Kategori
Perencanaan Keuangan Uncategorized

Pentingnya Segera Side Hustling dan Punya Penghasilan Sampingan

Zaman sekarang—di zaman yang bikin kebutuhan membengkak, dan juga ada jalannya untuk banyak berkreasi—rasanya kok ya rugi banget kalau sampai kita hanya mengandalkan penghasilan dari satu sumber saja. Makanya, kalau memang belum mulai side hustling, coba deh segera mulai, biar punya penghasilan sampingan. Pasalnya, zaman sekarang tuh, kebutuhan dasar nggak cuma pangan, sandang, papan doang. […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Sulitnya Menambah Penghasilan, Bisa Jadi Karena 5 Alasan Ini

Saat masih berstatus karyawan, saya mencoba untuk mencukupkan penghasilan rutin agar pas juga dengan kebutuhan rutin. Nggak pernah sedikit pun kepikiran bahwa kita sebenernya bisa menambah penghasilan dari luar pekerjaan utama. Pasalnya, saya pernah baca di suatu tempat. Bahwa yang paling efektif dan efisien untuk dapat menyisihkan uang supaya bisa nabung itu adalah dengan mengetatkan […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Resolusi Keuangan Keluarga untuk 2021 yang Lebih Harmonis

Lagi-lagi resolusi keuangan nih. Ya iya dong. Anggap saja resolusi tahun baru itu adalah realisasi dari rencana keuangan kita yang mencakup setahun penuh perbaikan kondisi. Kamu perlu membuat resolusi untuk segala hal yang pengin kamu perbaiki di tahun 2021 nanti. So, singkirkan mindset dulu, bahwa resolusi itu sekadar janji manis yang enggak pernah diniatkan benar-benar […]