Kategori
Investasi Saham

Beberapa Jenis Indeks Harga Saham yang Mesti Kamu Tahu

Kalau Indeks Harga Saham Gabungan, pasti kamu sudah sering banget dengar. Tapi, tahukah kamu, bahwa selain IHSG, ada juga indeks harga saham yang lain? Apa Itu Indeks Harga Saham? Indeks—kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia—artinya adalah daftar harga sekarang dibandingkan dengan harga sebelumnya menurut persentase untuk mengetahui turun naiknya harga barang. Indeks saham bisa dibilang […]

Kategori
Investasi Saham

Indeks Harga Saham Naik Turun Labil, Apa Sih Penyebabnya?

Buat yang ngerasa diombang-ambingkan oleh harga saham baru-baru ini, mana suaranya? Memang ya, sesuatu. Sejak negara api pandemi mulai menyerang, indeks harga saham gabungan, alias IHSG, bergerak begitu liar. Sehari menghijau, setengah hari membara, lalu tiba-tiba setengah hari berikutnya menghijau. Bahkan kadang pergerakannya berubah dalam hitungan jam. Luar biasa sekali. Bisa dibilang sih, saat-saat seperti […]

Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Atur Bujet Bulan Ramadan di Masa Krisis yang Belum Usai

Masa krisis belum berlalu. Pergerakan orang-orang yang terinfeksi COVID-19 belum menurun. Malahan, di beberapa daerah, justru mengalami peningkatan yang cukup signifikan. So, lagi-lagi tahun ini, kita harus menjalani bulan Ramadan di tengah pandemi. Sesuatu ya? Dua kali sudah kita harus menjalankan puasa di tengah wabah penyakit. Sudah dua kali pula, larangan mudik Lebaran dinyatakan oleh […]

Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Ini Dia 5 Jenis Pengeluaran Rumah Tangga Tahunan yang Harus Dipersiapkan Karena Nominalnya yang Besar

Bulan puasa sudah tiba. Mau enggak mau, selain memikirkan gimana caranya supaya ibadah kita bisa penuh dilakukan, kita juga jadi mulai mikirin soal pengeluaran rumah tangga. Gimana enggak ya, cyint? Bulan puasa itu—realistis saja nih—identik dengan pengeluaran yang lebih besar. Meskipun kita sadar bahwa esensi dari puasa bukanlah di menu berbuka yang ‘wah!’, tetapi pengeluaran—pada […]

Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Bulan Puasa, Mengapa Pengeluaran Lebih Banyak? Ini Alasannya!

Kalau dipikir-pikir ya, yang namanya bulan puasa itu, kita seharusnya bisa banyak menekan nafsu—baik itu nafsu makan, nafsu belanja, dan lain sebagainya. Tetapi, tak sedikit orang yang mengeluh dan curhat, bahwa pengeluaran justru meningkat di bulan Ramadan. Tanya, kenapa? Iya kan? Padahal logikanya, dengan berpuasa di siang hari, kita seharusnya bisa mengurangi pos makan dong […]

Kategori
Asuransi Perencanaan Keuangan

Sebelum Membeli Polis Asuransi, Perhatikan 5 Hal Berikut!

Berita-berita penipuan asuransi yang belakangan marak, sungguh membuat miris. Miris antara kita yang masih saja belum paham akan konsep asuransi meski kesadaran pentingnya memiliki asuransi sudah ada, dan miris dengn agen asuransi yang juga masih belum sepenuhnya punya kemampuan untuk menjelaskan fungsa dan manfaat dari asuransi itu sendiri. Akibatnya, saat akhirnya terjadi transaksi pembelian polis […]

Kategori
Asuransi Perencanaan Keuangan

Pengertian Asuransi: Definisi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Masih banyak yang enggak paham pengertian asuransi, sehingga merasa nggak perlu punya atau salah memilih produk.

Kategori
Asuransi Perencanaan Keuangan

Penipuan Asuransi? Ah Masa?

Beberapa waktu yang lalu, kembali heboh dunia ini lantaran keluhan beberapa nasabah perusahaan asuransi yang mengaku uangnya raib. Beberapa perusahaan asuransi besar lantas diadukan, terutama diviralkan di media sosial karena diduga melakukan penipuan asuransi. Wah, kayaknya serieus banget nih, kalau udah mulai soal tipu menipu ini? Benarkah perusahaan sebesar itu melakukan penipuan asuransi? Mari kita […]

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version