Kategori
Being a Father Fragment Keluarga

Jalan-Jalan Seru ke Ragunan

Bingung bikin kegiatan no mall weekend? Jalan-jalan aja ke Ragunan! Deket, murah dan yang pasti, seru! Beneran deh, kalo tinggal di Jakarta, rugi rasanya kalo belum jalan-jalan ke Ragunan! 😀

Hayoooo, yang orang Jakarta ato tinggal di Jakarta dan sekitarnya, siapa yang belom pernah jalan-jalan seru ke Ragunan?

Haaaaah??!!! Belomm pernah jalan-jalan seru ke Ragunan?? Ngaku warga Jakarta? Ciyusss??

Bahahaha. Minta diselepet abwesh gak sih gw ini namanya. Wkwkwkw.

Ini juga udah telat berminggu-minggu nulis ceritanya di blog. Jadi suatu saat, Kwek-Kwek kesambet ajakannya Mumut buat maen ke Ragunan rame-rame. Setelah bareng-bareng ngabur ke Cirebon itu *yang ceritanya belom ditulis jugak. Kejadiannya pas long week-end liburan Paskah kemaren itu (ini sudah setahun btw dari pertama gw posting dan sekarang gw edit).

Gimana sih Cerita Jalan-Jalan Seru ke Ragunan kemaren?

Ceritanya tahun lalu itu udah sepakat mau potluck bawa makanan rame-rame. Karena mau pot luck-an bawa makanan masing-masing akhirnya kebagianlah gw bawa minuman botol biar praktis (soalnya nawarin bawa Indomie goreng gak laku! Hahaha)

Pas nyampe tempat ya langsung ajadeh gw bagi-bagiin itu minuman biar gak berat bawanya. Kloter pertama gw ama Yeye. Semua full tim dateng sama keluarga. Awalnya gw takut kalo kondisi Ragunan bakalan mengkhawatirkan, kotor dan gak nyaman dipake buat jalan. Kebayang kan jalan di kebun binatang gitu ya bok?

Ternyata oh ternyata gw salah! Jalan-jalan seru ke Ragunan beneran terwujud! Kenapa? Karena tempatnya bersiiiiiiih. Teraturnya bikin gw nganga, beneran ya sebersih dan serapih itu? Kenapa gak dari dulu aja gw ajakin anak maen ke sini?

Setelah seharian keliling di sana, ini nih alesan-alesan kenapa kalian HARUS bawa keluarga jalan-jalan seru ke Ragunan dan sekalian mewujudkan week-end tanpa mall:

Jalan-jalan seru ke Ragunan itu Deket BANGET

Beneran deh, jalan-jalan seru ke Ragunan ini bisa dan layak banget dijadikan alternatif menggantikan maen ke mall! (yakali masih pengen ke mall, coba baca deh postingan ke mall di negeri antah berantah ini dulu) Olala, itu deket banget buat yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, terutama di daerah Jakarta Selatan. Ada di daerah Ragunan (yaiyalah!) Jakarta Selatan (eh iya kan Selatan ya?). Aksesnya gampang banget.

Beberapa alternatif akses buat menuju ke Ragunan:

  • Dari arah Mampang tinggal ikutin aja itu jalan Mampang Prapatan ke arah Pejaten lurus terus ke arah Ragunan. Mentok jalan itu deh Ragunan.
  • Dari arah Serpong, Bintaro dan Tangerang, tinggal ambil aja jalur tol ke arah Jagorawi lewat JORR. Keluar di pintu tol keluar Mampang dan belok ke kanan mengikuti ke arah Ragunan.
  • Dari arah Bekasi, Depok, Cibubur, sama, ambil jalor tol JORR ke arah Jakarta, keluar di pintu keluar tol Mampang (bener gak sih? Hahaha), trus langsung belok kiri aja.
    UPDATE: Jeung Erma tetangga saya kasih tambahan info nih:
    kayaknya petunjuk keluar tol nya kurang akurat deh Dan, setahuku Ragunan ada di antara exit Tanjung Barat dan Ampera (Cilandak). Kalau dari Bintaro keluarnya di Ampera, lurus lewatin lampu merah Trakindo lalu belok kanan di lampu merah setelahnya. Kalo dari arah Kp Rambutan, keluarnya di exit Tanjung Barat, naik fly over lurus aja lewatin Nestle, nanti belok kiri di lampu merah Ragunan. CMIIW.
  • Kalo mau ambil busway, tinggal naik busway di koridor Dukuh Atas langsung kearah Ragunan. Jadi daerah mana aja  tinggal ambil busway ke daerah Dukuh Atas. Dari Dukuh Atas tinggal pindah ke arah Ragunan.

