain juga? Ya, kalau itu sih bukan salah resolusinya. Kita sendiri aja yang memang nggak bisa disiplin. Resolusi–termasuk di dalamnya resolusi keuangan–memang sounds so cliche, tetapi kalau kamu bisa […]

Kategori
Investasi

Tip Investasi untuk Menghadapi 2021 yang Belum Sepasti Itu

Tip investasi sih biasanya dibutuhkan terus ya. Tapi secara khusus di pergantian tahun 2021 ini. As you know, fellas, tahun 2020 ini merupakan tahun yang penuh ujian untuk semua negara, termasuk Indonesia. Seluruh negara yang ada di dunia mengalami resesi secara bersamaan, hingga mengalami ketidakstabilan perekonomian. Semua ini akibat dari pandemi COVID-19. Sekarang, tahun 2020 […]

Kategori
Investasi Saham

Pasar Modal Volatile? Ini Cara Supaya Tetap Tenang

Dalam setahun ini, pasar modal seakan diombang-ambingkan oleh badai. Meski di bulan-bulan dan minggu-minggu terakhir pergerakannya sudah cukup menggembirakan, tetapi kelen pasti ingat bagaimana kondisinya di sekitar bulan Maret hingga Juni. Pandemi memang mengobrak-abrik hampir setiap lini kehidupan, tak ketinggalan pasar modal. Ditambah lagi, prkembangannya sekarang ini. Meski pasar modal sudah mulai menampakkan perkembangan positif, […]

Kategori
Reksadana

Investasi Reksa Dana dan 9 Kesalahan yang Sering Terjadi

Pasti kita sudah enggak asing lagi dengan kata investasi, bukan? Banyak pilihan investasi yang tentunya punya risiko yang berbeda. Pilihan investasi tersebut disesuaikan dengan modal yang dimiliki dan keinginan untuk meningkatkan nilai uang tersebut. Salah satunya investasi reksa dana. Ya, sekarang ini salah satu jenis produk investasi yang banyak digemari para milenial yang ingin menjadi […]

Kategori
Investasi

Belajar Investasi Itu Mudah, Tinggal Memang Niat Atau Enggak

Belajar investasi itu hal penting, apalagi jika kamu pengin mencapai cita-cita dan impian yang jauh ke depan. Yes, gaes! Investasi adalah cara yang dapat membantu kita untuk mencapai cita-cita dan impian itu lebih cepat. Karena kadang memang sulit untuk menjangkau beberapa hal kalau kita cuma mengandalkan penghasilan reguler dari pekerjaan kita yang rutin itu. Tetapi, […]