Kategori
Investasi Saham

Website dan Aplikasi Simulasi Investasi Saham yang Bisa Dicoba

Saham adalah salah satu instrumen yang banyak dipilih karena peluang keuntungan besar yang ditawarkan. Karena itu, banyak yang pengin ikut menikmati cuan. Tapi sayangnya, enggak banyak yang mau belajar investasi saham dulu. Apalagi mau simulasi investasi saham.

Padahal ya, kalau memang tertarik untuk mulai investasi—yang adalah hal bagus—tetapi masih belum tahu gimana atau dari mana mulai, maka garis startnya adalah pada belajar mengenali dan coba simulasi investasi saham ini.

Mau tahu nggak gimana caranya? Kita bahas yuk, di artikel kali ini!

Gimana Cara Simulasi Investasi Saham?

So, simulasi investasi saham ini merupakan bagian dari proses belajar tentang instrumen saham. Selain belajar berbagai teorinya, kamu juga perlu praktik. Gitu kan, kalau belajar tuh?

Nah, hanya saja, kalau yang namanya jual beli saham, kalau misalnya salah analisis, salah pertimbangan, salah perhitungan, maka risikonya kita akan kehilangan modal. Yes, ini kan yang jadi momoknya? Karena itu, untuk mengantisipasi dan meminimalkan risiko ini, kamu bisa melakukan simulasi lebih dulu.

Tenang, melakukan simulasi investasi saham ini, kamu enggak harus bertransaksi dengan uang asli. Tapi biasanya disediakan uang virtual yang bisa kamu gunakan untuk simulasi. Dari simulasi itu, kamu akan tahu, bahwa apakah analisismu sudah benar, perhitunganmu sudah tepat, keputusan investasimu sudah bener atau belum dengan melihat hasil simulasinya.

So, ketika kamu nanti beneran jual beli saham di bursa saham, kamu enggak grogi dan bingung lagi.

Lalu, di mana kita bisa mencoba simulasi investasi saham ini?

Kembali ke atas

Tempat Kamu Bisa Simulasi Investasi Saham

Ternyata, ada banyak platform online yang bisa kamu coba gunakan untuk melakukan simulasi investasi saham. Bahkan, kamu bisa latihan transaksi secara gratis di platform-platform ini.

Stockbit

Stockbit ini awal mulanya diperuntukkan sebagai wadah bagi investor saham untuk saling berinteraksi. Namun, kemudian malah dikembangkan menjadi aplikasi yang kini sudah memiliki jumlah pengguna yang besar. Pada akhirnya, Stockbit merupakan aplikasi yang mengintegrasikan agregator informasi, jejaring sosial, sekaligus investasi atau trading saham.

Aksesnya gratis, dan enggak hanya simulasi, kamu juga bisa langsung praktik jual dan beli saham di sini. Transaksi jual beli sahamnya real-time.

Kalau mau simulasi di sini, kamu akan mendapatkan uang fiktif sebesar Rp100 juta. Banyak kan?

StockMarketSim

StockMarketSim memungkinkanmu untuk memilih setoran dana awal, mau mulai dari Rp10 miliar atau yang triliunan.

Duh, berasai jadi crazy rich deh pokoknya. Dana tersebut boleh kamu habiskan untuk berlatih jual beli saham sepuasnya. Tersedia emiten dalam dan luar negeri di aplikasi ini, dan tradingnya real time.

Cuma sayangnya, di aplikasi ini sering muncul popup iklan. Tapi, ya masih wajar dan okelah buat investor pemula.

Kembali ke atas

Stock Trainer: Virtual Trading

Aplikasi simulasi investasi saham ini memungkinkan kamu untuk latihan transaksi di real market sehingga kamu akan lebih mudah dalam memahami kondisi pasar sebenarnya.

Tampilan user interface di aplikasi ini juga menarik. Ya, kurang lebih kayak Stockbit deh. Ditambah lagi, di aplikasi ini ada berbagai emiten yang sudah melantai di Bursa Efek Indonesia.

Simulator Saham

Aplikasi Simulator Saham ini rating-nya cukup baik di PlayStore saat artikel ini ditulis, yaitu 4.1/5.

Tampilan user interface-nya sederhana, sehingga cocok digunakan oleh investor pemula. User-friendly deh pokoknya. Selain itu, kamu bisa melakukan simulasi investasi saham secara offline. Jadi, nggak makan kuota. Kamu juga bisa mempercepat proses belajar simulasi dengan memajukan waktu dengan tombol ‘Go’.

Tapi sayangnya, di sini hanya ada emiten luar negeri. Dan tak semua bisa kamu pakai untuk latihan.

Kembali ke atas

Investopedia Stock Simulator

Investopedia juga punya loh aplikasi simulasi investasi saham yang oke punya.

Untuk latihan dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan diberi modal virtual yang cukup besar, yakni US$ 10ribu. Tapi, emitennya dari luar negeri ya.

Selain itu, kamu juga bisa bergabung di komunitasnya yang sudah memiliki 700 ribu anggota dari seluruh penjuru dunia.

Trader Trainer

Mau belajar simulasi saham tapi yang kayak main games? Bisa nih, pakai aplikasi Trader Trainer ini. Aplikasi ini akan mengajarkan kamu investasi saham dengan cara yang menyenangkan.

Ada modal senilai USD 25 berbentuk virtual yang bisa kamu gunakan untuk membeli saham, dan membuatnya menjadi berlipat ganda.

Trader Trainer memiliki beberapa status level yang bisa kamu peroleh dari Beginner Trader, Novice Trader, Advanced Trader, hingga di level paling tinggi adalah Guru Trader. Kurang seru gimana lagi tuh?

Kembali ke atas

Virtual Stock Exchange

Virtual Stock Exchange juga merupakan website simulasi investasi saham internasional, sehingga emiten yang diperdagangkan di sini adalah emiten yang sahamnya melantai di bursa luar negeri.

Nggak cuma bisa latihan jual beli saham, di sini kamu juga bisa menemukan banyak konten edukasi yang memberimu banyak ilmu. Selain itu, juga ada real-time ranking yang dapat kamu gunakan untuk membandingkan pertumbuhan portofolio secara harian, mingguan, maupun bulanan.

Nah, gimana nih? Cukup lengkap kan, pilihan tools untuk bisa praktik dengan simulasi investasi saham? Nggak ada alasan lagi dong, buat menunda investasimu?

Selamat mencoba ya. Kabari gimana hasilnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version