2. Jalan-jalan Seru Ke Ragunan itu Murah BANGET

Iya, murah banget dibandingkan dengan maen ke Mall. Kalo pada maen ke mall, biasanya habis berapa kalo weekend? Minimal Rp. 50.000 kan buat beli minum sama parkir? Kalo ke Ragunan ini, tiketnya bahkan gak nyampe Rp. 5.000 buat satu orang dewasa! Kira-kira berapa? Rp. 4.500 untuk orang dewasa dan Rp. 3.500. Gw sampe kaget melongo banget nget nget. Hahaha.

Lu kebayang gak sih tiket masuk untuk seluruh keluarga kurang dari limapuluhrebu?

Itu juga kalo lu ngajakin sekitar sepuluh orang dewasa rame-rame masuk ke sana semua, kalo cuma kaya kasus gw ya habisnya cuman Rp. 12.500. Semurah itu bisa dapet tempat nyaman gak sih dan bakalan bisa jalan-jalan seru ke Ragunan gak kalo bayarnya cuma segitu? Ternyata harga masuk gak mencerminkan kualitas yang disajikan sama pemerintah kota Jakarta di Ragunan ini. Kagum banget gw! 😀

Biar lebih hemat lagi, saran gw bawalah makanan dari rumah, minuman seger dan buah-buahan ya karena kalo beli di sana pasti lebih mahal. Mayan kan nanti duit lebihnya yang biasa dipake ke mall bisa dibeliin reksadana, baca dulu seluk beluk reksadananya di sini.

3. BERSIH

Ini nih kejutan terbesarnya, dalemnya Ragunan termasuk bersih dan rapih banget. Seperti gw bilang tadi, dengan harga segitu gw pikir bakalan nemuin sampah teratur gak rapih, papan petunjuk yang gak jelas kemana dan bau yang tercium dari kandang-kandang hewan.

Sama sekali salah! Dalemnya Ragunan itu bersih BANGET! Pertama kali masuk dari gerbang, langsung menguar itu kenyamanan jalan-jalan untuk dinikmati bareng keluarga. Jalan-jalan seru ke Ragunan beneran bukan cuman judul dan keyword postingan ini! Hahaha! Selain itu, papan penunjuk jalan keliatan bertebaran di mana-mana. Udahlah gak perlu lama-lama dijelasin ya. Lihat potonya aja.

4. Koleksi satwa lumayan menarik

Pertama kali masuk di Ragunan kemaren, langsung kami disambut oleh kandang burung Pelikan yang gw sendiri juga baru pertama kali lihat seumur hidup gw ini. A yang pernah lihat burung ini di film Finding Nemo kelihatan excited banget. Dia gak mau pindah dari kandang ini lumayan lama.

Habis itu, beberapa koleksi hewan lain bikin A ketawa. Mulai dari Harimau sampai ke Beruang Madu.

Well, gak selengkap dan sebagus kebun binatang ternama gitu sih memang, tapi cukup seru buat dilihat dan bisa bikin anak umur tiga tahun tertarik banget. Apalagi bayarnya gak nyampe lima rebu!

