Kategori
Perencanaan Keuangan

7 Langkah Cara Mengatur Keuangan Paling Sederhana dan Fleksibel, Bisa Digunakan Semua Orang

Yuuuk … Belajar cara mengatur keuangan lagi! Yah, namanya belajar, nggak ada habisnya ya kan? Barangkali kamu juga sudah terbiasa dan sudah tahu cara mengatur keuangan, tapi enggak ada salahnya baca artikel ini lagi untuk sekadar mengingatkan. Siapa tahu bisa dapat insight atau ide lagi, supaya atur keuangannya lebih ciamik lagi. Yep, bisa menemukan cara […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Perencanaan Keuangan Adalah Kunci Agar Gaji Tak Cepat Habis, Begini Caranya!

Belum punya rencana untuk mengatur keuangan kamu? Jika belum, tahukah kamu perencanaan keuangan adalah aspek penting dalam kehidupan finansial kamu saat ini? Kenapa? Yuk, simak penjelasannya berikut ini. Perencanaan keuangan adalah tolak ukur untuk memperoleh kesejahteraan di masa depan. Apalagi buat para #PengabdiGajian. Ini sebuah keabsolutan. Kalau enggak setuju, well, pernah nggak sih, kamu merasa […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Perencanaan Keuangan Keluarga Berdasarkan 6 Stage of Life

Perencanaan keuangan keluarga dapat membantu menciptakan strategi komprehensif untuk mengelola uang saat melewati berbagai tahap kehidupan. Setuju nggak? Setuju dong. Dan, untuk memulainya, kamu bisa awali dengan hal-hal dasar seperti menyiapkan anggaran, membayar utang sebelum jatuh tempo, dan menabung. Namun enggak berhenti di situ, rencana keuangan keluarga juga sampai mencakup hal-hal seperti berinvestasi untuk masa […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Perencanaan Keuangan: Pahami dan Kenali Manfaat Penggunaannya

Sadar atau tidak, kita semua pernah melakukan perencanaan keuangan. Terutama ketika sudah terjun ke dunia kerja, atau saat kamu memulai bisnis. Ini penting untuk mengatur target dan tujuan arus kas maupun pendapatan dalam jangka waktu tertentu. Perencanaan keuangan sangat berperan dalam mencapai target di masa depan. Namun, selain itu, tentunya kamu perlu mengimbangi dengan realisasi […]

Kategori
Asuransi Perencanaan Keuangan

Apa Sih Sebenarnya Fungsi Asuransi Itu?

Banyak perencana keuangan yang menekankan, betapa pentingnya untuk punya asuransi. So, apakah kamu sudah punya asuransi juga? Kalau sudah, apa kamu sudah tahu betul fungsi asuransi? Jika kamu sampai saat ini masih belum paham mengenai fungsi asuransi, nantinya manfaat asuransi bisa jadi justru tak bisa optimal kamu dapatkan loh. Jadi mari kita bahas secara khusus […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Manajemen Risiko Keuangan Pribadi: Apa Saja dan Bagaimana Cara Mengelolanya?

When it comes to risks, saya itu cemen. Saya nggak suka menghadapi risiko. Jika memang yang saya lakukan itu akan berisiko, saya harus memastikan bahwa ada plan B, plan C, yang bisa meminimalkan efek dari risiko itu. Termasuk juga risiko keuangan pribadi. Tapi kan, pekerjaannya gitu-gitu aja? Freelancer, penulis, ibu rumah tangga, … Si suami […]

Kategori
Emas Investasi Reksadana

3 Instrumen Investasi Pertama Si Pekerja Lepas Pemburu Proyekan

Saya tak pernah tertarik lagi untuk investasi setelah pengalaman pertama saya ternyata investasi bodong. Takut banget, rasanya nyesek aja gitu, tahu uang yang sudah saya kumpulkan susah payah dengan qerja qeras bagai quda dibawa kabur sama orang. Saya pun ketinggalan berbagai info instrumen investasi, dan dicukupkan kepuasannya untuk menabung saya di tabungan biasa. Memang, nyimpen […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

5 Alasan Pentingnya Membuat Perencanaan Keuangan

Sebagian dari kamu mungkin masih belum paham, apa pentingnya sebuah perencanaan keuangan pribadi. Lah ya, duit-duit sendiri, dapetinnya juga susah payah. Terserahlah mau dipakai buat apa pun. Nggak perlu pakai catat-catat, males amat. Mungkin gitu ya? Ya, nggak salah sih. Kan memang duit-duit sendiri, makanya bebas aja mau dipakai buat apa pun. Malesin emang, kalau […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

3 Strategi Jitu Mengatur Gaji UMR

Sudah baca artikel tentang gaji UMR dan juga komponen-komponen gaji kan? So, kalau belum, boleh dibaca dulu. Karena untuk bisa mengatur gaji dengan tepat, kamu pun harus tahu dulu, bagaimana perhitungan gaji karyawan ini ditetapkan; bahwa ini sudah dihitung dengan saksama dan sedemikian rupa, sehingga kalaupun kamu merasa terlalu kecil, maka seharusnya bukan nominal gajilah […]

Kategori
Investasi Reksadana

7 Tujuan Keuangan yang Bisa Dicapai dengan Investasi Reksa Dana

Reksa dana memang punya banyak manfaat, asalkan kita tepat mengelolanya. Ini dia 7 tujuan keuangan yang bisa kamu capai dengan memanfaatkan reksa dana.

Exit mobile version