Kategori
Investasi Saham

Ini Cara Investasi Saham Online dan 7 Perusahaan Sekuritas yang Populer (Bukan Rekomendasi)

Sekarang zaman sudah semakin maju. Sudah enggak ada orang yang berinvestasi saham dengan datang ke kantor sekuritas. Sekarang cara investasi saham online lebih diminati.

Apalagi buat generasi milenial dan generasi Z; para tech savvy, maunya serbacepat, serbapraktis, kalau bisa juga serbainstan. Faktanya, investor pasar modal sekarang didominasi oleh para generasi muda, dan diduga faktor pendorongnya apa lagi kalau bukan perkembangan teknologi yang mendukung.

Biasanya tujuan para generasi muda yang main saham ini adalah untuk mendapatkan keuntungan yang besar, baik dari dividen maupun selisih harga saham. Namun, perlu diingat bahwa berinvestasi saham untuk pemula juga harus hati-hati, karena risikonya yang tinggi.

So, kamu juga pengin tahu cara investasi saham online ini? Siapa tahu bisa segera memulai investasi saham, jadi trader, dan mendulang cuan juga, ya kan? Yuk, ikuti beberapa langkah berikut.

Cara Investasi Saham Online

1. Persiapkan dokumen pribadi

Cara investasi saham online pertama adalah mempersiapkan dokumen sebagai berikut untuk membuka rekening saham:

  • Kartu identitas (KTP/ Passport/ KITAS) sesuai dengan status, dan NPWP. Ada sih sekuritas yang tidak mensyaratkan NPWP. Namun, jika diharuskan dan kamu enggak punya, kamu bisa meminta surat pernyataan tidak memiliki NPWP pada sekuritas dan kemudian tanda tangan di atas materai.
  • Foto cover buku tabungan, agar lebih mudah untuk diperiksa oleh sekuritas. Rekening tabungan yang didaftarkan inilah yang akan menampung dana jika ada penarikan tunai.

Ada juga sekuritas yang meminta syarat identitas lainnya, dan kamu wajib memenuhinya ya. Jangan sampai ada yang tertinggal.

2. Menentukan perusahaan sekuritas saham online sesuai keinginan

Cara investasi saham online selanjutnya adalah menentukan sekuritas yang tepercaya. Kenapa?

Perusahaan sekuritas berperan sebagai perantara perdagangan efek dan bertanggung jawab pada dua hal, yaitu kegiatan melakukan jual beli efek yang bertujuan untuk kepentingan sendiri atau orang lain, serta jual beli saham dan obligasi melalui bursa efek atau di luar bursa efek.

Pastikan mereka sudah memiliki izin dan terdaftar sebagai anggota Bursa Efek Indonesia.

Jika sudah menentukan sekuritas, unduhlah aplikasi saham yang sudah mereka sediakan. Yes, lebih baik pilih sekuritas yang sudah punya aplikasi sendiri ya, karena ini akan sangat memudahkanmu ke depannya.

Kembali ke atas

3. Buka rekening

Bukalah rekening baru, jika kamu adalah investor baru, yang berfungsi sebagai rekening dana nasabah atau rekening dana investor.

Mengisinya pun sangat mudah karena mirip seperti ketika kamu mengisi formulir pembukaan rekening di bank. Pastikan kamu mengisi dengan benar dan cermat.

RDI merupakan rekening yang akan menjadi tempat untuk menampung dana investasi, sebelum kamu membeli saham ataupun sesudah menjual saham. Kamu bisa mengisinya sesuai deposit yang ditentukan, atau sesuai dengan kemampuan. Yuk, kita ke poin cara investasi saham online berikutnya.

4. Setor deposit

Kalau rekening dana nasabah kamu sudah aktif dan bisa digunakan, kamu segera bisa melakukan cara investasi saham online dengan menyetor deposit awal.

Nantinya, dana yang ada di deposit inilah yang akan kamu gunakan untuk membeli saham. Begitu juga kalau kamu menjual saham, maka dana hasil penjualan akan disimpan di rekening dana nasabah ini. Dari rekening dana nasabah ini, baru bisa kamu tarik kembali uangnya ke rekening pribadimu.

Cara investasi saham online dan mentransfer setoran:

  • Siapkan dana yang diperlukan untuk menyetor ke RDI
  • Kamu bisa mentransfer melalui ATM, mobile banking, atau internet banking, sesuai rencana keuangan atau kemampuan kamu.
  • Cek dana yang masuk di aplikasi online trading yang telah diunduh

Jika kamu sudah menyetor deposit awal, kamu diminta untuk menunggu ID, Password, dan PIN agar bisa login ke akun saham online serta mendapatkan kakses KSEI.

Kembali ke atas

5. Mulai beli saham

Setelah kamu sudah bisa masuk ke akun saham online, kamu sudah bisa melakukan pembelian saham dengan minimal pembelian sebesar 1 lot, yang setara dengan 100 lembar saham.

Namun, perlu diperhatikan dalam cara investasi saham online ini, bahwa terdapat biaya transaksi setiap melakukan jual beli saham sesuai kebijakan perusahaan sekuritas yang dipilih.

Cara Investasi Saham Online: Simak Profil Singkat 7 Perusahaan Sekuritas Populer Ini!

Perusahaan sekuritas adalah perantara dalam melakukan transaksi jual beli saham, reksa dana, dan instrumen perdagangan efek pasar modal yang memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Umumnya, perusahaan ini bergerak di tiga ruang lingkup kegiatan, yaitu manajer investasi, penjamin emisi, dan perantara perdagangan efek (broker-dealer). Perusahaan ini juga berperan penting bagi penjamin emisi efek karena dapat membantu calon perusahaan terbuka untuk bisa melakukan penawaran umum saham (IPO). Selain itu, peran perusahaan dalam bidang perantara perdagangan efek yaitu melakukan jual beli efek atau surat berharga milik nasabah ke perusahaan.

