Kategori
Dana Pendidikan Perencanaan Keuangan

Bagaimana Mengatur Dana Pendidikan Anak dalam Rencana FIRE

Dana pendidikan anak merupakan salah satu komponen penting yang perlu diperhitungkan dalam rencana FIRE. Kenapa harus masuk? Alasan terbesarnya karena pendidikan adalah salah satu pengeluaran terbesar yang akan dihadapi oleh banyak keluarga. Apalagi mengingat pendidikan biasanya berlangsung selama dua dekade atau lebih, biaya ini bisa sangat signifikan dan dapat memengaruhi kemampuan keuangan keluarga. Jika biaya […]

Kategori
Financial Independence Retire Early

Mengintegrasikan Asuransi Jiwa Terbaik dalam Rencana FIRE: Manfaat dan Pertimbangan

Banyak yang telah memulai perjalanan menuju pencapaian FIRE dengan berbagai strategi investasi, penghematan, dan optimasi anggaran. Namun, di tengah upaya keras mencapai tujuan tersebut, sering kali ada satu aspek yang terabaikan: perlindungan finansial melalui asuransi jiwa terbaik. Asuransi jiwa bukan hanya sekadar produk keuangan, melainkan sebuah instrumen perlindungan yang memastikan bahwa apa yang telah kamu […]

Kategori
Dana Pendidikan Perencanaan Keuangan

Pengelolaan Keuangan Keluarga untuk Orang Tua yang Memilih Homeschooling

Homeschooling telah menjadi pilihan pendidikan yang semakin populer di kalangan keluarga modern, menawarkan fleksibilitas dan personalisasi dalam proses belajar anak. Namun, ternyata, meski tidak harus membayar uang pangkal sekolah seperti halnya anak-anak yang menempuh jalur pendidikan formal, sebagai orang tua, kita juga perlu punya persiapan finansial yang baik untuk bisa melakukan homeschooling dengan lancar. Karena […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Resolusi Keuangan Keluarga untuk 2024 yang Lebih Harmonis

Lagi-lagi resolusi keuangan nih. Ya iya dong. Anggap saja resolusi tahun baru itu adalah realisasi dari rencana keuangan kita yang mencakup setahun penuh perbaikan kondisi. Kamu perlu membuat resolusi untuk segala hal yang pengin kamu perbaiki di tahun 2024 ini. So, singkirkan mindset dulu, bahwa resolusi itu sekadar janji manis yang enggak pernah diniatkan benar-benar […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Saat Suami Tidak Bekerja Lagi, Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga?

Suami tidak bekerja itu semacam aib kalau di Indonesia. Pokoknya, jadi masalah yang serius banget sampai-sampai harus dibahas sampai tingkat arisan RT, RW, sampai kelurahan dan antarplanet. Aib! Aib besar! Tak hanya datang dari eksternal, kadang faktor internal juga terusik sih. Umumnya, ego suami pastilah terganggu—yang kalau dipikir-pikir, ego itu terbentuk ya karena stigma dari […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

7 Langkah Cara Mengatur Keuangan Paling Sederhana dan Fleksibel, Bisa Digunakan Semua Orang

Yuuuk … Belajar cara mengatur keuangan lagi! Yah, namanya belajar, nggak ada habisnya ya kan? Barangkali kamu juga sudah terbiasa dan sudah tahu cara mengatur keuangan, tapi enggak ada salahnya baca artikel ini lagi untuk sekadar mengingatkan. Siapa tahu bisa dapat insight atau ide lagi, supaya atur keuangannya lebih ciamik lagi. Yep, bisa menemukan cara […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Punya Rekening Bersama dengan Pasangan? Itu Pilihan, Nggak Harus!

Menjelang pernikahan, saya sudah ditanya oleh (calon) suami, “Mau bikin rekening bersama nggak?” Langsung saya jawab, “Enggak.” Saya sempat (pura-pura tak) melihat sedikit kekagetan di mata (mantan) pacar saya itu, dan terus lanjutkan, “Saya masih pengin kerja, dan pengin pakai duit saya buat apa pun yang saya mau. Saya minta jatah saja, sebagai bentuk tanggung […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

3 Nasihat Keuangan untuk Para Lajang dari Kami yang Sudah Menikah

Ada yang merencanakan mau menikah? Sudah bener-bener siap nih? Kalau memang sudah mantap, coba baca dulu beberapa nasihat keuangan berikut ini. Khusus dari kami yang sudah menikah, untuk kalian yang akan segera menikah dan membangun keluarga. Disclaimer dulu: Artikel ini tidak ditulis oleh Dani Rachmat [toc] Mengapa Mesti Ada Nasihat Keuangan Ini? Supaya kalian nggak […]

Kategori
Buku Perencanaan Keuangan Review

[Review] Make Your Own Plan!

Tebal halaman: i-xvii + 268 halaman Penulis: Pandji Harsanto, CFP dan Diana Sandjaja CFP Harga: Rp. 49.800 (listed price); Rp. 42.330 (online price) Huwehehehehe. Bukan kerajinan posting inih. Aji mumpung ajah. Mumpung ada janji sama temen buat bikin review bukunya. Ohiya disclaimer: Ini postingan tidak berbayar tapi memang mengiklankan buku yang lagi direview. Ceritanya, Januari […]

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version