Kategori
Perencanaan Keuangan

Mengelola Gaji Magang yang Tak Seberapa

Berstatus mahasiswa seharusnya tak menghalangimu untuk mencoba memiliki penghasilan. Salah satunya dengan cara magang. Seenggaknya, nanti kalau sudah benar-benar lulus, pengalaman saat magang bisa jadi modal. Lalu, kalau magang dapat gaji nggak? Berapa gaji magang yang biasanya diberikan oleh perusahaan? Nah. Ini yang akan kita bahas. Sesekali bikin tulisan buat yang masih uwuw kan oke […]

Kategori
Investasi Saham

Menjadi Investor Pasar Modal yang Cerdas, Ingat 3 Prinsip Ini!

Dari data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) terakhir, tercatat jumlag investor pasar modal telah mencapai kurang lebih 4 juta orang pada Juni 2022. Angka ini jauh melonjak dibandingkan tahun 2021 yang saat itu jumlahnya 3.4 juta. Sementara, 99.79% di antaranya merupakan investor ritel. Iya, seperti kita-kita ini. Dari data yang sama, ternyata juga diperoleh fakta […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Contoh Kegiatan Perencanaan Keuangan yang Semestinya Dikuasai oleh Siapa Saja

Sepertinya sekarang (seharusnya) setiap orang sudah sadar akan arti pentingnya perencanaan keuangan. Pasalnya kalau tidak, ya kita sendiri yang akan mengalami kesulitan di masa yang akan datang. Tapi, mungkin masih ada yang pengin tahu, contoh kegiatan perencanaan keuangan pribadi itu apa saja sih? Mungkin karena terlalu luas juga. Pasalnya, mikirin duit dan penggunaannya itu berarti […]

Kategori
Investasi

Kalau Kena Investasi Bodong, Apa yang Harus Dilakukan?

Arisan, robot trading ilegal, emas, masih banyak ternyata investasi bodong yang berhasil menelan korban di Indonesia. Siapa pun bisa terjerat, tanpa ampun. Meski kasus-kasus yang lampau ramai diberitakan, dipikir terus bisa membuat masyarakat waspada? Ternyata enggak juga tuh … Edukasi mengenai investasi bodong ini juga enggak kaleng-kaleng dilakukan oleh pemerintah. Bahkan tak hanya pemerintah, banyak […]

Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Ini Lo Cara Beli Starbucks Murah dan Hemat

Biarpun kondisi lagi sulit, beli Starbucks kudu jalan terus! Ya, karena Starbucks is lifestyle! Kurang gaya kalau ke kantor enggak sambil menenteng cup berlogo putri duyung ijo itu. Tapi kan tekor! Ya, itu kalau kamu enggak tahu cara beli Starbucks murah. Baiklah … Jadi memang ini menjadi “kebutuhan” orang kekinian ya. Meskipun selalu mengeluh misqueen […]

Kategori
Investasi Saham

Robot Trading, Bagaimana Membedakannya antara yang Asli dan Penipuan?

Kasus robot trading kembali marak. Setelah masalah DNA Pro sudah mulai bergulir ke meja hijau, sekarang ada Net89. Semoga kamu bukan salah satu korban yang rugi sampai jutaan di modus-modus penipuan ini ygy. Anyway, kamu tahu nggak sih, sebenarnya apa itu robot trading? Robot trading sekarang memang identik dengan scam, tetapi aslinya enggak begitu lo. […]

Kategori
Fintech

Contoh Fintech yang Sesuai dengan Kebutuhan Finansialmu

Financial technology, atau fintech, hadir untuk memberi kemudahan atas berbagai kebutuhan keuangan. Hingga April 2022, sudah ada 102 perusahaan fintech terdaftar di OJK, yang melayani masyarakat Indonesia. Kalau dipikir-pikir ya, sekarang setiap kebutuhan ada lo contoh fintech yang melayaninya secara khusus. Banyak banget dong ya! Ya memang. Beberapa fungsi fintech di Indonesia itu kan ada […]

Kategori
Kredit Kredit Online Kredit Umum

Suku Bunga BI Naik? Apa Saja ya Dampaknya, dan Harus Bagaimana?

Bank Indonesia akhirnya secara resmi menaikkan suku bunga acuannya menjadi 4.75% di pertengahan Oktober 2022 lalu. Angka ini naik 0.5% setelah sebelumnya suku bunga BI sudah naik duluan ke 4.25% setelah bertahun-tahun bertahan di angka 3.5%. Artinya, sejumlah dampak sudah mulai terasa. Pasalnya, suku bunga BI memang menjadi acuan dari berbagai aktivitas keuangan yang ada […]

Kategori
Dana Pensiun Perencanaan Keuangan

Kelebihan dan Kekurangan DPPK yang Perlu Kamu Tahu, dan Bagaimana Memulainya

Masih banyak orang yang mengira, bahwa program pensiun hanya bisa dimiliki oleh mereka yang bekerja di instansi pemerintah ataupun BUMN. Padahal ya enggak juga. Ada beberapa program pensiun yang bisa jadi pilihan lo, di antaranya DPPK dan DPLK. Yah, meskipun masing-masing kelebihan dan kekurangan DPPK dan DPLK ini harus diketahui, supaya kamu bisa memilih yang […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Saat Suami Tidak Bekerja Lagi, Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga?

Suami tidak bekerja itu semacam aib kalau di Indonesia. Pokoknya, jadi masalah yang serius banget sampai-sampai harus dibahas sampai tingkat arisan RT, RW, sampai kelurahan dan antarplanet. Aib! Aib besar! Tak hanya datang dari eksternal, kadang faktor internal juga terusik sih. Umumnya, ego suami pastilah terganggu—yang kalau dipikir-pikir, ego itu terbentuk ya karena stigma dari […]

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version