Cara investasi saham online perlu punya akun yang didaftarkan kepada perusahaan sekuritas terbaik. Berikut ini adalah 7 perusahaan sekuritas populer di Indonesia yang bisa dipertimbangkan.

Disclaimer: Daftar berikut ini bukan rekomendasi ya. Silakan kamu melakukan riset dan survei secara mandiri jika diperlukan.

Kembali ke atas

1. Indo Premier Sekuritas

Perusahaan Indo Premier Sekuritas memiliki kode PD yang merupakan perusahaan swasta yang beroperasi sejak tahun 1996 dan beraktivitas dalam bidang jual beli efek yang meliputi investasi jual beli saham, reksa dana, investment banking bagi korporasi, perencanaan keuangan, sales & trading equity, dan sales & trading fixed income bagi korporasi.

Transaksi obligasi perusahaan ini mencapai Rp10 triliun di awal 2019 yang membuat Indo Premier menduduki peringkat pertama dalam pasar obligasi.

Cara investasi saham online melalui Indo Premier ini hanya perlu biaya pendaftaran awal mulai Rp100.000. Ada ketersediaan Rekening Dana Investor (RDI) pada beberapa bank besar, biaya transaksi saham yang bersaing, dan tersedia juga fitur e-IPOT yang memungkinkanmu ikut dalam penawaran umum perdana sebuah emiten.

2. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Mirae Asset Sekuritas Indonesia telah berdiri dari tahun 1994 yang memiliki beragam produk dan layanan efek, seperti transaksi jual beli saham, obligasi, reksa dana, perencana dan riset korporasi, serta membantu proses akuisisi atau merger, dan pencatatan perdana saham. Perusahaan ini juga dinobatkan sebagai perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia pada tahun 2018.

Perusahaan sekuritas ini memiliki ketersediaan aplikasi online trading, tidak ada biaya administrasi bulanan, layanan bantuan 24 jam, serta biaya transaksi saham mulai dari 0,25% (jual) dan 0,15% (beli).

Kembali ke atas

3. Mandiri Sekuritas

Perusahaan ini didirikan tahun 2000, dan terafiliasi dengan Bank Mandiri. Mandiri sekuritas memiliki 40 kantor layanan sudah tersebar di seluruh daerah, dengan layanan perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek.

Perusahaan ini memiliki sistem pendaftaran yang mudah sebagai cara investasi saham online, dan dapat diakses melalui aplikasi atau desktop MOST.

4. Phillip Sekuritas Indonesia

Perusahaan ini sudah berdiri di Indonesia pada tahun 1994 dan bagian dari jaringan milik global PhilipCapital yang tersebar di 16 negara. Philip Sekuritas Indonesia memiliki fitur layanan dari jual beli saham, reksa dana, dan obligasi.

Berdasarkan otoritas bursa, nilai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) yang mencapai Rp179 miliar. Perusahaan ini memunculkan cara investasi saham online dengan sistem POEMS (Philips’s Online Electronic Mart System).

Kembali ke atas

5. BNI Sekuritas

Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1995 dan memiliki izin dari OJK untuk melakukan kegiatan perdagangan efek dan reksa dana, serta jasa penjamin emisi efek.

BNI sekuritas memiliki kredibilitas baik, karena menyediakan produk mulai syariah hingga konvensional. Selain itu, kebijakan setoran awal terjangkau, mulai dari Rp1.000.000. Perusahaan ini memberikan fasilitas berupa trading online dan jual beli kompetitif.

6. NH Korindo Sekuritas Indonesia

NH Korindo Sekuritas Indonesia adalah perusahaan sekuritas yang didirikan pada tahun 2008 dan berasal dari perusahaan induk NH Investment & Securities.

Perusahaan ini memungkinkan cara investasi saham online juga trading, fixed income, investment banking, wealth management, dan layanan riset. Perusahaan ini membuat kebijakan terkait pembuatan akun secara online dengan nominal setoran awal minimal Rp1.000.000. Selain itu, perusahaan ini telah lama bekerja sama dengan bank BCA.

Kembali ke atas

7. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia

CGS-CIMB Sekuritas Indonesia merupakan perusahaan sekuritas gabungan antara China Galaxy Securities CO., Ltd (CGS) dengan CIMB Group.

Perusahaan ini dibuat untuk dapat melayani cara investasi saham online dan trading, obligasi, dan layanan pembiayaan investasi. Perusahaan ini juga memiliki dukungan panduan berinvestasi karena memiliki tim riset regional dan internasional. Selain itu, perusahaan sekuritas ini juga memiliki kebijakan untuk melakukan pembuatan akun secara online dan bekerja sama dengan bank besar bagi rekening dana nasabah.

Nah, itu tadi beberapa cara investasi saham online yang bisa kamu lakukan, dan 7 perusahaan sekuritas populer di Indonesia.

Gimana nih? Apakah kamu akan berencana untuk melakukan investasi saham di perusahaan sekuritas? Jika ya, pastikan kamu sudah benar-benar tahu dan paham cara investasi saham online dan ke perusahaan sekuritas mana kamu mesti membeli saham ya.

Nah, yang lebih penting lagi, sehatkan dulu keuanganmu! Ini buku yang bisa bantu kamu untuk memeriksa dan memastikan cash flow kamu tetap positif agar nilai investasimu tetap terjaga.

Ebook Kemerdekaan Finansial Level #1: Arus Kas Positif & Budgeting, termasuk alat cek kesehatan keuangan & budgeting + contoh pengisian. Hanya Rp47.770, cara belinya tinggal klik saja button di bawah ini, dan ikuti petunjuk berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version