Ini nih sedikit contoh dari koleksi yang bisa dilihat waktu jalan-jalan seru ke Ragunan:

5. Area bermain lapang

Selain jalanan bersih dan banyaknya hewan-hewan di sana, banyak banget tempat lapang yang bersih dan bisa dipake buat area bermain. Bisa banget dipake buat lelarian anak-anak. Beneran kok gak bohong gwnya. Kemaren itu semua kan pada dateng full team ya. Jadinya anak-anak kan juga pada ikut. Mereka bisa bebas lelarian ke sana kemari.

Selain itu, kalo mau piknik ada banyak lapangan yang bisa digelarin tiker atau terpal. Males bawa dan ribet buat buka tutupnya? tinggal sewa alas Rp. 5.000 ke ibu-ibu yang menjajakan layanan penyewaan alas di sana. Praktis!

Jadi kalo emang tinggal di daerah yang gak ada taman yang bisa dipake anak-anak bermain, tinggal ajak aja ke kebun binatang ini, yakin deh anak-anak bakalan seneng banget jalan-jalan seru ke Ragunan!

6. Fasilitas menunjang

Selain yang bagus-bagus di atas, di Ragunan juga tersedia kok Masjid, taman dan toilet yang bersih. Selain itu juga ada beberapa wahana mainan yang bisa dinaiki. Bayar sih, tapi ya masih wajar kok. Selain itu di sana ada Smutzer yang kesohor itu di mana kita bisa lihat-lihat suasana konservasi orang utan. Sayang banget kemaren kami gak masuk ke sana.

Beberapa contoh sisi lain dari Ragunan:

 

Cerita sisi lain jalan-jalan ke Ragunan ini bisa juga dibaca di blognya Yeye (bemzkyyeye.com), Pungky (nyonyakotaro.com) dan Indah (indahmumut.wordpress.com). Beneran deh gak usah khawatir kalo mau dateng ke Ragunan ini. Jalan-jalan seru ke Ragunan itu kudu harus wajib!

Cerita gw yang lain tentang keluarga:

[display-posts category=”family”]

71 tanggapan untuk “Jalan-Jalan Seru ke Ragunan”

Kok bisa sih baru nengok Ragunan? TERLALU! emang kau Dan.. he he. Tinggal di Jakarta,apalagi punya anak kecil, Ragunan kayanya emang salah satu tempat yang kudu ada dalam daftar kunjungan deh..

He he seneng Dani udah maen ke sana (karena aku dulu sempat ikut-ikut jadi volunteer di sana – tahun 90-an gitu…)

Biasa Mbak Dani. Terkalahkan oleh pesona mall. Enak banget tempatnya sekarang. Sayasebelumnya bayangin kalo Ragunan itu kumuh dan padet banget gitu Mbak. Hihihihi.

Balas

Gw udah pernah ke sana belum yak. Lupa euy. Kayaknya pernah tapi pas kecil. Fotonya model2 foto yang dipasang Yeye di postingannya itu. Hehehehe.

Berarti manajemennya dah lebih baik Dan. Karena seinget gw memang dulu agak padat banget. Jadi pengen ke sana.

Iya, ya.. Katanya sih emang agak kumuh dan padet gitu. Sepertinya perbaikan dilakukan buat bikin Ragunan jadi tempat wisata yang oke punya dan murah yan.

Balas

Wow, Ragunan. Saya belum pernah ke sana, habisnya kalau dari sini agak jauh (alasan banget, padahal ke Gunung Salak naik motor saja pernah dan itu bagi saya tidak jauh :haha).
Syukurlah kalau pengelolaan satwa di sana sudah baik, terus tempatnya juga bersih. Kadang saya agak segan ke kebun binatang soalnya takut satwanya tidak merasa bahagia di sana, tapi untuk kasus Ragunan, kita tidak bisa bilang seperti itu, kan?
Atau?

