Kategori
Financial Independence Retire Early

Mengembangkan Bisnis Ibu Rumah Tangga menuju Financial Independence

Ada banyak bisnis ibu rumah tangga yang bisa dikembangkan untuk mencapai FIRE (Financial Independence, Retry Early). Pada dasarnya, semua orang bisa mencapai kebebasan finansial terlepas dari apa pun status yang disandangnya. Hal ini juga berlaku bagi para ibu rumah tangga yang mungkin lebih banyak menghabiskan waktu dengan pekerjaan rumah. Disadari atau tidak, kebebasan finansial sangat […]

Kategori
Uncategorized

Contoh Rencana Keuangan untuk Freelancer dan Pekerja dengan Penghasilan Tidak Tetap

Sebagai seorang freelancer atau pekerja dengan penghasilan tidak tetap, merencanakan keuangan bisa jadi tantangan tersendiri. Sifat pekerjaan ini yang tidak pasti sering kali membuat kita harus siap dengan berbagai kemungkinan, baik itu surplus pendapatan di satu bulan atau justru kekurangan di bulan lainnya. Inilah sebabnya penting bagi kita untuk memiliki contoh rencana keuangan yang baik, […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Contoh Perencanaan Keuangan Pribadi untuk Freelancer

Halo, para #PemburuProyekan! Bagaimana nih, tahun baru kalian? Semoga di tahun ini, proyek moncer yak! Amin! Mari saling mengaminkan. Yang keduanya, semoga perencanaan keuangan pribadi kamu juga lebih baik. Gimana? Butuh contoh perencanaan keuangan pribadi supaya tahun ini keuanganmu lebih baik? Kasih dah! So, kalau memang di tahun 2022, keuangan kamu masih acak-acakan, nah, ini […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Resolusi Keuangan 2024 yang Paling Pas untuk Freelancer Alias Pengejar Proyek

Sudah bikin resolusi keuangan belum? Yah, klise amat, nanyain resolusi keuangan lagi. Well yeah, bagi sebagian orang, semacam buat apa sih bikin resolusi kalau nantinya bakal dilupain juga? Ya, kalau itu sih bukan salah resolusinya. Kita sendiri aja yang memang nggak bisa disiplin. Resolusi–termasuk di dalamnya resolusi keuangan–memang sounds so cliche, tetapi kalau kamu bisa […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Manajemen Risiko Keuangan Pribadi: Apa Saja dan Bagaimana Cara Mengelolanya?

When it comes to risks, saya itu cemen. Saya nggak suka menghadapi risiko. Jika memang yang saya lakukan itu akan berisiko, saya harus memastikan bahwa ada plan B, plan C, yang bisa meminimalkan efek dari risiko itu. Termasuk juga risiko keuangan pribadi. Tapi kan, pekerjaannya gitu-gitu aja? Freelancer, penulis, ibu rumah tangga, … Si suami […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Meraih 200 Juta Pertama sebagai Freelancer

Sebagai seorang freelancer, saya berjuang dengan penghasilan yang tidak tetap. Kadang ya capek, setiap bulan berharap-harap cemas klien saya tidak memutus kontrak dan tetap melanjutkan jobnya untuk saya. However, setelah sekian lama, akhirnya saya bisa juga mencapai target tabungan yang saya inginkan. Saya bisa meraih 200 juta pertama dengan penghasilan sebagai freelancer. Mungkin buat sebagian […]

Kategori
Emas Investasi Reksadana

3 Instrumen Investasi Pertama Si Pekerja Lepas Pemburu Proyekan

Saya tak pernah tertarik lagi untuk investasi setelah pengalaman pertama saya ternyata investasi bodong. Takut banget, rasanya nyesek aja gitu, tahu uang yang sudah saya kumpulkan susah payah dengan qerja qeras bagai quda dibawa kabur sama orang. Saya pun ketinggalan berbagai info instrumen investasi, dan dicukupkan kepuasannya untuk menabung saya di tabungan biasa. Memang, nyimpen […]

Kategori
Dana Darurat Perencanaan Keuangan

Perjalanan Mengumpulkan Dana Darurat Seorang Freelancer

Saya sebenarnya sudah memulai pekerjaan sebagai freelancer sejak tahun 2011, tapi baru benar-benar full time freelancer di tahun 2021 ini. Dan dana darurat merupakan hal yang bisa bawa saya survive sampai sekarang. Saya nggak ada rencana untuk menjadi seorang freelancer sebelumnya, tbh. Tapi akhirnya kondisi juga yang menuntun jalannya. Sebenarnya, menjadi seorang freelancer itu kurang […]

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version