Hahahahahaha. iya Gar. Ini mah deket BANGET. 😛
Hewannya kelihatan bahagia kok. Si Gajah yang gw foto itu dia suka banget bergaya di depan orang-orang. Burung Pelikannya pun ribuuuut abis teriak-teriak kejar-kejaran. 😀

Balas

Dani asli parah bgt! Brp taon coba tinggal di Jakarta? Br ke Ragunan skrg??? Ckckckckckckck dimasukin ke kandang singa hahahahahaha

Ahhhhh kmn lg kitaaaaaa???? Hahahaha

Mas Dani, aku belom pernah ke Kebun Binatang Ragunan. Minta diselepet yaaa? Hihihihi.
Ternyata bagus juga ya. Aku dengernya sekarang juga banyak yang jogging di situ ya? Jadi pengen cobain ke Ragunan. Walaupun perjalanan jauh banget tuh dari Jakut ke Jaksel >.<

Biasa aja kok Lia. Hahaha. Cobain sekali-kali. Pas hari Sabtu ato Minggu gitu. Naik busway aja, sekalian keliling Jakarta. Utara ke Selatan. Hihihi..

Balas

hahahahaha. Yawajar atuh muut. Gw baru 5-6 tahunan tinggal di Jakarta. Daripada yang asli Jakarta ke sana cuman pas jaman kecilnya *lirik Yeye *terus diselepet karet

Balas

Kebun Binatang Ragunan itu tinggal ngesot doang dari rumah. Dulu aku suka kesal kalo tiap Sabtu, Minggu atau hari libur besar lainnya ngga bisa kemana-mana karena jalanan macet banget. Akhirnya baru tahu setelah punya ponakan dan bawa mereka jalan-jalan ke Ragunan . Ternyata karena tiket masuknya cuma seharga 4500. Ngga heran kalau ini tempat wisata rakyat banget

Ke Ragunannya hari apa? Rame banget ngga tuh? Agak trauma ke bonbin kecuali taman safari kali ya, gara2 suami pernah kecopetan handphone hihi

Hari Jum’at waktu libur nasional. Kayaknya gak jauh beda sama hari Sabtu ato Minggu deh. 😀
Ayo, jangan trauma! 😀 Lumayan banget jalan-jalan di sini kok. 😀

Balas

kayaknya petunjuk keluar tol nya kurang akurat deh Dan, setahuku Ragunan ada di antara exit Tanjung Barat dan Ampera (Cilandak). Kalau dari Bintaro keluarnya di Ampera, lurus lewatin lampu merah Trakindo lalu belok kanan di lampu merah setelahnya. Kalo dari arah Kp Rambutan, keluarnya di exit Tanjung Barat, naik fly over lurus aja lewatin Nestle, nanti belok kiri di lampu merah Ragunan. CMIIW

Saya dunkz g pernahke ragunan xixixI
Btw,, keren ya… duuuh kapan di sulawesi ada bonbin… cuman di mks doank itupun cuma bangsa burung kek mini bali bird park….. kan pengen jg bawa kiddos liat binatang xixxixixi

Dulu waktu tinggal di Bogor saya hampir tiap hari melewati bonbin Ragunan ini. Itulah shortcut saya menuju kantor dari Bogor kalau mau ke kantor yang berada di dekat Pondok Indah. Walau hampir tiap hari melewatinya tapi belum pernah masuk bonbin Ragunan. Sesekali boleh juga nih dijalal mengunjungi bonbin Ragunan.

Mas Dani, coba sesekali piknik seru : mengunjungi pasar tradisional waktu larut malam menjelang subuh, misal jam 2 pagi, 🙂

Iya Mas. Sepertinya waktu kami ke sana, pengunjung juga sudah paham pentingnya membuang sampah dan merawat Ragunan bersama. Menyenangkan banget deh jalan ke sana tahun lalu Mas 🙂

Balas

Semoga dengan manajemen pemerintah kota yang seperti sekarang akan ada peremajaan untuk satwa-satwanya ya Mbak. Kalau saya lihat, perawatan yang dilakukan cukup baik sih, apalagi kalau dibandingkan dengan Kebun Binatang Surabaya yang sekarang sangat mengenaskan itu.. 🙁

Balas

emang deh ya Ragunan udah bagus banget…

nyok ah mei ke honjeeeee ajeee…. hihihihihi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *